10 Perusahaan dan Pembuat Permen Terbaik di Dunia

Posted on

10 Pembuat dan Perusahaan Permen Paling Kaya, Sukses serta Terkenal

Adakah yang tidak suka dengan permen? Atau mungkin, anti dengan yang manis-manis?

Kita tak bisa menampik, memang ada sensasi tersendiri ketika permen masuk ke mulut. Rasanya begitu manis, creamy dan membuat kita rileks atau bahkan bahagia. Faktanya, langit-langit mulut kita memang menyambut baik rasa manis yang dihasilkannya. Meski suka rasa lain seperti gurih, namun sesuatu yang berasal dari gula terkadang selalu berhasil membuat kita jatuh cinta. Entah pada cokelat, kue, termasuk juga permen. Semua itu terkadang bisa menjadi penghibur atau pelepas rasa stress. Tak ayal kalau ada yang sampai ‘kecanduan’.

Lain halnya jika seseorang tersebut memang suka manis. Jangan ditanya lagi. Rasa cinta membuatnya tak akan bisa kehilangan waktu tanpa mencicipi sensasi itu. Bagi sebagian orang, hal tersebut menjadi ide bisnis tersendiri. Usaha yang menggiurkan. Betapa tidak, konsumen nampaknya tak pernah pernah mencapai titik cukup. Jika sudah ketagihan, mereka akan terus menjadi pelanggan. Tak heran kalau sebagian ‘raksasa’ perusahaan makanan memang datang dari pembuat permen, atau sesuatu yang manis-manis. Nah siapa saja yang masuk top 10 pengusaha permen paling kaya, sukses dan popular? Jom!

10. Lindt (Swiss)

merk permen terkenal, 7 permen terkenak di dunia, toko permen terkenal di jakarta, permen terkenal di indonesia, merk permen terkenal di indonesia

Kecelakaan bisa berbuah hikmah. Begitulah yang terjadi pada legenda cokelat Swiss ini di tahun 1879. Pabrik manisan Rodolphe Lindt di Swiss itu tak sengaja meninggalkan mesin pencampuran terus beroperasi selama seminggu. Namun ternyata kejadian itulah yang menghantarkan produk andalan mereka, yakni berupa cokelat yang creamy dan bisa melelehkan hati ketika kita mengunyahnya.

Di tahun 1898, Rudolph Sprungli membeli sebagian bunga perusahaan Lindt. Termasuk juga pabriknya, resepnya, produknya bahkan trademark-nya. Investasi mereka rupanya membuahkan laba yang lebih besar. Perusahaan semakin berkembang, namanya semakin menanjak dan keuntungannya di tahun 2014 kemarin malah mencapai $3,15 milyar.

9. Haribo (Jerman)

pabrik permen terbesar di dunia, pembuat permen lolipop, pembuat permen yupi, permen pembuat gairah, permen pembuat nafsu, mesin pembuat permen

Pada tahun 1920, Hans Riegel mendirikan perusahaan yang ia namakan Haribo. Rupanya nama tersebut diambil dari akronim namanya sendiri, “Hans & RIegel”. Lalu, “BO”-nya diambil dari tempat ia lahir, “Bonn”. Dua tahun pasca pendirian perusahaan, dia begitu terinspirasi oleh beruang-beruang yang terlatih di arena sirkus atau festival yang ada di Jerman. Ia pun mencoba memadukan inspirasinya dalam usaha pembuatan permen buahnya. Jadinya “The Dancing Bear” atau permen buah berbentuk beruaang. Kalau sekarang lebih popular disebut sebagai “Gummy Bears”. Produk tersebut langsung popular dan menjadi best seller.

BACA JUGA:  Jenis Cacing-Cacing Cantik Dalam Tabung Akuarium

Di tahun 1925, perusahaan membuat inovasi lain dengan memperkenalkan Licorice Stick. Bentuknya spiral dan sangat mengundang perhatian orang. Produk mereka semakin dikerubungi saja. Pada tahun 1945, Riegel meninggal. Ia meninggalkan isterinya yang bernama Gertrud serta dua puteranya, Hans Jr. dan Paul. Lima belas tahun kemudian, perusahaan kembali memperkenalkan produk baru yang diberi nama “The Golden Bear”. Produk baru tersebut sekaligus menjadi pengganti ciptaan lama, “Dancing Bear”. Di tahun 2014 kemarin saja, mereka mampu meraup sekitar $3,2 milyar.

8. Perfetti van Melle (Italia)

merk permen terkenal, permen terkenal dunia, 7 permen terkenak di dunia, toko permen terkenal di jakarta, permen terkenal di indonesia, merk permen terkenal di indonesia
via : pinterest.com

Pada tahun 1841, Izaak Van Melle mendirikan pabrik roti yang masih berkelas local. Sampai kemudian di tahun 1882, anaknya yang bernama Abraham mengubah pabrik tersebut menjadi tempat pembuatan manisan. Di tahun 1900, ia mulai mengembangkan dan memodernisasi perusahaannya itu. Bahkan ia sampai melakukan travelling demi mendapatkan pengalaman mencicipi berbagai produk manis, serta tentu saja mencubit ilmunya.

Di tahun 1932, ia memperkenalkan produk temuannya. Sekarang kita mengenalnya sebagai Fruitella dan Mentos, yang kemudian menjelma menjadi jagoannya perusahaan. Di tahun yang sama, pengusaha manisan asal Spanyol yang bernama Enric Bernat (Perfetti), meluncurkan produk lollipop perdana. Lollipop itu sudah biasa kita sebut sebagai Chupa Chups.

Dua perusahaan besar ini kemudian melakukan merger. Dua kekuatan yang bersatu itu membuat mereka menjelma jadi perusahaan raksasa yang mendunia. Di tahun 2014 saja penghasilannya sudah $3,3 milyar.

7. Arcor (Argentina)

permen terkenal di dunia, 7 permen terenak di dunia, permen karet terkenal di dunia

Persahabatan tidak hanya menggiring seseorang pada kenakalan masa muda belaka, melainkan pada bisnis yang menjadi penjamin hidup juga. Itulah yang terjadi pada Enrique Brizio, Mario Serveso, Fulvio – Renzo – Elio Pagani bersaudara dan Modesto- Pablo dan Vincente Maranzana bersaudara. Di tahun 1951, mereka mendirikan Arcor.

Namanya diambil dari Argentina dan CORdoba, yang menjadi tempat pendirian perusahaannya. Di akhir tahun 1960-an, pabrik yang berbasis di Amerika Selatan itu melebarkan sayap ke pasar Meksiko, Eropa dan juga Amerika. Karena itu popularitas mereka sudah menjangkau luar negeri.

Produknya banyak. Ada cokelat, permen, minuman, dsb. Penjualannya menjangkau sekitar 60 negara. Di tahun 2014 kemarin, industri besar ini pun mampu menyedot pendapatan sebesar $3,7 milyar.

BACA JUGA:  Cara Merawat Hamster si Lucu nan Imut

6. Hershey’s (Amerika Serikat) 

pabrik permen terbesar di dunia, pembuat permen lolipop, pembuat permen yupi, permen pembuat gairah, permen pembuat nafsu, mesin pembuat permen

Pada tahun 1886, Milton Hershey mendirikan Lancaster Caramel Company di Lancaster, Pennsylvania. Ia tak langsung mendapat produk yang kini menjadi ikon cokelatnya Amerika. Terlebih dahulu ia berjuang dengan berbagai percobaan. Barulah di tahun 1894, dia sukses dan berdirilah perusahaan yang diberi nama The Hershey Chocolate.

Perusahaan karamelnya berubah haluan, sebab produk yang diminati pelanggannya memang lebih ke arah cocoa. Dia juga membuat produknya lebih padat, berkualitas dan sangat menyedot keyakinan konsumen. Di tahun 1907, Hershey kemudian merilis produk bernama Kiss. Bahkan dia sendiri yang mendesain bentuk dan kemasannya.

Pendiri perusahaan meninggal di tahun 1945. Namun eksistensi perusahaan tak terhenti begitu saja. Di tahun 1963, mereka mengakuisisi perusahaan H.B. Reese Candy. Keputusan bersatu ini menghasilkan produk yang lebih banyak dan juga popular. Mereka meluncurkan Malted Balls, Reese’s Pieces, Twizzlers dsb. Pundi-pundi perusahaan di tahun 2014 menjangkau angka $7,04 milyar.

3 thoughts on “10 Perusahaan dan Pembuat Permen Terbaik di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *