10 Perusahaan Cokelat Terbaik dan Tersukses di Dunia

Posted on

10 Perusahaan Cokelat Terbesar Terlezat dan Tersukses di Dunia Tahun 2015

Siapa orangnya yang tidak suka cokelat?

Kalau pun ada, pasti orang tersebut akan dianggap aneh atau unik. Bagaimanapun, cokelat merupakan salah satu makanan yang paling banyak difavoritkan orang. Selain manis dan lezat, orang juga jatuh hati pada sensasi relaks yang dirasakan. Tak ayal, cokelat sering disebut sebagai bahan makanan yang bisa mengurangi stress atau bad mood. Kenyataan tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Banyak sekali orang yang tertarik untuk memproduksi cokelat. Mulai dari yang abal-abal, sampai yang berkualitas sekalipun. Atau mulai dari cokelat orisinal, sampai yang berbentuk olahan. Namun tetap saja, perusahaan raksasa memegang kendali yang kuat di industri cokelat. Mayoritas dari konsumen, anak-anak maupun dewasa, memang sangat membertimbangkan unsur kualitas dan cita-rasa. Selain itu, faktor kemasan dan distribusi pun memiliki pengaruh kuat juga.

Nah, dari sekian banyak produsen, ada top 10 pabrik atau perusahaan penghasil cokelat terbesar di dunia. List ini dilihat berdasarkan tingkat penjualannya. Semakin tinggi, tentu menjadi indikasi kalau produknya memang memiliki banyak pelanggan.

Perusahaan dan merek apa saja? Jom!

10. Ezaki Glico Co Ltd

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbik di dunia

Pada tahun 1922, perusahaan asal Jepang ini berdiri. Mereka berpusat di Nishiyodogawa-ku, Osaka, Jepang. Produk perusahaan memiliki beberapa divisi. Ada produk manisan atau permen seperti Pretz, Caplico, cokelat almond, dll. Produk makanan olahan Ni-dan Juku Curr atau Curry Zeppin. Es krim atau produk dari es seperti Giant Cone, Panapp dan seri es pengontrol kalori. Yang lain-lainnya seperti produk dari daging, makanan sehat atau bergizi, bahan makanan, kue, susu atau olahannya, dsb. Salah-satu snack yang popular dari Glico ini yaitu Pretz. Sementara Pocky merupakan pretz yang dilumuri dengan cokelat. Kalau Cheeza merupakan snack yang diperuntukkan khusus orang dewasa, sebab di dalamnya terdapat kandungan wine. Sementara produk Pos-Ca merupakan permen karet yang bisa menyehatkan gigi, sebab mengandung kalsium. Gaya promosi, distribusi atau penjualan produk-produk Glico ini terbilang unik dan menarik. Mereka mendiami tempat-tempat khusus di bandara, objek wisata atau spot lainnya. Selain itu, perusahaan pun tak segan-segan membiarkan pelanggan melihat bagaimana proses pembuatan produk mereka.

Glico juga menerima layanan pembelian online lewat website-nya. Penyebarannya sudah cukup luas. Negara-negara yang sudah dijangkau meliputi Indonesia, Jepang, Vietnam, Thailand, Eropa, Korea, Tiongkok dan Kanada. Mereka sangat concern terhadap kualitas produk, sehingga tak tanggung-tanggung apabila hendak melakukan penelitian atau perkembangan berkelanjutan. Selain itu, Glico juga termasuk perusahaan yang sangat mempertimbangkan kelestarian alam. Penjualan khususnya di sector cokelat mencapai $0,9 milyar.

9. Arcor

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbaik di dunia

Pada tahun 1951, perusahaan asal Argentina ini mulai berdiri dan beroperasi. Amos Pagani dan Fulvio Pagani tampil sebagai pendirinya. Sementara Luis Pagani sendiri duduk di posisi pimpinan sekaligus CEO perusahaan. Arcor  ini masuk dalam top 100 perusahaan paling menjual di Argentina. Bisa dikatakan, mereka memang merajai pasar cokelat, manisan atau permen serta makanan yang lain.

Penyebaran produknya saja sudah menjangkan sekitar 120 negara. Mereka menjadi ‘raksasa’ di daratan Amerika Selatan. Mereka juga melebarkan sayap ke area Barcelon, Kolombia, Meksiko, Brazil, dsb. Kesuksesan mereka disusul oleh perluasan produksi. Kini Arcor pun bisa menembus pasar Afrika Selatan, Tiongkok serta Venezuela. Beberapa brand mereka yang ternama yaitu Bon o Bon, Tofi, Cofler, dsb. Khusus untuk penjualan cokelat saja, perusahaan bisa meraup $ 1,23 milyar.

8. Meiji Holdings

10 coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, pabrik coklat terbaik di dunia

Di tahun 1917, Meiji Holdings berdiri dan berpusat di Tokyo, Jepang. Secara general, perusahaan memiliki 2 segmen; ada Meiji Seika Pharma Co. Ltd. yang khusus menangani segmen paramedic atau obat-obatan, serta Meiji Co Ltd yang menangani segmen makanan. Segmen kedua ini beroperasi di beberapa sector seperti manisan atau permen, produk olahan susu serta makanan bernutrisi. Meiji sudah memiliki tempat khusus di bidang cokelat, yogurt, susu dan es krim cup. Tak heran kalau Meiji menduduki posisi nomor 1 di Jepang. Dari dulu, tepatnya di tahun 1971, mereka sudah membuat inovasi dengan yogurt polos, bahkan menjadi pelopornya. Mereka juga yang memperkenalkan aneka rasa yogurt serta kandungan yang bisa menambah nilai gizinya.

Banyak rahasia umum yang menjadikan Meiji ini sebagai salah-satu produsen yang paling disegani. Beberapa diantaranya yaitu kekuatan marketing atau penjualannya, penelitian atau inovasi terus-menerus serta konsistensi untuk menjaga kualitas. Salah-satu produknya yang cukup popular yaitu “Meiji Almond Chocolate”, di mana kacang almond diselimuti dengan cokelat yang lezat. Produk ini pun langsung memiliki banyak penggemar. Selain memberi sensasi enak, produk ini pun dinilai begitu sehat. Melihat respons pasar begitu baik, mereka juga melakukan penyebaran produk susu dan yogurt ke area Thailand dan Tiongkok. Perusahaan sangat menjunjung isu lingkungan, kualitas produk, sosial serta organisasinya. Hasil baik yang berkelanjutan juga tak lepas dari audit, sistem kendali di internal perusahaan, penerapan kedisiplinan, dll. Beberapa merek mereka yang terkenal yaitu Hello Panda, Chocorooms, Yan Yan, dsb. Adapun hasil pendapatannya mencapai $1,5 milyar.

7. August Storck KG

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

Tepat di tahun 1903, perusahaan permen asal Jerman ini terbentuk. Namanya sendiri diambil dari sang pendiri, August Storck. Di tahun 1964, perusahaan merilis produk cokelat yang diberi nama brand “Merci”.  Produk ini begitu dicintai oleh konsumen, sehingga hasil penjualannya meroket. Jika perusahaan menelurkan produk permen atau manisan, maka cokelat kerap hadir sebagai unsur penting di dalamnya. Apa yang dihasilkan sangat popular di Jerman, sehingga sudah dianggap sebagai bagian dari kebudayaan. Dari tahun 1989 sampai sekarang, pusat perusahaan sudah berada di Berlin dan sangat fokus pada cokelat. Penghasilan yang bisa diraup perusahaan yakni sebesar $2,2 milyar.

6. Lindt & Sprungli

coklat terbaik di dunia, negara penghasil coklat terbaik di dunia, merk coklat terbaik di dunia, penghasil coklat terbaik di dunia, 10 perusahaan coklat terbaik di dunia

David Spruengli-Schwarz bersama Rudolf Spruengli-Ammann mendirikan perusahaan gula-gula dan cokelat ini di tahun 1845. Mereka memiliki kantor pusat di kawasan Kilchberg, Swiss. Duet Lindt – Sprungli memang tak tanggung-tanggung dalam membangun imej perusahaan. Keduanya juga mendirikan outlet, butik, kafe cokelat dsb. Kafe cokelatnya berlokasi di area perkotaan, butik cokelatnya di area prestisius seperti bandara dan outletnya juga berada di wilayah-wilayah strategis. Salah-satu trik yang diterapkan perusahaan yaitu dengan mendapatkan Russell Stover Candies di Amerika Serikat. Beberapa brand perusahaan, seperti Russell Stover dan Whitman, otomatis menjadi milik Lindt & Sprungli dan membuat mereka semakin popular saja. Langkah akuisisi ini mengokohkan posisi perusahaan di puncak pasar cokelat.

Ada 12 lokasi di Eropa dan Amerika Serikat yang menjadi pusat produksi cokelat. Sekitar 139 toko dari grup Lindt & Sprungli berada di area Amerika Utara. Sekitar 108 toko lain ada di kawasan Eropa. Sementara beberapa took juga tersebar di wilayah Asia, Australia, Afrika dan Amerika Selatan. Tak tanggung-tanggung, perusahaan memegang kendali dari tiap proses produksi. Mulai dari penyediaan bahan seperti biji cokelat sampai produk yang sudah jadi. Semua itu demi meyakinkan kelancaran proses pengadaan, produksi dan konsumsi. Beberapa brand yang ada di bawah naungan perusahaan yaitu Lindt, Caffarel, Hofbauer, Russell Stover, dsb. Dari sector saja, mereka sudah bisa mendapatkan $3,66 milyar.


2 thoughts on “10 Perusahaan Cokelat Terbaik dan Tersukses di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *