7 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat madu – Pastilah semua orang sudah mengetahui yang satu ini. Ya, madu memang dikenal sebagai cairan manis yang mempunyai banyak khasiat. Madu sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu dalam bidang kesehatan, maka tak heran mengapa banyak obat-obat yang mengandung madu.

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan madu? Yuk simak di bawah ini!

Manfaat madu bagi kesehatan tubuh

 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Madu berkhasiat untuk membunuh bakteri sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Membuat tubuh segar bugar

Dalam madu terkandung zat yang paling dibutuhkan tubuh, yaitu neuron kortikal. Selain itu, fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang ada di dalam madu juga mudah diserap tubuh sehingga membuat badan terasa bugar dan rasa letih menjadi cepat hilang.

3. Obat luka

Nenurut Dr. Andrew Jull dari Klinik Universitas Auckland, New Zealand mengatakan bahwa madu merupakan obat yang sangat baik untuk luka, terutama luka bakar. Hal ini dikarenakan madu mengandung zat antibiotik alami yang membantu melawan serangan bakteri.

Jenis madu yang sangat disarankan sebagai obat luka adalah HDI Clover Honey. Madu dalam HDI Clover Honey memiliki sifat higroskopis yang tinggi, selain itu madu jenis ini juga mempunyai sifat antibakteri dan antimikroba yang kuat.

4. Mengatasi batuk dan tenggorakan gatal

Madu dapat secara efektif mengobati batuk dan meredakan tenggorokan yang gatal. Sebuah penelitian dari Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine mengatakan bahwa satu sendok madu lebih bagus khasiatnya ketimbang dextromethorphan yang sangat berguna untuk pereda batuk, terutama bagi anak-anak. Gunakan madu yang dilarutkan dengan air hangat untuk membantu mengeluarkan dahak dari tubuh.

5. Membersihkan kulit dari kotoran

Madu mengandung zat-zat yang dapat membersihkan kulit seperti asam nukleat, Ribonucleic acid (RNA), dan juga Deoxyribonucleic Acid (DNA). Mengonsumsi madu yang sering dalam jangka waktu panjang dapat menjaga kulit tetap halus, bersih terhindari dari kotoran, dan membuat kenyal. Bagi Anda yang mengalami penyakit kulit seperti jerawat atau panu, bisa menggunakan madu sebagai alternatif pengobatan.

BACA JUGA:  Kenapa Kita Harus Menghiasi Rumah Dengan Tanaman

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Efektif.

6. Membantu menurunkan kolestrol

Penyakit kolestrol semakin banyak diderita oleh banyak orang di dunia, bahkan tidak sedikit penderitanya adalah remaja, padahal penyakit ini dahulunya hanya menjangkit orang yang sudah lansia.

Jenis madu pahit merupakan salah satu jenis madu yang membantu menurunkan kolestrol secara efektif karena madu ini terdapat kandungan alkaloid yang menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya kolestrol. Hebatnya lagi, tidak ada efek samping saat mengonsumsinya.

7. Madu mengatasi penuaan dini

Menjadi tua adalah kondisi yang akan dialami setiap makhluk hidup, namun menjadi tua pada usia yang tidak seharusnya tidak bisa dibiarkan dan harus dicegah. Salah satu caranya menggunakan madu.

Kandungan madu dapat melembabkan dan menutrisi kulit sehingga bisa mencegah penuaan dini.
Itulah artikel mengenai manfaat madu bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *