Sejarah Desa Rajadanu

Posted on

DESA RAJADANU

Terdorong oleh rasa cemas dan rasa ingin tahu tenang Sejarah riwayat desa pribadi, penulis bertanya tanya untuk mengumpulkan data riwayat desa tersebut,Alhasil bertanya kepada orang awam dan kepada orang terpandang pun mendapat jalan buntu,karena cerita dari mulut kemulut pun tertutup bisu maka untuk mengatasi hal itu, saya perpegang kepada pribahasa

“Bila tidak ada rotan maka akarpun berguna”

dari situ saya menghubungi orang tua jaman dulu yang masih ada , yang dipandang ada pengalaman dan ada kepedulian terhadap cerita kuno, selain dari pada itu saya mengumpulkan data dengan cara membaca sejarah cirebon, sejarah kuningan, di tambah cari catatan memori penulis, serta pengenalan langsung terhadap peninggalan – peninggalan yang ada di desa berupa kuburan maupun benda benda aheng yang kedapatan.

Meski jauh dari harapan dan kebenaran, saya susun hasil dialog dan penemuan itu dlam bentuk Naska Riwayat… Mudah mudahan dengan jalan ini sedikit membantu bagi mereka yang ingin mengetahui ceritra desa, sangat menguntungkan bagi pelajar yang memerlukan halini. Karena tulisan ini masi dalam bentuk naskah, saya harapkan dari sodara yag mengetahui untuk sumbangan pikiran guna menambah kelengkapan dan kejelasan ceritra desa agar lebih jelas dan otentik , untuk itu kirimkanlah ceritra, atau legenda, adat atau juga tabu yang berkenaan dengan ceritra desa kepada penulis.. atas sumbangan pikiran, bantuan dan petunjuk yang telah atau pun belum, saya ucapkan terimakasih …

  • SEJARAH DESA RAJADANU
  1. Asal Nama Desa RAJADANU

Sudah menjadi tradisi sejak jaman dulu, memberi nama pada suatu tempat bisa di ambil dari tiga 3 kejadian khusus iyalah :

  1. Dari asal – usul kejadian sesuatu atau melestarikan sebagian dari nama tokoh saat itu.
  2. Terjadi kejadian yang sangant langka atau urgen(mendesak sekali pelaksanaannya; sangat penting)saat itu.
  3. Penghargaan kepada keadaan alam Sekitar yang populer

Sebagai Contoh :

  1. Tangkuban Perahu : Asal – usul dari perahu yang nangkub
  2. Karangmangu    : Dari sebagian nama tokoh Sang Mangukuhan
  3. Tenjo Layar    : Dari tempat itu laut nampak jelas

Maka untuk nama desa rajadanu pun tidak terlepas dari ketiga hal tersebut di atas, untuk asal usul desa rajadanu bisa jadi menganut dasar nomor 1 dan 3 tinggal mana yang lebih dominan dari keterangan di bawah ini, menghargai sodara atau pembaca menelaah untuk menilainya.

  1. RAJA RESI WANAYASA
    • Raja Resi Wanayasa = Nama Tokoh yang utama bertempat tinggal di desa RAJADANU
    • Sumur Tutupan = Nama Kuburan (Makom)berbentuk bundar di alun – alun desa RAJADANU

Berdasarkan data dari kedua ini, jika di kaitkan kepada kriteria pemberian nama di atas bisa di simpulkan sebagai berikut :

  • Dari Kriteria Satu 1. Melestarikan sebagai nama tokoh, maka di dapat ” RAJA “
  • Dari Kriteria tiga 3. Penghargaan kepada alam sekitar yang populer :

Yaitu SUMUR yang berarti DANO Maka terjadilah sebutan populer yaitu RAJA DANO  Lama kelamaan terjadi asimilasi swara dari O jadi U maka kelangsungan ucapan yang mapan di kalangan masyarakat adalah :

BACA JUGA:  Sejarah Desa Kancana

RAJADANU

 

  1. SUMUR AWISAN

Di alun alun desa bagian utara ada sebuah kuburan yang bentuknya bundar, konon kuburan itu disebut sumur tutupan atau sumur Awisan

Mengapa di sebut sumur Tutupan ???

Menurut cerita orang orang bahwa sumur itu adalah sumur dingin. sebab keluarnya air dari sana nanti di kemudian hari mana kala dunia sudah kekurang air atau sulit di temui air, baru akan terbuka atau mengaluarkan air, timbulnya air ini Di SUMUR AWISAN yang sudah di ceritakan, timbulnya mata air di cihirup dan timbulnya mata air di TALAGA ( MAJALENGKA ) . bahkan menurut cerita seseorang yag bernama Nenek Soyang Sumur itu dijaga oleh PANGERAN CEMPA.

Didalam Perjalanan Ungkit Sejarah Desa yang saya catat :

Menurut warga setempat Bahwa di daerah talaga Sudah timbul mata air yang keluar dari batu informasi ini juga telah tersebar ke desa desa , dan kemungkinan akan menjadi sebuah catatan ikatan dengan Sejarah desa rajadanu yaitu sumur awisan *

Mengapa dari Sumur awisan ini dijadikan Fakta untuk menamakan desa ???

MARI KITA TELUSURI :

  • SUMUR : Ialah tempat yang mengeluarkan air atau menampung air yang keluar dari dalamnya sama dengan telaga atau DANO
  • Awis   : Awis sama artinya dengan mahal atau besar atau Raya ( dalam kedudukan )
  • Dari sebutan sumur awisan bisa disebut juga Dano Raya.

                Apa sebabnya bisa disebut Raya ??

Hal ini sebagai penghargaan dari saking besarnya mangfaat sumur itu pada masa yang akan datang.

  • Lama kelamaan pada sebutan Raya terjadi perubahan asimilasi sastra pada hurup Y dan J yang akhirnya berubah menjadi Raja.
  • Secara keseluruhan semuanya di sebut DANO RAYA menjadi DANO RAJA.
  • Karena sudah diramalkan demikian Maka di beri gelar DANO RAYA

Apakah relevan sebutan raja pada komposisi ucapan ? benar, bahkan tempat sebab sumur itu tidak ada yang menandinginya dari sifat keunggulan, sehingga di sebut rajanya dari semua sumur pada masa itu Menurut kaidah bahasa sebutan DANO RAJA, SALAH, sebab gelar itu kepangkatan biasanya di letakan di depan, Contohnya dengan sebutan, Bukan Harimau RAJA Tetapi yang umum di sebut RAJA HARIMAU, Kata DANO RAJA pun salah yang benar adalah RAJA DANO (RAJA SUMUR).

  • Lama kelamaan terjadilah asimilasi swara pada bunyi O menjadi U pada kata Dano Menjadi DANU. sehingga lengkapnya berbunyi RAJA-DANU
  • Jadi yang populer sampai sekarang RAJADANU.
  1. SUMUR RANJENG

Sumur ini letaknya sebelah barat daya alun – alun kira – kira 150 Meter, sumur ini ada dua macam :

  • Berupa kolam kecil seluas kurang lebih 6 X 3 Meter, berlumut dan timbul rembasan air dari sekelilingnya kalau dalam bahasa sunda di sebut RANCA (Lokasi yang selalu merembas air)
  • Berupa telaga yang keluar dari batu cadas, yang meskipun kemarau panjang tidak pernah kering.

MENGAPA Sumur RANJENG bisa di pergunakan data untuk asal – usul nama desa ??

     MARI KITA TELUSURI :

  • Kata RANJENG berasal dari kata RANCA AHENG
  • RANCA = Artinya tempat yang selalu mengandung air
  • AHENG = Artinya Menakjubkan ( Matak aneh ceuk bahasa sunda )

Apa yang menjadi aneh atau takjub ? jawabanya, yaitu :

  • RANCA Kolam kecil yang sekitarnya mengluarkan air (ceuk bahasa sundanamah Nyumur)
  • TELAGA yang keluar dari batu cadas yang tidak akan pernah kering meskipun kemarau panajang.
  • RANJENG mewakili dua nama yang menjadi satu sumur, yaitu : RANCA dan TELAGA, TELAGA Adalah bahasa sangsakerta dalam bahasa sunda artinya DANO, DANO Sumur nujadi Hiji.
  • Jadi sebutan RANCA – TELAGA Sama dengan RANCA dan Dano
  • Lama kelamaan Sebutan RANCA – DANO terjadilah perubahan asimilasi sastra Pada hurup O berubah bunyi menjadi U sehingga dari ucapan DANO menjadi DANU
  • Secara keseluruhan dari RANCA – DANO berubah menjadi RAJA-DANU.
  • Maka tersebut lah menjadi RAJADANU.
  1. BUYUT MUNDING

Disuatu tempat di sebelah timur alun – alun, kira kira 100 Meter, ada sebuah kuburan yang konon kabarnya kuburan BUYUT MUNDING, Nama Tempat itu HURUNG DAPUNG Menurut cerita identitas Buyut Munding itu :

  • Berbadan putih yang bisa di sebut munding bule.
  • Tanduknya bersarungkan selaka yang gemerlapan, barangkali nama hurung dapung tersebut di lihat dari sorotan tanduk ketika duduk
  • HURUNG DAPUNG = HURUNG DEPA (duduk)
  • Menurut Cerita setiap malam jumat kliwon suka berkeliling melewati kandang kandang kerbau yang menghuni seluruh desa RAJADANU
  • Ciri ketika Buyut kerbau melintas ke kandang kerbau, kerbau yang ada di dalam mengaug-mengaung “TANDA MENGHORMAT”
  • Pada musim tilawatan, masyarakat yang memiliki kerbau, pada jaman itu bisa selamatan dengan membawa congcot, seusai membersihkan lokasi, dengan bertahlil, Kemudian Hajatan (sedekah sunda).

Adapun masuk atau tidak pada data yang menjadikan nama asal RAJADANU, Silahkan cari, sebab penulis sendiri tidak bisa menentukan karena tidak tersebut nama DANU atau identitas lain yang berkaitan dengan nama desa, Karena data OTENTIK untuk SEJARAH DESA RAJADANU belum di temukan sumber yang pasti, maka sekedar untuk memenuhi kebutuhan administrasi.

“dari pada tidak ada rotan, barang kali akarpun berguna”

berdasarkan tutur kata orang tua pada pada masa itu, nama tersebut juga ada arti tertentu dari para buyut – buyut atau PEMANDU DESA DI JAMAN PEMBABAKAN (NENEK MOYANG).

2 thoughts on “Sejarah Desa Rajadanu

  1. Sugan enya eta makam bunder etateh sumur tutupan aku bakal jadi danau raya? Alun2 Ranaadanu pan di tatanjakan. Turun ka kidul aya walungan cimandala. Turun ka wetan aya walungsn Beber. Kakaler oge aya walungan Cimoyan. Ngulon kakara nankak ka Dukuh Dalem.Kimahanya lamun di alun2 Rajadanu aya danau raya……?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *