10 Sutradara Film Terbaik dan Paling Berpengaruh di Dunia

Posted on

Sutradara film terbaik?

Rasanya list seperti ini cukup jarang dibahas orang. Kita lebih tertarik untuk mengupas tuntas aktor terbaik, aktris tercantik, film terlaris, dsb. Padahal dibalik semua itu, ada sosok yang tak kalah vital. Dialah seorang Sutradara atau pengarah pembuatan sebuah film.

Tugas seorang sutradara pada umumnya meliputi visualisasi sebuah script, pengendalian aspek artistik dan dramatis film, mengatur semua kru serta para pemain agar visinya sesuai dengan kehendak. Dengan demikian, seorang sutradara memiliki peranan kunci dalam memilih atau menentukan siapa para pemeran filmnya, bagaimana desain produksinya atau aspek kreatif lain yang berkaitan dengan proses pembuatan film.

Tugasnya yang cukup kompleks menjadikan posisi sutradara begitu disegani. Tak sembarang orang bisa mendudukinya. Sebelum menjadi pengarah film, mereka biasanya memulai karier sebagai aktor, sinematografer, editor film, dsb. Sebagian lagi ada yang serius menggali ilmunya di bangku pendidikan. Mereka juga memiliki gaya atau pendekatan tersendiri, yang membuat sentuhannya jadi memiliki kekhasan.

Jika dibuatkan daftarnya, tentu banyak sekali nama sutradara yang begitu berkualitas dan berpengaruh. Namun sekarang kami membuatnya resumenya menjadi Top 10 saja. Siapa saja mereka? Jom!

1. Alfred Hitchcock

10 Sutradara Film Terbaik Dunia, Foto Gambar Alfred Hitchcock, pengertian sutradara, sutradara drama cinta, sutradara berpengaruh, film indonesia, penghargaan, grammy awards, aktor, produser, terlaris, hollywood box-office
Alfred ‘Joseph’ Hitchcock lahir pada 13 Agustus 1899. Dia merupakan sutradara sekaligus produser asal Inggris yang memiliki andil besar dalam industri film. Beberapa kali dia menjadi pionir berbagai teknik, baik itu dalam suspense atau genre thriller psikologis pada umumnya. Awalnya dia berkarier di bioskop Inggris, sampai kemudian melebarkan sayap ke ranah Hollywood. Pada 19 April 1955, dia resmi menjadi warga Amerika. Dia menjalani karier selama lebih dari setengah abad.

Gayanya begitu lain dan berkarakter. Dialah yang berinisiatif untuk membuat kamera bergerak seolah-olah pemain sedang menatap, sehingga penonton seperti terlibat di dalamnya. Alfred Hitchcock juga membingkai ekspresi takut, empati atau gelisah dengan maksimal, apalagi dia memang menggunakan editing film yang cukup inovatif di eranya. Genre film yang sering diarahkan bertema criminal, kekerasan atau pembunuhan. Mayoritas dari filmnya memiliki cerita yang kompleks, twist ending serta sangat menguji sisi psikologis para karakter di dalamnya. Sang sutradara kemudian meninggal 29 April 1980.

2. Stanley Kubrick

10 Sutradara Film Terbaik Dunia, Foto Gambar Stanley Kubrick, pengertian sutradara, sutradara drama cinta, sutradara berpengaruh, film indonesia, penghargaan, grammy awards, aktor, produser, terlaris, hollywood box-office
Stanley Kubrick adalah sutradara asal Amerika yang lahir pada 26 Juli 1928. Dia tak hanya dikenal sebagai pengarah film, melainkan juga produser, editor, screenwriter dan cinematographer. Awalnya dia berkarier sebagai potografer di New York. Pasca lulus sekolah, dia mulai belajar berbagai aspek seputar produksi dan pengarahan film secara otodidak. Film yang menjadi karyanya mulai budget rendah sampai kelas blockbuster di Hollywood.

Biasanya film yang ia arahkan merupakan adaptasi dari novel atau cerita pendek. Temanya beraneka. Ada yang tentang peperangan, science fiction, horror, dsb. Setiap hasil karyanya dipandang tidak biasa dan terlihat begitu real. Dia memang terkenal sebagai sosok yang perfeksionis, telaten dan selalu menjalin hubungan baik dengan para pemain filmnya. Adalah rumahnya, yang sekaligus menjadi tempat kerjanya. Di rumahnya dia menulis, mengedit, melakukan research atau melakukan manajemen produksi secara detail. Namun sutradara multitalenta ini sudah meninggal pada 7 Maret 1999.

3. Martin Scorsese

10 Sutradara Film Terbaik Dunia, Foto Gambar Martin Scorsese, pengertian sutradara, sutradara drama cinta, sutradara berpengaruh, film indonesia, penghargaan, grammy awards, aktor, produser, terlaris, hollywood box-office
Martin Charles Scorsese adalah sutradara selanjutnya yang berasal dari Amerika dan lahir pada 17 Oktober 1942. Namanya juga tercatat sebagai aktor, produser, screenwriter serta pegiat film sejarah. Dia menjadi pendiri The Film Foundation (tahun 1990), semacam organisasi nirlaba yang fokus pada pelestarian film. Lalu pada tahun 2007, dia juga mendirikan World Cinema Foundation. Karena kontribusi besarnya di dunia sinema, ia juga mendapatkan AFI Life Achievement Award. Penghargaan bergengsi lain yang sudah diraihnya meliputi Academy Award, Golden Globes, Emmy, Palme d’Or, BAFTA dan DGA Awards.

Beberapa filmnya memiliki tema tentang identitas orang Italia-Amerika, atau konsep ala katholik Roma terkait kriminalitas modern, kekerasan, rasa bersalah & penebusan, dsb. Beberapa karyanya yang begitu dikenang orang yaitu Taxi Driver (1976), Raging Bull (1980), Goodfellas (1990), dll. Waktu itu ia bekerja sama dengan aktor sekaligus sahabatnya, Robert De Niro.

4. Steven Spielberg

10 Sutradara Film Terbaik Dunia, Foto Gambar Steven Spielberg, pengertian sutradara, sutradara drama cinta, sutradara berpengaruh, film indonesia, penghargaan, grammy awards, aktor, produser, terlaris, hollywood box-office
Nama yang sudah tidak asing lagi di industri perfilman. Dialah Steven Allan Spielberg, sutradara yang lahir pada 18 Desember 1946 di Cincinnati, Ohio. Selain sebagai pengarah film, lelaki asal Amerika ini juga berprofesi sebagai produser, desainer video game, screenwriter serta entrepreneur studio. Dia sudah melanglang buana selama lebih dari empat decade. Berbagai tema atau genre film pun sudah dilahapnya. Namun kini topic film yang sering ia angkat mulai mengerucut pada terorisme, perbudakan, perang dan bencana. Rata-rata buah karyanya itu menjadi blockbuster Hollywood. Tak heran kalau namanya begitu berpengaruh dalam sejarah perfilman dunia.

Spielberg menjadi salah-satu pendiri studio film ternama, DreamWorks. Jerih payahnya kerap diapresiasi dengan berbagai penghargaan bergengsi serta keuntungan financial yang begitu besar. Beberapa film terkenal yang sudah diarahkannya termasuk Jaws (1975), Saving Private Ryan (1998), Jurassic Park (1993), dll. Forbes pernah menyatakan kalau kekayaan sutradara ini mencapai $3 milyar.

5. Francis Ford Coppola

10 Sutradara Film Terbaik Dunia, Foto Gambar Francis Ford Coppola, pengertian sutradara, sutradara drama cinta, sutradara berpengaruh, film indonesia, penghargaan, grammy awards, aktor, produser, terlaris, hollywood box-office
Francis Ford Coppola adalah sutradara, screenwriter sekaligus produser asal Amerika yang lahir pada 7 April 1939. Dia sudah diakui sebagai salah-satu sutradara yang memiliki inovasi dan pengaruh tinggi. Sebuah grup pembuat film sudah ia buat dengan nama “New Hollywood”. Di dalamnya terdapat nama-nama besar seperti Philip Kaufman, Martin Scorsese, Robert Altman, Woody Allen, dsb.

Dia sempat menjadi co-writer untuk script-nya film Patton di tahun 1970. Kinerjanya mendapat apresiasi dari Academy Award dan dinobatkan sebagai Best Writing (Original Screenplay). Reputasi dan popularitasnya semakin menanjak ketika ia sukses mengarahkan film setenar “The Godfather” di tahun 1972. Film tersebut juga yang mengarahkannya pada 3 Academy Awards. Ia pun sukses membawakan sekuelnya. Bahkan The Godfather Part II, yang rilis di tahun 1974, itu menjadi film sekuel pertama yang memenangkan Academy Award untuk kategori Best Picture.

6. Quentin Tarantino


3 thoughts on “10 Sutradara Film Terbaik dan Paling Berpengaruh di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *