SUNGGUH MULIANYA PERLAKUAN ALLAH KEPADA ORANG TUA

Posted on

orang tua

Orang Tua adalah mahkluk yang Allah ciptakan ke muka bumi untuk mengurus dan merawat anak-anaknya dengan penuh cinta dan kasih sayang, maka beruntunglah dan muliakanlah orang tuamu yang masih hidup serta do’akanlah bagi orang tua yang sudah tiada.

 

Allah SWT sangat mengagungkan orang tua dalam sebuah firman-Nya, dia menjelaskan, “maka janganlah engkau berkata kepada mereka (sembarang perkataan kasar) sekalipun perkataan ‘ah’ dan janganlah engkau menyergah mereka, tetapi katakanlah kepada mereka perkataan yang mulia (yang bersopan santun)”. (QS. al-Isra’: 23).

 

Ayat diatas menunjukan bahwa Allah sangatlah mengagungkan orang tua, dan ini sangatlah memberikan pelajaran bagi kita bahwa seorang anak tidak boleh memperlakukan orang tuanya dengan kasar dan buruk (menyesalah dan bertobatlah bagi anda yang berbuat kasar dan buruk kepada orang tuanya). Jangankan diperlakukan secara kasar, walau hanya berkata “ah” atau sejenis dengannya Allah melarangnya. Hal itu menunjukan betapa Allah sangat melindungi dan menempatkan orang tua pada tempat yang paling tinggi dan mulia. bahwa setiap anak harus menghormati dan memperlakukannya dengan baik.

Orang Tua, Mulia, Cinta, Kasih Sayang

SUNGGUH MULIANYA PERLAKUAN ALLAH KEPADA ORANG TUA

“Setiap anak memang sudah sewajarnya berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua yang mengandung dan menjaga sejak dalam kandungan. Orang tua merupakan wakil Tuhan dibumi yang wajib dihormati dan diperlakukan sebaik-baiknya. KeridhoanNya terletak pada keridhoan orang tua, begitu juga kemarahan kedua orang tua terutama ibu.”

Namun ketika melihat fenomena zaman sekarang, terasa sudah tidak ada batas sopan santun terhadap orang tuanya sendiri, tidak sedikit para anak yang tidak mengormati orang tuanya serta menyakitinya, bahkan yang parah lagi banyak berita tentang pembunuhan anak terhadap orang tuanya yang membuat kita bersedih hati dan berduka.

 

Dalam ayat lain diterangkan larangan Allah untuk tidak menyekutukannya dan tidak menyakiti kedua orang tua, Allah berfirman, “Dan (ingatlah wahai Muhammad), ketika kami mengingat perjanjian setia dengan Bani Israel : janganlah kamu menyembah melainkan Allah dan berbuat baiklah kepada orang tua”. (QS. Al-Baqarah:83).

 

Perkataan Allah supaya manusia “tidak menyekutukannya” bersanding dengan perintah untuk “berbuat baik kepada kedua orang tua”. Apa maksudnya? Perbuatan menyekutukan Allah merupakan dosa besar yang tidak akan mendapatkan ampunannya. Bahkan Allah Yang Maha Pemurah dan akan memaafkan segala kesalahan umatNya kecuali pelanggaran syirik atau menyekutukannya. Perbuatan syirik merupakan hal yang paling dibenci dan tidak akan mendapatkan ampunan Allah.

BACA JUGA:  Mutiara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

 

Kata tersebut bersanding dengan keharusan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. berarti kedua tema tersebut dalam pandangan Allah sangatlah penting dan hukuman bagi siapapun yang melanggar sangatlah besar. Bisa dikatakan, perbuatan syirik hampir setara dengan berbuat jahat atau memperlakukan orang tua secara semena-mena. Karena itu janganlah sekali-kali menzalimi atau menyakiti hati orang tua yang telah bersusah payah dalam mengandung, melahirkan serta merawat sampai dewasa.

 

Suatu ketika Rasulullah ditanya oleh sahabat bernama Ibnu Masud.

“Apakah amalan yang paling dicintai Allah? Rasulullah kemudian menjawab : “Sholat didalam waktunya”. kemudian apa lagi? Rasulullah menjawab, “Berbuat baik kepada kedua orang tua”. kemudian apa? “Berjihad di jalan Allah”, kata Rasul”. (HR. Bukhari – Muslim).

 

Tanda bersyukur kepada Allah ialah dengan menunaikan sholat lima waktu secara tepat (di awal waktu) dan juga berterima kasih kepada kedua orang tua dengan cara menaati segala keinginannya, melayaninya dengan baik, senantiasa rendah hati di hadapannya dan juga mendoakan kebaikan mereka segala hal.

 

Berbuat baik kepada kedua orang tua merupakan akhlak para nabi yang harus ditauladani. Ia mengutusnya dengan akhlak terpuji dan mumpuni yang layak dicontoh setiap umatnya. Sesungguhnya berbuat baik dan berbakti kepada orang tua itu merupakan kewajiban yang harus dilakukan sepanjang waktu. tidak terbatas usia dan waktu. Suatu ketika seorang sahabat nabi Malik bin Rabiah bertanya, “Wahai Rasulullah, adakah aku masih berpeluang berbuat baik kepada orang tua ibu dan bapak, adakah saya wajar saya berbakti kepada mereka selepas kematiannya? Rasulullah kemudian menjawab : Ya, dengan cara mendo’akan keduanya, memohon ampunan dan menjalin silaturahim dengan kerabat dan teman mereka”. (HR. Abu Daud).

 

itulah caranya berbakti kepada orang tua yang telah meninggal sebagai balasan kebaikan yang telah diberikan keduanya kepada anak-anaknya yang tak kenal lelah. Selain itu, menjaga hubungan silaturahmi dengan sanak kerabat orang tua dan menunaikan hajinya merupakan cara lain untuk mengabdi dan berbuat baik kepada ibu dan bapak sehingga memperoleh banyak keutamaan sesuai yang dijanjikan Allah SWT.

BACA JUGA:  6 Fenomena Bahaya Lidah, yang membuat kita jauh dari Allah SWT

 

beberapa keutamaan bagi seorang anak yang sangat berbakti kepada orang tuanya seperti doanya orang tua sangat mustajab, doa ibu dan bapak juga menghapuskan segala dosa yang telah dilakukan. Berbakti kepada Ibu dab Bapak juga dapat menimbulkan keridhoan Allah terhadap anaknya. Namun sebaliknya orang yang kerap mendurhakai orang tuanya, maka laknat Allah akan benar benar terjadi.

 

Durhaka kepada orang tua juga akan menyebabkan hukuman disegerakan terjadi di dunia, dipadamkan cahaya keimanan dari wajahnya, ditolak segala amalan kebaikan dan tentunya diakhirat kelak akan dimasukan kedalam neraka. Sungguh balasan yang sangat keras bagi mereka yang suka berlaku zalim dan durhaka kepada orang tua ibu dan bapaknya.

 

oleh sebab itu, mulai hari ini sudah sepantasnya kalau kita melakukan muhasabah untuk menakar ulang prilaku kepada kedua orang tua. Apakah sudah sesuai dengan tuntunan Islam atau masih belum? kalau belum maka sudah seharunya diperbaiki dan dibangun kembali hubungan yang baik dan kondusif dengan kedua orang tua yang sangat dimuliakan oleh Allah.

 

sumber : Ayat ayat Motivasi ( Abu Ali A-Bikhal )

3 thoughts on “SUNGGUH MULIANYA PERLAKUAN ALLAH KEPADA ORANG TUA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *