TEBING BULIGIR KUTAKEMBARAN, POTENSI WISATA BARU KUNINGAN JAWA BARAT

BULIGIR3

Kalian tau Kuningan…? pastinya tau donk..!! Kuningan adalah salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Barat. di sini banyak sekali tempat wisata lo.. bahkan sekarang ini banyak potensi wisata baru yang belum terjamah oleh orang-orang yang suka hunting atau masyarakat pada umumnya.salah satunya adalah Tebing Buligir. wiih keren kan namanya ??, terasa nama di zaman dulu yang berhiaskan sejarah, bukan hanya itu, namanya juga berasa mistis dan horor ya…

BULIGIR

KENAPA TEBING BULIGIR…?

Kata orang disana, dulunya di tebing itu ada seseorang yang bernama buligir, dia sedang berada di atas tebing tersebut. tak tahu apa sebabnya, tiba-tiba dia terjatuh kebawah sekitar 100 meter langsung ke sungai dan akhirnya meninggal dunia. setelah itu, tidak ada orang yang tahu cerita selanjutnya, namun yang pasti sekarang ini Tebing tersebut di namai Tebing Buligir.

BULIGIR2

DIMANA LOKASINYA…?

Bagi kalian yang penasaran dan ingin sekali berkunjung ke Tebing Buligir, jangan khawatir dan jangan ragu ragu, ayo sekarang juga kalian hunting kesana…Gratiss..lokasinya berada di Desa Kutakembaran Kecamatan garawangi Kabuapten Kuningan Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di kampung Kopocondong sebelah selatan dari kecamatan garawangi. untuk menuju kesana kita bisa menggunakan berbagai macam kendaran, baik pribadi ataupun umum seperti motor, mobil, angkot dan yang lainya, asalkan tidak pake transpotasi kereta api ataupun Bis ya..karena jalurnya berliku-liku dengan tikungan yang tajam sehingga akan menghambat perjalanan anda.

DISANGUNA

BAGAIMANA PEMANDANGANNYA…?

Karena lokasinya berada daerah yang masih asri, saya jamin anda tidak akan menyesal. anda akan merasa bahagia dan gembira ketika anda sampai disana, apalagi yang punya pikiran stress , bete, galau ataupun mumet, semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan yang sangat indah dan menawan. ada 2 titik yang bisa kalian singgahi, bisa ke atas tebing ataupun di bawah tebing.

Jika diatas tebing, kita akan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa, kita bisa melihat sejauh mata memandang, kita bisa melihat beberapa desa, seperti Buah Jenuk, Parakan, Cikahuripan ataupun Desa Kutakembaran itu sendiri, bahkan sebagian desa yang berada di kecamatan Maleber. Karena areanya yang cukup luas,kurang lebih 2 Hektare, dahulu pernah ada sekelompok mahasiswa Pencina Alam yang camp atau berkemah disana. Naah.. apabila kita berada dibawah Tebing Buligir ini jauh lebih berkesan, kita akan terpesona dengan keindahan tebing yang menjulang tinggi dan memukau. tempat ini cocok buat kalian yang ingin sekedar foto-foto atau selfie, dengan keluarga dengan teman dan sahabat ataupun dengan pasangan kalian apalagi saat akhir pekan untuk berlibur.

Tidak hanya itu, dibawah Tebing, mengalir air sungai yang jernih, sehingga menambah keindahan destinasi wisata Tebing Buligir ini. datanglah kesini disaat aliran sungai tidak terlalu deras, karena disaat musim hujan, aliran sungai yang membelah Kutakembaran dengan Desa Parakan dan Cikahuripan ini sangat deras, dan akan membahayakan pengunjung.

BULIGIR 4

GIMANA CARANYA, APABILA INGIN MENGUNJUNGI TEBING BULIGIR…?

Memang tidak banyak orang yang tahu tentang Tebing Buligir ini. tapi kalian tidak usah bingung ataupun risau, hal yang harus dilakukan ketika kalian ingin berkunjung ketempat ini adalah :
1. Persiapkan mental dan fisik serta ajak teman-teman kalian untuk hunting
2. Cari alamat Desa kutakembaran (bisa lakukan Browsing)
3. Persiapkan perbekalan
4. Siapkan juga kendaraan serta periksa terlebih dahulu, dan pastikan kendaraan anda aman
5. Jangan lupa siapkan Camera, untuk pemotretan.
6. Lebih seru apabila bawa makanan atau siapkan bahan makanan untuk masak (ngaliwet)
7. Lihat cuaca, apabila memungkinkan segera berangkat.

Apabila dari Kota Kuningan, kalian cari dulu Kecamatan Garawangi , kalian akan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dan (+-) 6 km untuk sampai disana, setelah itu kalian cari Desa Pakembangan kurang lebih 5 km dari Kecamatan Garawangi, setelah melewati itu kalian akan langsung menuju Desa Kutakembaran, paling sedikit kalian akan menempuh waktu sekitar 25 menit dari kecamatan Garawangi.

BULIGIR 5

ketika sudah sampai di Desa Kutakembaran, kalian tidak usah bingung dan gak usah malu-malu nanya sama warga sekitar, dijawab ramah dan pasti dikasih jalan yang lurus. Buat mobil juga masuk kok, jalannya sudah di hotmik. cuma ada beberapa tikungan yang tajam sehingga agak kagok bagi pengendara pemula dan tidak terbiasa dengan jalan yang berliku-liku. saya saranin pake motor dan saya rasa itu lebih baik. Selain lebih cepet, gak mau ribet juga kan pas disana? Satu lagi, kalau bawa motor kurangi bawa beban berat soalnya agak curam tanjakannya.

Semoga ini akan menjadi salah satu tempat tujuan anda untuk berlibur.

oleh : Wildan Angsuruloh

6 Comments

Leave a Reply
  1. Perlu diperhatikan dan dilakukan oleh pengunjung, TOLONG DIJAGA kekayaan alam yang kita miliki. jangan buang sampah disana, jangan berbuat yang tidak senonoh, dan jangan terlalu dekat tebing karena rawan longsor.. terima kasih..

  2. Kang Wildan masih ada tempat wisata yang tidak kalah jauh lebih bagus, Air terjun/Curug Gemborgede kata warga sana menyebutnya. Curug Gemborgede terletak di Desa Cikahuripan, Kecamatan Maleber.

3 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

  3. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *