5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik

Posted on

Tanaman yang ada di rumah tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi saja, namun tanaman juga bisa berguna untuk kesehatan kita. Ingat bahwa tanaman menyaring udara dan menyediakan oksigen di udara yang kita hirup. Itulah sebabnya kita harus memilih tanaman yang tepat untuk ditempatkan di kamar tidur kita agar tidur bisa lebih baik.

Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada gelisah sepanjang malam (apalgi yang mengidap insomnia), hingga akhirnya terpaksa dibangunkan oleh suara jam alarm hanya beberapa menit setelah Anda akhirnya berhasil tertidur! Kan sebel tah baru saja bisa tidur sudah harus bangun lagi karena hari sudah pagi.

Tidur malam adalah suatu keharusan bagi kita, karena akan berpengaruh pada energi kita, produktivitas, suasana hati dan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Salah satu cara untuk memastikan kualitas yang lebih baik dari tidur adalah dengan mengisi rumah kita dengan tanaman yang indah namun juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Tanaman tidak hanya terlihat bagus dan membawa vitalitas serta kehidupan ke ruang hidup Anda, tetapi juga dapat memiliki manfaat yang fantastis terhadap kesehatan, dan pada akhirnya dapat menuntun kita pada hidup dengan pola tidur yang sehat.

Selain daripada itu, dengan stres dan kecemasan yang menyebabkan setengah dari semua masalah insomnia, adalah ide yang baik untuk mengisi ruangan rumah anda dan juga kamar tidur dengan berbagai tanaman yang memiliki efek menenangkan. Pada sebuah penelitian telah jelas menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam mengurangi tingkat stres, jadi mengapa kita tidak membawa yang ada di alam (tanaman) menjadi bagian dari dalam ruangan rumah kita?

Selain itu, bagi orang-orang yang hidupnya di perkotaan dengan kualitas udara yang buruk dari polusi dan bau yang dapat berdampak negatif pada pernapasan kita, membuat tidur malam yang baik dan mnyehatkan tampaknya nyaris mustahil. Namun kabar baiknya adalah, ada berbagai tanaman yang bisa membersihkan udara disaat anda sedang tidur.

Meskipun pilihan tanaman cukup banyak, kami hanya memilih 5 tanaman yang paling efektif yang dapat meningkatkan kualitas tidur anda dan juga mempercantik nuansa kamar tidur.

Kami telah mengumpulkan daftar 5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu Anda tidur lebih baik, berdasarkan efek yang menenangkan dan membersihkan (udara) dari tanaman tersebut.

Berikut 5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu Anda tidur lebih baik:
1. Aloe Vera (Lidah Buaya)

5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik, aloe vera plant care, aloe vera for hair, aloe vera juice, how to make aloe vera juice, aloe vera benefits, aloe vera skin, aloe vera uses, aloe vera side effects, cara menanam lidah buaya, lidah buaya untuk rambut, cara mengolah lidah buaya, lidah buaya untuk muka, lidah buaya untuk jerawat, manfaat lidah buaya untuk wajah, kuih lidah buaya, manfaat lidah buaya
gambar via avso.org

Penyembuh alami yang sangat bagus untuk menenangkan peradangan, bekas luka dan juga kulit yang terbakar, lidah buaya juga dapat mendetoksifikasi tubuh. Plus, tanaman aloe vera dapat membantu membasmi polusi bahan kimia, sehingga memurnikan udara di kamar tidur rumah anda.

Ada hal lain yang menarik dalam kaitannya dengan tanaman ini. Yakni, ketika bahan kimia berbahaya berada pada tingkat yang tinggi di rumah anda, Aloe vera akan mengembangkan bintik-bintik coklat, dan menjaga Anda dari ketidaksadaran pada situasi buruk akibat udara yang tercemar oleh bahan kimia tersebut.

BACA JUGA:  10 Organisme atau Makhluk Hidup yang mampu bertahan hidup di tengah kondisi esktrem

Terdaftar sebagai salah satu dari tanaman terbaik untuk peningkatan kualitas udara oleh NASA, Aloe vera juga berfungsi bekerja seperti tanaman ular –memancarkan oksigen di malam hari, membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini juga salah satu tanaman yang paling mudah untuk tumbuh dan dipelihara.

Dijuluki sebagai “tanaman keabadian” oleh orang Mesir, Aloe vera mereproduksi dengan mudah jadi jika anda membeli satu (pot), maka anda akan segera memiliki tanaman aloe untuk semua kamar di rumah Anda. Anda juga dapat menggunakan gel dari daun aloe vera sebagai pengobatan topikal untuk dari gigitan serangga, kulit kering, luka ringan dan luka bakar, serta banyak lagi! Setiap rumah sepertinya harus mempunyai tanaman ini karena berbagai manfaat dan fungsinya.

2. Lavender

5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik, lavender color, lavender meaning, lavender benefits, lavender uses, lavender plants, growing lavender, lavender essential oil, lavender tea, lavendel, Lavandula, bunga lavender putih palsu, bunga lavender ungu jakarta, lavender oil, lavender hair, lavender flowers potted, lavender hotel
gambar via melodymaison.co.uk

Siapa yang tidak suka aroma lavender? Ini mungkin yang paling terkenal dari semua tanaman dengan aromanya yang bisa mengurangi tingkat kecemasan ketika akan tidur dengan kualitas baik (nyenyak dan sehat).

Berdasarkan penelitian aroma lavender dapat memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah dan tingkat stres. Juga, bau dari lavender dapat mengurangi tangisan pada bayi karena aroma yang menenangkannya, mengirim mereka ke dalam tidur yang lebih dalam sekaligus mengurangi stres pada ibu dan anak.

Pada wanita, lavender telah terbukti meningkatkan tidur ringan, dan mengurangi gerakan cepat mata tertidur. Namun bagi laki-laki efeknya berlawanan.

Ada sejumlah produk beraroma lavender di pasaran yang bisa membantu anda mendapatkan istirahat malam yang baik (seperti masker tidur beraroma lavender juga kasur lavender), namun kenapa bila ada yang paling alami dan dengan pilihan biaya yang efektif kita tidak mencobanya. Tempatkan tanaman lavender yang indah di meja anda!

Tanaman lavender utamanya digunakan sebagai wewangian pada sabun, wangi pakaian, dan shampoo. Ini merupakan agen pembersih yang besar, tetapi kekuatannya tidak berhenti di situ sebagai tanaman lavender yang benar-benar dapat membantu mengobati insomnia dan juga kecemasan karena rutinitas sehari-hari. Para peneliti mengakui bahwa menghirup aroma wewangian dapat menenangkan tubuh dan pikiran kita, dan efek yang menenangkan itu bisa kita hirup aroma tanaman lavender.

3. Jasmine (Melati)

5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik, jasmine flower health benefits, jasmine flower meaning, jasmine flower information, jasmine flower dance, jasmine flower hindi name, jasmine flower uses, jasmine flower song, jasmine flower lyrics, bunga jasmine, jasmine massage, jasmine tea, jasmine games, jasmine bridal, jasmine vs mocha, jasmine mobile, karma jasmine, rima melati, melati cream, melati cottages, melati suryodarmo, produk budidaya daun melati, gambar vector bunga melati putih, klasifikasi bunga melati 7 satu wikipedia, cara menanam bunga melati jepang, ciri ciri bunga melati
gambar via gradina.acasa.ro

Tanaman eksotis ini memiliki kelembutan dan efek menenangkan pada tubuh dan pikiran kita. Merupakan hasil dari sebuah penelitian, jasmine dapat mengurangi tingkat kecemasan dan dapat membawa kita pada kualitas tidur yang baik san sehat.

Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan bahwa efek positif seperti tidur yang berkualitas tinggi dapat meningkatan kewaspadaan dan juga produktivitas kita di siang hari!

The Wheeling Jesuit University melakukan penelitian yang telah membuktikan khasiat melati sebagai pendamping tidur alami bagi kita.

Efek positif termasuk kualitas tidur, penurunan kecemasan dan meningkatkan suasana hati pada saat bangun tidur. Tanaman melati juga dapat dijadikan sebagai sebuah fitur bagi kamar tidur anda, tanaman merambat dengan bunga yang berbentuk terompet kecil indah merah muda atau gading bunga. Tampaknya tidak ada kerugian untuk menambahkan melati mekar ke kamar kerja anda!

BACA JUGA:  5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak
4. English Ivy (Hedera Helix, Anggur Hijau)

5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik, english ivy poisonous, grow english ivy indoors, english ivy care indoor, english ivy plant, clementis, english ivy cats, english ivy invasive, hedera helix medicinal uses, hedera helix care, hedera helix cough medicine, hedera helix jarabe, hedera helix poisonous, palem bambu, hedera helix indoor plant, hedera helix homeopathic remedy, khasiat anggur hijau, anggur hijau pacitan, kiwi, anggur hijau batu raja, anggur hijau batu, anggur hijau untuk ibu hamil, anggur hijau baturaja, gambar anggur hijau, how to take care of a ivy plant, growing ivy indoors, indoor ivy types, hedera helix houseplant, ivy jubilee
gambar via costafarms.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh NASA tanaman English Ivy termasuk sebagai nomor satu tanaman terbaik pemurni udara. Hal ini karena tanaman itu menjadi yang paling efisien ketika menyerap formaldehida.

English Ivy mudah tumbuh dan dapat bertahan dalam suhu moderat serta minimnya cahaya matahari yang masuk ke kamar tidur. English Ivy bisa menjadi tanaman kamar tidur terbaik untuk membantu anda tidur dalam hal efisiensi dan kemudahan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa daun English Ivy ini dapat meningkatkan gejala alergi atau asma –para penderita tahu dapat berdampak serius baik kuantitas dan kualitas tidur. American College of Allergy, Asthma & Imunologi melaporkan bahwa, dalam percobaan di tahun 2005, Inggris Ivy dapat menghapus 94% kotoran udara hanya dalam 12 jam!

5. Snake Plant (Mother-in-Law’s Tongue/Lidah Mertua)

5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik, sansevieria plant care, snake plant lant care, sansevieria trifasciata care, sansevieria laurentii, mother in law's tongue care, snake plant feng shui benefits, snake plant poisonous, snake plant propagation, snake plant cats wiki, snake plant growth rate, ular pohon hijau, pengertian pohon kayu ular papua, tanaman obat lidah ular, makalah tentang tanaman lidah ular, artikel tanaman pengusir ular, manfaat lidah mertua adalah, harga tanaman lidah mertua, lidah mertua nama latin, cara jual menanam lidah mertua, lili paris
gambar via gambar via ballhomes.com

Ini adalah salah satu tanaman yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Pabrik ular adalah kuat dan mudah untuk perawatan-tanaman. Snake Plant/Mother-in-Law’s Tongue/Lidah Mertua) sebenarnya direkomendasikan sebagai besar “filter” untuk meningkatkan kemurnian oksigen di rumah Anda.

Ini cocok untuk kamar tidur dengan biaya perawatan yang minim. Apa yang hebat tentang tanaman ini adalah bahwa tanaman ini bisa memancarkan oksigen pada malam hari sementara secara bersamaan bisa mengambil karbon dioksida.

Kualitas udara yang lebih murni dan juga tidur malam yang lebih baik, tanaman ular juga bisa menghilangkan beberapa racun rumah tangga seperti formalin, trichloroethylene dan benzena dari udara.

Selain sebagai hiasan, tanaman rumah juga sudah sangat terbukti bermanfaat untuk kesehatan dan pola tidur yang baik bagi kita. Karena tanaman dapat menyaring udara dan hasilnya mengoksidasi rumah anda. Dengan demikian, memilih tanaman yang tepat untuk kamar tidur anda dapat menjadi cara yang bagus untuk menyingkirkan gangguan tidur anda.

2 thoughts on “5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *