Wajib Baca! 8 Tips dan Trik membedakan MLM dengan Money Game

Money Game dan Multi Level Marketing (MLM). Dunia bisnis memang tidak ada habisnya. Selalu ada pasang surut dalam dunia bisnis. Berbagai ide menarik tentang dunia bisnis memang menjadikan bisnis menjadi pilihan banyak orang. Mulai dari bisnis sendiri (wirausahawan), bursa efek, perusahaan, bahkan MLM. MLM atau yang biasa disebut sebagai Multi Level Marketing memang sedang booming di Indonesia.

Banyak cara dan program yang ditawarkan untuk menarik minat konsumen agar mau bergabung di bisnis MLM. Bisnis MLM yang murni dan sehat, tentu akan transparan tentang visi misinya, bahkan benar-benar jelas tujuan dan jenjang karirnya. Namun, hati-hati jika Anda ingin memulai bisnis MLM. Anda harus memperhatikan hal-hal berikut sebelum bergabung di bisnis MLM.

Salah langkah awal saja, bisa menarik Anda pada money game. Money Game merupakan bisnis yang mengatasnamakan MLM. Padahal, MLM dan Money Game sangatlah berbeda jauh. Nah hal-hal apa sajakah yang harus kita perhatikan agar Anda tidak terjebak dalam Money Game, yuk kita simak!

1. MLM murni sudah terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia)

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, aplia, apalimarathi software, asosiasi penjualan langsung indonesia, apli labels download sizes, anggota apli 2015 2016, pengertian asosiasi penjualan langsung indonesia, kode etik apli, daftar pertanyaan apli, apa itu apli siupl, daftar mlm ilegal di indonesia, p3li
Sudah menjadi peraturan di negara Indonesia apabila sebuah bisnis bersistem MLM harus mendaftar di APLI. APLI atau Asosiasi Penjual Langsung Indonesia merupakan sebuah organisasi sebagai tempat kesatuan dan persatuan berhimpunnya para penjual langsung. APLI bertugas mengawasi dan mengkontrol perusahaan yang berbasis MLM. Anda harus melihat bisnis MLM yang akan anda pilih apakah sudah terdaftar menjadi anggota APLI atau tidak. Jika ternyata bisnis MLM yang ingin anda pilih tidak terdaftar di APLI, baiknya tidak perlu diteruskan.

APLI sangat penting bagi bisnis MLM di Indonesia. Jika suatu perusahaan telah terdaftar di APLI, maka APLI berhak mengawasi perusahaan dibawahnya sehingga kecil kemungkinan bagi perusahaan tersebut untuk melakukan tindakan penipuan terhadap member-membernya. Cek bisnis MLM Anda pada website resmi APLI di www.apli.or.id.

Perbedaannya ialah MLM murni atau yang baik, perusahaannya sudah terdaftar di APLI, sedangkan Money Game perusahaannya tidak terdaftar di APLI.

2. MLM murni mempunyai SIUPL. Bukan SIUP!

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, badan koordinasi penanaman modal daerah asing, alamat badan koordinasi penanaman modal (bkpm), badan koordinasi penanaman modal dalam bahasa inggris, lpse badan koordinasi penanaman modal (bkpm), cpns badan koordinasi penanaman modal 2012 2016
SIUPL atau Surat Izin Usaha Penjualan Langsung merupakan surat yang dikeluarkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), sebuah instansi resmi yang mengeluarkan legal atau tidaknya suatu perusahaan MLM. Hal ini sangat penting sekali bagi Anda untuk memperhatikan kelegalan perusahaan MLM. 

Ada pula SIUP. Apa itu SIUP? SIUP atau Surat Ijin Usaha Perdagangan yang dikeluarkan oleh Instansi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah/Domisili perusahaan. Sebenarnya SIUP digunakan pada perusahaan yang bergerak di bidang barang maupun jasa. SIUP tidak digunakan pada MLM.

BACA JUGA:  Mengapa Tanah Asam Tidak Baik Untuk Ditanami?

Karena banyak sekali Money Game berkedok MLM yang tidak memili SIUPL. Hal itu dilakukan untuk meraup keuntungan yang banyak. Money Game ini merupakan bisnis dengan segala permainan uang dan tidak mempunyai kejelasan yang pasti. Maka berhati-hatilah!

Perbedaannya yaitu MLM murni sudah memiliki SIUPL yang dikeluarkan langsung oleh BKPM, sedangkan perusahaan yang mengaku-ngaku perusahaan MLM, tetapi hanya memiliki SIUP, maka merupakan perusahaan MLM ILEGAL. Bisa dipastikan perusahaan yang berkedok MLM tersebut adalah Money Game.

3. MLM Murni sudah banyak di terima di Masyarakat. Sedangkan Money Game tidak, karena tidak Rasional
MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, online money game indonesia, big money game, rediff money game, fish money game, canadian money game adam smith pdf, mlm terbaru terlaris dan terbaik di indonesia 2016

gambar via business-opportunities.biz

MLM resmi sudah banyak diterima di Indonesia dan seluruh dunia. Bahkan, dalam harga daftar, sistem bisnis MLM, dan jenjang kariirnya sangat jelas. Karena sifat transparan MLM tersebut, banyak masyarakat yang menerima karena dianggap rasional.

Namun, berbeda dengan Money Game berkedok MLM yang tidak pernah jelas secara sistem maupun jenjang karir. Biasanya Money Game hanya menguntungkan pada upline yang paling atas. Level paling atas itulah yang akan mendapatkan untung paling besar dan banyak.

4. Produk di MLM mempunyai Surat Ijin dari BPOM, DEPKES, dan mendapat Sertifikat Halal dari MUI

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, pengurusan surat izin bpom untuk makanan, cara ijin bpom moment, biaya ijin bpom glucola, ijin bpom untuk kosmetik berbahaya, pengurusan ijin bpom registrasi, cpns bpom adalah, ereg bpom notifikasi, lowongan kerja bpom, ropeg depkes internship, lpse depkes jatim, tkhi depkes avail, formasi cpns depkes 2012 2016, pengumuman cpns depkes 2012, izin depkes p-irt produk makanan, biaya izin depkes kosmetik, cara mendapatkan izin depkes untuk makanan, cara mengurus izin depkes, sertifikat halal mui jco herbalife hanamasa, pengertian sertifikat halal, daftar produk halal mui 2015 2016, sistem jaminan halal halal lppom mui kosmetik, mmm haram
Penting sekali jika suatu produk memiliki label Halal, DepKes, dan BPOM. Label halal akan dikeluarkan langsung oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Anda harus memperhatikan 3 hal tersebut. Apakah 3 hal tersebut sudah tercantum pada perusahaan bisnis MLM Anda? Jika belum, Anda patut waspada.

Perusahaan MLM yang baik akan memberikan kenyamanan dan ketenangan pada para membernya. Perusahaan yang benar-benar MLM murni akan mencantumkan 3 ijin seperti yang tertera di atas. Jadi harus lebih cermat dan teliti dalam melihat komposisi produk pada kemasan.

5. Setiap orang hanya berhak mendaftar sebagai Mitra Usaha atau Member 1 kali saja
MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, online money game indonesia, big money game, rediff money game, fish money game, canadian money game adam smith pdf, mlm terbaru terlaris dan terbaik di indonesia 2016

gambar via mlm.com

MLM murni biasanya hanya akan mengijinkan mitra usahanya untuk bergabung sekali. Hal tersebut dikarenakan keanggotaan yang terjadi 1 kali bagi tiap mitranya. Nah, Anda patut mengetahui apakah perusahaan MLM Anda hanya mengizinkan untuk mendaftar 1 kali saja?

Biasanya, pada perusahaan Money Game memperbolehkan mitranya daftar berkali-kali, bahkan dalam waktu yang dekat. Hal itu patut dicurigai, juga biasanya mendaftarnya seperti pada awal semula.

BACA JUGA:  Arti Pribahasa “Ulah Ngarawu Ku Siku” sareung “Kudu Malapah Gedang”
6. Biaya Pendaftaran MLM tidak mahal dan harganya sebanding dengan Starter Kit

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, online money game indonesia, big money game, rediff money game, fish money game, canadian money game adam smith pdf, mlm terbaru terlaris dan terbaik di indonesia 2016
Sebelum bergabung ada baiknya bertanya pada orang yang mengajak atau merekrut Anda tentang apa yang Anda dapatkan setelah melakukan pendaftaran. Biaya pendaftaran MLM murni  tidak mahal dan sangat logis. Biaya yang Anda bayarkan ketika  melakukan pendaftaran , harganya sebanding dengan Starter Kit. Startet kit pada umumnya berisi tentang katalog produk, profil perusahaan, penjelasan bisnis dan jenjang karir, promo-promo yang berlaku, dan cara pengorderan tergantung pada tiap-tiap perusahaan.

Biaya pendaftaran Money Game biasanya sangat mahal hingga mencapai jutaan, bahkan ratusan juta. Wow, bisa Anda bayangkan ketika Anda sedang memulai berbisnis untuk merubah hidup, malah terjebak dengan pendaftaran yang sangat mahal. Nah , untuk itu patut berhati-hati. 

7. MLM memiliki Produk yang bermanfaat gagi Konsumen atau Mitra Kerja

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, bisnis mlm terbaru 2012 2016, grosir distributor produk mlm, fatwa haram mlm, hukum bisnis mlm oriflame dalam islam, hukum mlm melia sehat sejahtera dalam islam, mlm business companies, mlm rankings diary, mlm halal menurut mui, mlm haram atau halal menurut islam, mlm haram dalam islam, mlm meaning opportunities, mlm plan news, mlm produk kecantikan, mlm terbaik 2016 2012 2015 di indonesia, mlm terbaru launching di malaysia 2016, produk mlm murah terbaru terlaris 2016 2015, supplier produk mlm azaria, toko mlm di tangerang, umrah mlm haram
MLM murni memiliki produk yang bermanfaat bagi para konsumen dan mitra kerja. Produk-produk tersebut memiliki berbagai manfaat sesuai dengan kebutuhan konsumen. Pada MLM murni, biasanya komposisi produk mengandung bahan-bahan yang tidak berbahaya untuk di konsumsi. 

Selain itu, produk-produk MLM murni sesuai dengan yang ada di katalog. Berbeda dengan Money Game, yang kebanyakan produknya hanya dijadikan kedok semata. Seandainya ada produknya, produknya selalu kosong atau tidak tersedia. Nah, itulah perbedaan mengenai produk-produk di MLM.

8. MLM murni Bonusnya dari Penjualan Produk

MLM, Multi Level Marketing, Money Games, Legal Scam Model, bisnis mlm terbaru 2012 2016, grosir distributor produk mlm, fatwa haram mlm, hukum bisnis mlm oriflame dalam islam, hukum mlm melia sehat sejahtera dalam islam, mlm business companies, mlm rankings diary, mlm halal menurut mui, mlm haram atau halal menurut islam, mlm haram dalam islam, mlm meaning opportunities, mlm plan news, mlm produk kecantikan, mlm terbaik 2016 2012 2015 di indonesia, mlm terbaru launching di malaysia 2016, produk mlm murah terbaru terlaris 2016 2015, supplier produk mlm azaria, toko mlm di tangerang, umrah mlm haram, MLM Pyramid Legal Scam Model, skema ponzi, Promotor Upline MLM, Bawahan Downline MLM
MLM murni memberikan bonus bagi para mitra atau membernya dari penjualan produknya. Berebeda dengan Money Game yang bonusnya didapat dari cara merekrut orang, semakin besar merekrut orang maka akan semakin besar pula bonusnya. Biasanya, Money Game tidak mempunyai produk. Apabila mempunyai produk, tidak sejelas dan sedetail produk pada MLM.

Nah, ada baiknya jika Anda berkonsultasi pada pakar bisnis atau orang-orang disekitar Anda, yang sudah pernah menggeluti dunia MLM. Karena cerita dan tips-tips dari mereka, Anda bisa mengetahui seperti apa bisnis yang ingin Anda geluti. Kelak supaya tidak salah dalam mengambil langkah dan meminimalisir terjadinya penipuan.

Anda juga bisa melihat testimonial para pebisnis yang pernah berbisnis dengan perusahaan pilihan Anda. Jika tertarik, Anda bisa mengikuti forum-forum yang membahas tentang seputaran bisnis tersebut. Itulah 8 tips dan trik membedakan MLM dengan Money Games, semoga bermanfaat!