Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer/Handphone yang Terbukti Ampuh!

Posted on

Cara mempercepat koneksi Internet. sekarang-sekarang ini, sering kita lihat bahwa koneksi Internet di Indonesia mengalami kemunduran. Apakah Anda juga mengalaminya? Hal tersebut wajar saja. Karena memang Indonesia merupakan salah satu negara dengan jangkauan Internet terburuk di dunia.

Lantas apakah kita perlu kecewa dengan hal tersebut? Saya rasa tidak. Karena secara faktual, ada banyak cara mempercepat koneksi Internet di rumah Anda. Ingin tahu apa saja caranya? Simak ulasan berikut ini!

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer/Smartphone

1. Gunakan Provider yang Sedikit Pengguna

Anda pasti pernah tahu Speedy? Ya, provider yang satu ini memang begitu populer di kelasnya. Namun populer bukan gara-gara kualitasnya, namun karena keluhan dari para pelanggannya. Salah satunya saya ini. Kalau diperkirakan, mungkin sudah 2-3 tahunan saya menggunakan layanan tersebut. Meskipun demikian, saya cukup sering mendapatkan masalah terkait konektivitas. Contohnya, koneksi Internet tiba-tiba melambat, putus, eror, dan lain-lain. Ini menjadi masalah tersendiri.

Tetapi setelah saya telaah lagi, saya mewajarkan perihal ini. Mengapa? Karena Speedy mempunyai pelanggan aktif lebih dari 7 juta di Indonesia. Bayangkan saja dengan pelanggan sebanyak itu, tentunya batas bandwith juga bakalan berkurang.

Nah dari sini, kita dapat ambil simpulan bahwa ada baiknya kita menggunakan provider yang sedikit penggunanya.

2. Pilih Provider yang Sudah Teruji

Di Indonesia tidak sedikit lo yang provider-nya bikin kecewa pelanggannya. Mengasih promosi  yang berlebihan di brosur, tetapi pas digunakan kenyataannya tak sesuai yang dijanjikan. Nah, kamu patut waspada dalam memilah antara provider yang baik dengan yang buruk.

Untuk mengetahui hal tersebut, kamu bisa searching-searching di Google terkait pengalaman pengguna terhadap layanan Internet yang digunakan. Dengan begitu, kamu bisa tahu mana provider yang benar-benar memberikan pelayanan memuaskan.

3. Pilih Wi-Fi atau Modem?

wi-fi, internet cafe, cara mempercepat koneksi internet komputer handphone hp
Kalau saya ditanya seperti itu, saya bakalan pilih Wi-Fi. Mahal? Enggak juga. Di saya cuma dikenakan biaya 150 ribu per bulannya. Sudah begitu kecepatannya juga pada umumnya lebih okean Wi-Fi ketimbang modem. Jadi, kalau kamu pengen kecepatan Internet yang maksimal, coba deh gunakan Wi-Fi!

BACA JUGA:  Google Duo: Aplikasi Video Call dari Google
4. Hapus Task-task yang Memakan Koneksi Internet Kamu

Cara yang ke-4 adalah dengan mematikan program-program yang bikin koneksi Internet kamu lemot. Biasanya sih program yang buat download gitu… mending saat kamu berselancar di Internet dimatikan supaya koneksi Internet kamu bisa maksimal.

5. Gunakan Internet Download Manager buat Mengunduh

Terakhir, kamu juga bisa memakai IDM (Internet Download Manager) untuk mempercepat koneksi Internet saat kamu mengunduh/download file-file ke komputer. Coba deh gunakan Internet Download Manager. Tapi, untuk menggunakan perangkat ini kamu harus bayar sekitar $20. Kalau enggak mau bayar, coba cek artikel berikut: 7 Alternatif Internet Download Manager untuk cari alternatif software selain IDM.

Itulah empat cara mempercepat koneksi Internet di komputer/laptop/hp. Kamu punya tips lain? Jangan lupa sebarkan di komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *