Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah? Nggak Harus Mahal Kok!

Posted on
Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, korean wedding photography, what to wear to a korean wedding, korean wedding cost, korean wedding dress online, korean wedding ducks, korean wedding food, korean wedding dress lyrics, korean wedding photography singapore, tradisi pernikahan korea, resepsi pesta pernikahan modern di korea selatan, pengantin korea, pernikahan artis korea
gambar via wedresearch.net

Banyak orang merasa bahwa pernikahan harus diadakan dengan pesta yang besar dan mewah, serta mengundang seluruh kerabat dan kolega. Pada akhirnya, para mempelai pun kebingungan dengan banyaknya keperluan yang harus disiapkan untuk melaksanakan pernikahan impian mereka. Biaya Nikah, mulai dari biaya gedung dan biaya konsumsi yang luar biasa mahalnya hingga biaya-biaya yang tak terhitung lainnya.

Itulah yang kemudian membuat para calon harus bekerja dan menabung sebanyak-banyaknya biar bisa segera menikah. Kadang kita lupa kalau kehidupan pernikahan yang sebenarnya itu bukan waktu resepsi atau pesta pernikahannya, tapi setelah itu. Semua tentang bagaimana kita bisa membangun keluarga yang bahagia, menghidupi keluarga kita, menyekolahkan anak, dan seterusnya. Jadi, sebenarnya menikah itu mudah kok, yang penting kan ada calon yang mau diajak menikah ;D

Nah, ada beberapa trik nih buat kamu yang udah berencana menikah atau bahkan udah mulai siap-siap menyusun rancangan pernikahan kamu. Yang jelas, trik-trik ini bakal jadi referensi kamu untuk bisa menjalankan pernikahan dan resepsinya sesuai budget kamu. Buat kamu yang masih cari pasangan, santai aja, karena trik-trik ini bakal bantu kamu buat lebih siap kalau besok udah dapet pasangan.

1. Pesta dan Resepsi
Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, wedding party program, wedding party ideas, wedding party people, wedding party quotes, wedding planning, wedding party songs, wedding party dance songs, wedding party definition, pesta pernikahan unik, pesta pernikahan termahal di dunia, pesta pernikahan di rumah, pesta pernikahan sederhana, pesta pernikahan bella shofie, pesta pernikahan andien, pesta pernikahan anak jokowi, pesta pernikahan adat batak, pesta pernikahan sederhana tapi elegan, pesta pernikahan sederhana di rumah
gambar via truephotography.com

Biaya pernikahan biasanya akan membengkak di bagian ini karena kita selalu berkeinginan untuk mengadakan resepsi dan mengundang seluruh kerabat kita. Namun, bagaimana kalau dana kita tipis dan tidak cukup untuk bikin pesta? Simple aja, nggak perlu mengadakan pesta. Pernikahan merupakan satu hal yang sakral bagi yang menikah, memang kita perlu memberitahukan pernikahan itu ke kerabat kita, namun tidak harus selalu melalui pesta.

Bagi kamu yang muslim, kamu bisa mengadakan pengajian atau semacamnya untuk merayakan pernikahan kamu. Bisa juga kita sekadar membagikan berita tersebut melalui surat beserta kenang-kenangan dari pernikahan kita. Bagi kamu yang tetap ingin mengadakan pesta, bisa juga kamu menunda pesta kamu, namun pernikahan secara agama dan negara tetap dilaksanakan. Jadi, kalian bisa sah sebagai suami istri, kemudian kalian bisa menabung untuk mengadakan pesta pernikahan kalian.

BACA JUGA:  5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik

Lagi pula, daripada sekadar berdiri berjam-jam hanya buat nyalamin orang yang sebagian besar nggak kita kenal, mending kita tabung buat beli rumah atau kita sedekahkan dengan ikhlas. Bagi kamu yang memang ingin banget mengadakan pesta pernikahan karena sudah menjadi tuntutan, kamu bisa atur siapa aja undangan kamu dan gunakan semua jaringan pertemanan kamu untuk bantu kamu mewujudkan mimpi itu.

2. Pesta Outdoor
Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, konsep pernikahan outdoor sederhana, dekorasi pernikahan outdoor murah, pernikahan outdoor di jakarta, pernikahan outdoor murah, tempat pernikahan outdoor di tangerang, tempat pernikahan outdoor di bintaro, paket pernikahan outdoor murah, pernikahan outdoor sederhana
gambar via trumpetweddingdresses.com

Beberapa tahun belakangan, pesta pernikahan yang biasanya diadakan di dalam gedung besar dengan segala macam dekorasi itu makin tergeser dengan tren pesta yang diadain di luar. Garden Party alias pesta di kebun menjadi salah satu pilihan buat kamu yang ingin meminimalkan budget pernikahan kamu. Dibandingkan menyewa gedung dengan biaya yang cukup mahal, kamu bisa menggunakan taman atau area terbuka luas yang memiliki banyak pohon dan bersih.

Melalui pesta outdoor semacam ini, pesta menjadi lebih dekat dan bebas sehingga tidak terkesan kaku. Dengan undangan yang khusus bagi kerabat terdekat dan menggunakan tema pesta semacam ini, kamu bisa meminimalkan biaya yang kamu gunakan untuk pesta.

3. Pakai Teknologi Digital
Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah Nggak Harus Mahal Kok, undangan pernikahan online gratis, kata-kata undangan pernikahan, contoh undangan pernikahan online, undangan pernikahan murah, harga undangan pernikahan, isi undangan pernikahan, undangan pernikahan online free, membuat undangan pernikahan online
gambar via walimatulursy.co.id

Membuat undangan pernikahan merupakan salah satu rangkaian yang ada dalam sebuah pernikahan. Undangan biasanya tidak terlalu diperhitungkan biayanya karena kebanyakan menganggap bahwa mencetak undangan tidak akan terlalu mahal. Namun, justru bagian inilah yang kadang kita lewatkan dan membengkak. Keingingan membuat undangan lucu dan beda dari orang lain membuat anggaran undangan membengkak.

Lalu, bagaimana mengatasinya? Sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih, kita bisa membuat undangan kita secara digital yang kemudian dapat kita berikan secara personal kepada kerabat kita melalui jejaring sosial. Selain memudahkan dari segi pengiriman, hal ini juga dapat membantu kamu untuk memangkas biaya yang kamu keluarkan untuk pernikahan kamu.

Next: 4. Menu Makanan

One thought on “Kamu Masih Harap-Harap Cemas dengan Biaya Nikah? Nggak Harus Mahal Kok!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *