10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan

10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan

Apa saja sih yang harus dipersiapkan untuk pernikahan itu? Ijab Kabul, tukar cincin, sungkem ke orang tua. Segitu aja? No! itu hanya sebagian dari proses yang akan kamu jalani di hari istimewamu. Sebelum melangsungkan pernikahan, kamu harus tahu dulu apa makna dari mengubah status single menjadi istri orang.

Menikah adalah sebuah komitmen untuk hidup bersama selama-lamanya antara seorang perempuan dengan seorang lelaki. Pernikahan merupakan hal yang sakral dan prlu dipersiapkan dengan matang. Ibarat melakukan perjalanan panjang nan jauh, kamu harus menyiapkan beberapa bekal. 

Tentu mempersiapkan acara pernikahan itu tidaklah mudah. Banyak hal yang harus kamu perhatikan sebelum menjadi Ratu di Pelaminan. Apa saja? Yang berikut ini bisa jadi check list kamu lho!

1. Undangan
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,model undangan pernikahan terbaru, desain undangan pernikahan, kata-kata undangan pernikahan, contoh undangan pernikahan, undangan pernikahan murah, isi undangan pernikahan, weddingku, undangan pernikahan bahasa inggris

Desain Undangan Model Tampilan Website Facebook.com

Buat desain undanganmu semenarik mungkin. Beberapa tahun ini sudah banyak yang membuat undangan dengan desain yang unik-unik. Tapi, kamu harus sesuaikan dengan tema acara pernikahan kamu. Jangan sampai tema acara pernikahanmu “Kerajaan” tapi undangannya “Spiderman” 😀  

Eh, sebelum menyebar undangan, tentukan dulu siapa yang akan kamu undang. Mantannya jangan lupa diundang ya ;D

2. Tempat yang Akan Menjadi Saksi Bisu Pernikahanmu
tempat romantis di dunia, tempat romantis di tangerang, tempat romantis untuk anniversary, tempat romantis di solo, tempat romantis di bekasi, tempat romantis di singapura, tempat romantis di depok, tempat romantis di garut, wedding outdoor taman mini, wedding outdoor murah, wedding outdoor bekasi, wedding outdoor di sentul, wedding outdoor di tangerang, outdoor wedding photography, Gedung Arsip Nasional Jakarta, harga sewa gedung arsip nasional gajah mada, gedung arsip nasional paket pernikahan, gedung arsip nasional wedding review package 2016, alamat gedung arsip nasional ampera, gedung arsip nasional wedding harga 2016

Wedding party gedung arsip nasional via butterflyeventstyling.com

Jauh-jauh hari sebelum melangsungkan pernikahan, kamu harus mencari referensi tempat yang akan kamu jadikan sebagai tempat melepas masa lajangmu. Banyak tempat yang bisa kamu jadikan referensi seperti hotel bintang lima, gedung serbaguna, masjid, ataupun pantai jika acara pernikahanmu bertemakan outdoor. Lihat budget yang kamu siapkan juga yah!

Jangan gegabah menentukan tempat pernikahan. Bicarakan dulu dengan calon suami dan keluarganya. Jangan lupa berapa banyak orang yang akan kamu undang. Kalau kamu enggak mau ribet, kamu bisa melaksanakan pernikahan di rumah saja.

3. Dekorasi untuk Mempercantik Acara Pernikahanmu
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,dekorasi pernikahan sederhana, dekorasi pernikahan di rumah, dekorasi pernikahan outdoor, harga dekorasi pernikahan murah, dekorasi pernikahan jawa, dekorasi pernikahan di gereja, dekorasi pernikahan modern

Dekorasi Pernikahan via tradisipernikahan.com

Setelah memilih tempat, selanjutnya kamu harus pikirkan dekorasi yang cocok untuk acara pernikahan kamu. Sesuaikan dengan tema yang kamu dan calon suami sudah tentukan. Sekali lagi, sesuaikan dengan budget  ya! Sudah banyak berceceran di luar sana yang menyediakan jasa Wedding Organizer (WO), mulai dari harga jutaan sampai yang ratusan juta. Kalau nggak mau ribet, kamu bisa meminta bantuan dari WO ini. Pilih yang memang sudah tepercaya, jangan asal-asalan. Buat hari istimewamu seindah mungkin!

BACA JUGA:  7 Inspirasi Paduan Warna untuk Membuat Hari Pernikahanmu Sempurna!
4. Makanan untuk Para Tamu Undangan Alias Katering

catering pernikahan yang enak, catering pernikahan jakarta, menu catering pernikahan, catering pernikahan di bekasi, catering pernikahan murah, catering pernikahan bekasi, harga catering pernikahan 2016, catering pernikahan purwokerto

“Tamu adalah raja”, mungkin tagline ini yang harus kamu pikirkan untuk memilih katering. Jangan disepelekan karena katering juga menjadi salah satu poin yang harus kamu pikirkan. Pilih katering yang sudah tepercaya agar para tamu undangan merasa puas.

Kamu juga harus memikirkan seberapa banyak makanan yang akan kamu pesan. Jangan sampai tamu undangan lebih banyak dari makanan yang disediakan. Kata-kata ini wajib kamu terapkan, yakni “lebih baik sisa daripada kurang”. Enggak kebayang dong gimana malunya kalau tamu undangan masih banyak tapi makanannya udah abis? Masa iya mereka harus makan angin.

5. Fotografer untuk Mengabadikan Hari Istimewamu
7 Tips Low Budget Wedding reception ideas, affordable weddings, where to have a wedding, small cheap wedding venues, $500 wedding, low budget wedding venues, cheap wedding ceremony and reception venues, rincian biaya pernikahan murah di rumah, contoh perhitungan biaya buat nikah berapa, budget pernikahan 15 juta ditanggung siapa, rincian biaya pernikahan sederhana 2016, biaya pernikahan adat jawa di gedung kua, fotografer pernikahan murah, cara menjadi fotografer pernikahan, fotografer wedding murah, wedding photography jakarta, fotografer wedding jogja, wedding photography jakarta price list, fotografer profesional, jasa fotografer murah, video pernikahan fasha sandha, video pernikahan anang ashanty, video pernikahan lisa surihani, video pernikahan yusri dan lisa, video pernikahan ally iskandar, video pernikahan raffi dan nagita, video pernikahan adat jawa, video pernikahan romantis

Wedding Photographer via wikipedia.org

Nggak mau kan momen bahagia sekali seumur hidup berlalu begitu saja? Yep, Fotografer juga mempunyai peran penting dalam acara pernikahan. Kamu bisa menyewa fotografer untuk mengabadikan momen bahagiamu.

Nggak usah cari yang mahal, yang penting hasilnya bagus dan memuaskan. Kamu juga bisa meminta seorang teman yang mempunyai keahlian di bidang foto-memfoto untuk mengambil peran di acara pernikahanmu. Tentunya akan lebih hemat bukan? Tidak ada salahnya jika meminta bantuan seorang teman, hitung-hitung sebagai hadiah pernikahan. Yang jelas jangan sampai memaksa ya!

6. Jadilah Ratu di Hari Bahagiamu
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,wedding dress film, wedding dress korean movie, wedding dress online, wedding dress taeyang, wedding dress song, wedding dress pinterest, wedding dress wiki

Wedding Dress via towedding.net

Siapa sih yang mau tampil biasa aja di hari yang hanya terjadi sekali semur hidup? Memilih gaun yang akan digunakan saat acara pernikahan memang agak sulit. Kamu harus berdiskusi dengan dua keluarga tentang pakaian apa yang akan kamu gunakan. Yang jelas, pakaian harus disesuaikan dengan tema acara kamu.

Tak masalah jika harus menggunakan pakaian adat. Kamu bisa melihat rancangan gaun pengantin atau pakaian adat pernikahan dari desainer-desainer terkenal.

Mungkin kamu berpikiran “Ngapain beli, pakai cuma sekali doing. Buang-buang duit aja.” Kamu bisa menyewa baju, nggak usah membeli atau menjahit sendiri. Kamu bisa cari tempat-tempat yang menyewakan baju pernikahan. Ada banyak pilihan juga lho!

7. Persiapkan Make Up
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,wedding makeup tips, wedding makeup tutorial, wedding makeup pinterest, wedding make up video game, barbie wedding make up games, indian dress up games

Wedding Make Up via youfashion.info

Selain gaun pengantin yang harus dipersiapkan, kamu juga harus memikirkan make up  yang akan kamu gunakan. Gunakan make up sesuai dengan baju yang kau kenakan. Nggak usah terlalu dandan berlebihan. Gunakan make up yang natural saja tapi bisa membuatmu terlihat sangat cantik. Untuk urusan make up, kamu juga bisa meminta bantuan Wedding Organizer. 

BACA JUGA:  Wajib Baca! 8 Tips dan Trik membedakan MLM dengan Money Game

Kamu juga harus memperhatikan jenis make up yang akan kamu gunakan. Jangan sampai produk yang digunakan enggak cocok sama kulit kamu. Be careful!

8. Baju Seragam Keluarga
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,baju seragam keluarga untuk lebaran, baju seragam keluarga untuk pesta pernikahan, baju seragam keluarga murah, baju seragam keluarga tanah abang, baju seragam keluarga pengantin, baju seragam keluarga untuk lebaran 2016

Baju Seragam via claytonladuerotary.org

Baju seragam keluarga juga harus kamu pikirkan. Jangan hanya mempelainya aja yang tampil cantik bak ratu semalam, tetapi keluarganya juga dong! Yap, bukan cuma kamu yang akan jadi bahan perhatian tapi juga keluarga besar. Tamu undangan yang datang pasti akan bertemu dengan keluargamu. 

Berikan kesan yang baik untuk para tamu yang datang. Buatlah para tamu undangan kagum dengan apa yang mereka lihat.

9. Foto Prewedding? Perlu Enggak Sih?
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,foto prewedding unik, foto pre wedding casual, contoh foto prewedding outdoor, foto prewedding murah, foto prewedding muslimah, foto prewedding artis, foto prewedding hijab, edit foto prewedding

Foto Prawedding via praweddingfoto.com

Beberapa tahun ini lagi marak-maraknya foto prewedding. Sebenarnya foto prewedding bukan hal wajib yang harus kamu persiapkan. Ini bergantung pada kesepakatan kamu dengan calon suami.

Kalaupun memang dibutuhkan, cari tema yang unik dan menarik untuk foto prewedding kamu. Kamu bisa memilih foto di pantai, taman, bangunan tua, bahkan di atas gunung. Nggak ada salahnya mencoba hal-hal baru sebelum menikah. Ini akan menjadi kenangan tersendiri buat kamu dan calon suami.

Tak jarang juga lho banyak pasangan yang memamerkan foto prewedding mereka di acara resepsi pernikahan! Mungkin bisa jadi tambahan dekorasi agar acara pernikahanmu semakin menarik.

10. Yang Paling Penting Nih, “Apakah Kamu Sudah Siap Menjadi Pendamping Hidup Selamanya?”
10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Menjadi Ratu di Pelaminan, persiapan malam pertama, list persiapan pernikahan, persiapan pernikahan bagi wanita, persiapan pernikahan dalam islam, daftar persiapan pernikahan, persiapan pernikahan islami, persiapan pernikahan adat jawa, persiapan pernikahan sederhana,tukar cincin saat lamaran pernikahan, tukar cincin dalam islam, tukar cincin tunangan, tukar cincin adat jawa, tukar cincin lamaran, hukum cincin kawin dalam islam, tukar cincin kristen, tanya lamaran dan tukar cincin

Menikah Sudah Dekat via menikahsudahdekat.com

Enggak ada yang lebih penting dari seberapa siap kamu menjadi seorang istri. “Apakah aku sudah yakin akan menjalani biduk rumah tangga dengannya?“Inilah yang harus kamu tanyakan kepada dirimu sendiri sebelum memutuskan untuk menikah. Percuma kamu menyiapkan semua perlengkapan pernikahan sementara hatimu masih ragu. Kamu harus berpikir panjang sebelum memutuskan dengan siapa kamu akan labuhkan hatimu.

Jika kamu merasa sudah siap, tanyakan calon pendampingmu juga. Jika kamu dan pasangan sudah yakin, tak ada salahnya memulai menyiapkan acara pernikahan dari sekarang.

Menikah itu nggak mudah kan? Masih banyak lagi yang harus kamu persiapkan sebelum menuju ke pelaminan. Eh, jangan sampai kamu malah parno untuk menikah ya!

Ikuti aja tips-tips di atas, semoga bisa membantu kamu!