Rute Bersepeda, Menyusuri Garis Imajiner Yogyakarta!

Posted on
Rute Bersepeda, Menyusuri Garis Imajiner Yogyakarta!

Rasanya kepengen banget deh kayak Nadine Chandrawinata atau Hamish yang jalan-jalan sampai ujung timur Indonesia di My Trip My Adventure, bisa menjelajah ke Kepulauan Misool di Raja Ampat sana, mengelilingi indahnya banyak pulau di negeri kita tercinta ini.

So, ketika kita tak bisa menikmati keindahan yang jauh disana, dan jua memerlukan budget yang indah pula untuk menggapainya. Ada alternatif untuk kita nikmati sebagai penawar, dan pastinya hemat biaya jadi salah satunya alasannya, yaitu dengan memakai moda transportasi Sepeda.

Di Kota Jogja para pengguna sepeda cukup lumayan banyak bersanding dengan pengguna kendaraan bermotor lainnya. Nah, artikel ini akan menyajikan gaya travelling with low budget yang nggak kalah seru dengan petualangan ke Raja Ampat. Walau nggak punya bujet melimpah buat jalan-jalan, tetap bisa kok touring dengan naik sepeda!

Rute Bersepeda, jalur sepeda serpong, jalur sepeda km 0 sentul, jalur sepeda jpg serpong, jalur sepeda jatiasih, jalur sepeda tangerang, jalur sepeda bondol bekasi, jalur sepeda di jepang, jalur sepeda romod, trek sepeda bandung selatan, trek sepeda bandung timur, jalur sepeda tamiya bandung, jalur sepeda manglayang, komunitas sepeda gunung bandung, track sepeda cikole, sepedaan di bandung, gowes keliling jogja, ringroad jogja, komunitas sepeda jogja tempat nongkrongnya, wisata gowes jogja, event gowes jogja, komunitas sepeda lipat jogja, komunitas gowes jogja, rute gowes jogja
Rute Bersepeda via facebook.com

Ada banyak rute touring yang bisa ditempuh dengan sepeda. Salah satunya rute bersepeda di dalam kota. Buat anak kuliahan di Jogja cicipin yuk nyepeda sambil menelurusi jejak historis di Kota Pelajar ini. Siapin Go Pro sama sepeda dan rasakan sensasinya!

1. Tugu Jogja
Rute Bersepeda, jalur sepeda jogja, gowes keliling jogja, ringroad jogja, komunitas sepeda jogja tempat nongkrongnya, wisata gowes jogja, event gowes jogja, komunitas sepeda lipat jogja, komunitas gowes jogja, rute gowes jogja, tugu jogja yahudi, tugu jogja vector, sejarah tugu jogja, another tugu jogja, image tugu jogja, lokasi tugu jogja, tugu jogja disiram cat, tugu jogja wikipedia
Tugu Jogja

Mulai dari titik utara kota, Tugu berwarna putih ini dulu menjadi penanda kota Yogyakarta. Tugu Jogja yang kemudian menjadi ikon kota pelajar ini jadi tempat yang paling wajib didatangi para turis terutama malam hari karena pemandangannya ciamik buat jadi latar belakang foto. Tugu ini aslinya bernama Tugu Pal Putih. Sebelum berbentuk sekarang ini, dulu tugu ini hanya polos berwarna putih dan menjulang sampai 25 meter tinggi dengan bentuk silinder. Namun, pada tahun 1867 tugu ini roboh karena gempa bumi hebat yang terjadi saat itu. Setelah itu, pemerintah Hindia-Belanda membangun kembali dengan bentuk seperti yang kita kenal seperti saat ini yaitu berbentu segi empat.

Selain sebagai simbol kota, bagi masyarakat kuno dari Jogja menganggap Tugu sebagai simbol ke-esaan Tuhan. Tugu ini berdiri gagah di tengah jalan dengan latar belakang Gunung Merapi membuat pemandangan semakin bagus.

BACA JUGA:  35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

Sebagai titik permulaan rute, kita bisa bersepeda ke arah selatan melewati Jl. Pangeran Mangkubumi. Jangan lupa untuk ambil jalan yang aman di sebelah kiri atau kanan. Disepanjang jalan ini kalian juga bisa mampir untuk mencicipi es krim legendaris. Tip Top nama tokonya, yang berada tak begitu jauh dari Tugu loh!

2. Jalan Malioboro
Rute Bersepeda, jalur sepeda jogja, gowes keliling jogja, ringroad jogja, komunitas sepeda jogja tempat nongkrongnya, wisata gowes jogja, event gowes jogja, komunitas sepeda lipat jogja, komunitas gowes jogja, rute gowes jogja, kraton yogyakarta, keraton yogyakarta, things to do in malioboro, jl malioboro, jalan malioboro ditutup, panjang jalan malioboro, sejarah jalan malioboro, hotel di jalan malioboro
Jalan Malioboro via travelinghematnusantara.files.wordpress.com

Bersepeda ke selatan dari tugu, kita akan melalui Jalan Malioboro yang ramai. Kawasan Malioboro bisa dibilang sama seperti kawasan turis Asakusa di Jepang atau Insadong di Korea Selatan. Kawasan jalan Malioboro terkenal dengan tempat untuk mendapatkan berbagai souvenir khas Jogja yang bisa jadi oleh-oleh. Bangunan berarsitektur kolonial juga tampak di kawasan ini.

Jika dibagian utara kawasan Malioboro lebih banyak dipenuhi oleh toko-toko komersil, maka pemandangan berbeda bisa dilihat pada bagian selatan dari jalan Malioboro. Di kanan kiri kita bisa melihat Gedung Agung yang merupakan Istana Presiden, Pasar Beringharjo yang menjual berbagai barang kebutuhan rumah tangga hingga kerajinan unik dengan harga murah, serta Benteng Vredeburg yang sering menjadi lokasi untuk film FTV Indonesia.

Bangunan bersejarah di kawasan Malioboro ini tidak bisa dilewatkan donk. Mampir sejenak untuk datang ke museum sekedar mengambil gambar. Disekitar Benteng Vredeburg juga bisa ditemui berbagai instalasi seni karya seniman Jogja loh!

Karena kawasan ini cukup ramai didatangi oleh para turis, kamu perlu sedikit berhati-hati melewati wilayah ini. Tak perlu mengayuh sepeda terburu-buru karena keramaian Malioboro layak mendapatkan apresiasi untuk dinikmati. Jika lelah, bisa juga mampir di warung angkringan yang berada di depan Gedung DPRD. Nasi kucing dan es teh dengan harga murah meriah cukup untuk mengenyangkan perut lapar.

Ambil lajur di sebelah kanan untuk bersepeda. Rasakan sensasi bersepeda di antara deretan becak dan andong. Seru!

3. Pasar Sekaten Alun-alun Utara
Rute Bersepeda, jalur sepeda jogja, gowes keliling jogja, ringroad jogja, komunitas sepeda jogja tempat nongkrongnya, wisata gowes jogja, event gowes jogja, komunitas sepeda lipat jogja, komunitas gowes jogja, rute gowes jogja, jadwal sekaten solo 2015, jadwal sekaten jogja 2016, sekaten yogyakarta, pasar malam jogja 2016, pasar malam sekaten 2016, pasar malam sekaten jogja 2016
Pasar Sekaten di Alun-Alun Utara via jogjaprov.go.id

Bisa dibilang tempat ini merupakan halaman depan dari istana Kraton Yogyakarta. Tempat ini menjadi tempat berkumpulnya orang-orang sejak kraton didirikan. Di jamannya, alun-alun menjadi tempat pertemuan antara Sultan dan rakyat sehingga banyak acara kebudayaan digelar ditempat ini. Alun-alun utara biasa digunakan sebagai tempat Sholad Ied ketika lebaran hingga Pasar Malam Sekaten sebulan menjelang perayaan Maulid Nabi Muhammad. Nggak boleh ketinggalan deh kalo ada Pasar Malam Sekaten karena kita bisa berburu baju-baju impor dengan harga miring sambil menikmati berbagai wahana atraksi lokal!

BACA JUGA:  Antara Curug Bungawari, Curug Walet dan Cadas Gantung

Namun bila berkunjung saat tidak ada acara, masih banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di dekat alun-alun utara seperti Museum Sonobudoyo atau toko souvenir Dagadu yang menjual pernik khas anak muda Jogjakarta.

Next: 4. Kraton Yogyakarta

One thought on “Rute Bersepeda, Menyusuri Garis Imajiner Yogyakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *