10 Masjid Paling Indah dan Populer di Dunia

Posted on
10 Masjid Paling Indah dan Populer di Dunia

Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mas-jid n rumah atau bangunan tempat bersembahyang orang Islam: setiap Jumat dilakukan salat bersama di –;

agung masjid besar dengan bangunan megah dan luas dan dapat menampung ratusan jemaah;
jami masjid utama (untuk salat beramai-ramai pada hari Jumat, dsb.);

per-mas-jid-an adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan masjid; satu lembaga yang menangani masalah -adalah Kementrian Agama.

Sebagai penduduk di negara yang mayoritas muslim, siapa yang tidak mengenal masjid?

Bagi muslim, masjid adalah tempat yang suci. Tempat ini selalu dimanfaatkan untuk beribadah, baik secara individu maupun berjamaah. Masjid juga kerap menjadi tempat untuk bermusyawarah atau menghelat suatu acara keislaman.

Eksistensi masjid menjadi salah-satu bukti bagaimana indah dan majunya arsitektur Islam. Lebih lagi, kita bisa menjumpai banyaknya masjid yang elok dan mengagumkan di dunia ini. Tak hanya di daerah Arab, melainkan sampai ke Afrika dan Eropa juga. Keberadaannya yang tersebar itu tentu menandakan bagaimana jayanya penyebaran Islam.

Di beberapa negara, terdapat masjid-masjid yang kesohor karena keindahannya, eksterior dan interiornya begitu mengesankan. Tentu menjadi keberuntungan tersendiri, khususnya bagi penganut Islam, jika bisa sampai mengunjunginya.

Nah, di mana saja 10 masjid paling indah di dunia yang dimaksud? mari kita simak, jom!

1. Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi
Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjidil haram terkini, imam masjidil haram ditangkap, masjidil haram 2020, masjidil haram bercahaya, masjidil haram live camera, sejarah masjidil haram, masjidil haram live, daftar imam masjidil haram
gambar via imgur.com

Masjidil Haram adalah masjid pertama yang dibangun di dunia. Masjid ini termasuk yang paling besar di dunia. Luasnya mencapai 400.800 m2. Area outdoor dan indoornya bisa menampung sampai 4 juta jemaah. Bisa kita bayangkan bagaimana padatnya lokasi suci ini ketika musim haji tiba. Masjid ini termasuk salah-satu yang paling istimewa. Selain dimanfaatkan sebagai tempat untuk melaksanakan rukun Islam ke-5, di dalamnya terdapat bangunan yang begitu disucikan umat Islam, yakni Ka’bah.

2. Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi
Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid nabawi wallpaper, masjid nabawi history, masjid nabawi pictures inside, masjid nabawi live, masjid nabawi live tv, masjid nabawi raudhah, sejarah masjid nabawi, masjid nabawi history in urdu
gambar via al-jazirahonline.com

Julukan lain untuk masjid ini yaitu Masjid Rasul. Memang Rasulullah Muhammad SAW yang membangunnya. Masjid ini pun menjadi situs kedua yang begitu disucikan oleh umat Islam setelah Masjidil Haram. Begitu pun dengan pembangunan dan luasnya, yang mengekori masjid agung di Mekkah. Salah-satu yang menjadi pusat perhatian di masjid ini yaitu bagian pusatnya, yang biasa disebut “Green Dome” atau Kubah Hijau, sebagai tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Pada 1279 SM, sebuah kubah dibangun di atas makam beliau. Di akhir abad ke-15, kubah tersebut direnovasi berkali-kali. Termasuk pada tahun 1817. Lalu pada tahun 1837, kubahnya dicat berwarna hijau sampai sekarang pun terkenal sebagai Kubah Hijau.

BACA JUGA:  7 Tips Ketika Memberi atau Memilih Nama Bayi
3. Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina
Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid al aqsa history, dajjal, masjid al aqsa latest news, temple of solomon, masjid al aqsa yang sebenar, sejarah masjid al aqsa, misteri masjid al aqsa, masjid al aqsa video
gambar via alaqsaislamicacademy.com

Masjid Al Aqsha sering disebut juga sebagai Baitul Muqoddas. Yang ini menjadi situs ketiga yang paling disucikan umat Islam. Bagaimanapun, kaum muslim sangat yakin akan peristiwa Isra Miraj. Waktu itu Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa ini. Namun banyak yang keliru mengidentifikasi masjid ini, sehingga tertukar dengan Masjid Ash Shakrah atau “Dome of the Rock“. Sayang sekali, area sekitar masjid juga kerap menjadi pemicu konflik antara umat Muslim dengan Yahudi.

4. Masjid Hassan II, Moroko
Masjid Paling Indah di Dunia, Masjid Paling Populer, Masjid Terunik, Persyaratan Imam Masjid, pengertian masjid menurut para ahli, makalah tentang pengertian masjid, definisi masjid, contoh masjid, masjid darussalam, fungsi masjid, masjid wilayah, masjid negara, masjid clipart, wihara, klenteng, masjid terbesar di dunia, sejarah masjid, fungsi masjid pada zaman sekarang, masjid di maghribi, grand mosque hassan 2, mosque hassan 2, hassan 2nd mosque, hassan ii mosque facts, hassan ii mosque opening hours, hassan ii mosque tour, hassan mosque rabat
gambar via worldtraveland.wordpress.com

Lokasi masjid ini ada di Casablanca, Maroko. Masjid ini menjadi yang terbesar pertama di Maroko, dan terbesar ke-7 di dunia. Tinggi menaranya mencapai 210 meter. Pada tahun 1993, pembangunan Masjid Hassan II selesai. Di atasnya ada cahaya laser yang ditujukan langsung ke arah Mekkah. Pemandangannya begitu mengagumkan. Luas masjidnya bisa menampung sebanyak 105.000 jemaah. Di dalam sebanyak 25.000 orang dan 80.000 lainnya di area outdoor.

Next: 5. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, Brunei Darussalam

2 thoughts on “10 Masjid Paling Indah dan Populer di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *