Cara Mudah Membuat Password yang Kuat

Posted on

Password yang Kuat. Di jaman informasi saat ini, dimana orang yang menguasai informasi lebih cepat dan mampu berinteraksi terhadap informasi tersebut, maka dialah yang bisa disebut pemenangnya.

Kadang kita akan berpikir apakah Password (kata kunci) yang kita buat saat kita mendaftar atau masuk (log-in) pada sebuah situs web itu benar-benar aman? Aman dalam artian bahwa password yang kita buat itu tidak mudah ditebak oleh orang lain. Password menjadi salah satu aset kita yang paling berharga di jaman informasi sekarang ini.

Selain daripada username, password menjadi salah satu hal yang wajib kita isi ketika kita akan masuk di beberapa website, email atau jaringan sosial. Dan masih bisa kita nilai hal yang normal ketika kita membuat password selalu menggunakan tanggal lahir, nomor ponsel, nama seorang pahlawan, nama kota, nama orang tua dan bahkan tanggal jadian dengan seoraang kekasih atau tanggal pernikahan #LOL. Dan dalam beberapa kasus kita sering memilih kata kunci klasik seperti “123456” atau “password” untuk password yang kita buat, iya kan?

Cara Mudah Membuat Password yang Kuat, contoh kata sandi di facebook, contoh kata sandi 6 karakter, contoh kata sandi bbm, cara membuat kata sandi baru, contoh kata sandi akun google, cara membuat kata sandi facebook baru, cara membuat kata sandi facebook di hp, contoh kata sandi 8 karakter, cara membuat password facebook game show, password google gmail, password meaning definition , membuat password folder windows 7, membuat password di excel pdf dan winrar, cara membuat jamu obat kuat pria alami, membuat password di android
gambar via manageengine.com

Dalam metode dunia cyber saat ini para penjahat cyber lebih mudah untuk mendekripsi sebuah password dan akan lebih lebih mudah jika anda menggunakan password seperti ini “123456”, “654321” atau “password” sebagai password anda.

Saat ini banyak perusahaan seperti IBM, McAfee, State of the Net, dan perusahaan lain yang membuat studi tentang kerentanan sebuah password, beberapa contoh kesalahan saat membuat password sbb:

  • Sebuah huruf kapital diikuti dengan huruf kecil,
  • Sebuah huruf besar, huruf kecil dan tiga nomor,
  • Atau bahkan lebih buruk lagi, password kurang dari 8 digit dengan huruf kecil semua tanpa nomor.

Cara Mudah Membuat Password yang Kuat

Untuk password yang aman kita harus menggunakan karakter khusus (“# $% & / () = @ _-), menambahkan beberapa diantara karakter khusus tersebut pada password anda akan menjadi bagus (kuat) password anda.

Sekarang bagaimana kita bisa membuat password yang kuat dan aman? Dibawah ini beberapa tips untuk pembuatan password yang kuat dan aman:

  1. Harus memiliki minimal 8 karakter,
  2. Tidak berisi nama pengguna, nama asli, nama yang umum atau nama terkenal,
  3. Jangan mengambil seluruh kata,
  4. Harus berbeda dari password sebelumnya,
  5. Dan itu harus terdiri dari beberapa karakter yang berbeda, ini kategorinya:
    • Huruf Capital A, B, C
    • Huruf huruf kecil a, b, c
    • Nomor 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
    • Karakter khusus `~! @ # $% ^ & * () _ – + = {} [] | :; ” ‘<> ,. ? /
BACA JUGA:  Membuat dan Mengedit Video Menggunakan WONDERSHARE FILMORA

Untuk membuat password yang kuat, anda harus mengambil semua kombinasi karakter yang dituliskan di atasa. Namun sebagian besar dari anda mungkin mendapatkan suatu keraguan bagaimana cara membuatnya.

Lalu, bagaimana kita membuat password yang kuat seperti uraian di atas?

Anda dapat membuatnya dengan cara yang berbeda tentunya. Sebagai contoh, anda mengambil frase umum seperti “hari kemerdekaan“, anda dapat mengkonversinya menjadi H@r!k3merdek44N. Namun perlu diingat pengambilan frase tersebut adalah frase yang mengesankan bagi anda, sehingga anda tidak akan menemui masalah (lupa) setelah beberapa minggu password tersebut tidak digunakan.

Contoh lainnya adalah password melalui serangkaian kata-kata, seperti:
Frase: Adi seorang Penulis
Password: 4d!Seor@ngPenul15. Dan kita juga bisa membuatnya lebih kompleks menjadi: 4d!^S30r@ng_Penul!5

Ada beberapa metode lainnya yang juga sederhana dan efisien dalam membuat password yang kuat dan aman bagi anda.

  • Selalu ingat untuk memilih kata-kata acak yang selalu ada dalam pikiran anda seperti “tahu bulat“, “dimabuk cinta“, “mukidi adalah kita” hahaha…. Itu mungkin terdengar aneh tapi password seperti ini adalah password yang sulit untuk dibajak. Frase-frase seperti itu menjadi modal awal bagi kita dalam mebuat password yang kuat dan mudah di ingat 🙂 contah: “tahu bulat” -> “T@hu^3ul4T“. simple kan?
  • Hal terbaik lainnya yang saya sarankan adalah menggabungkan semua bahasa yang sering anda ucapkan dan membuat frase untuk yang menambahkan karakter khusus, angka, huruf kapital dan huruf kecil.

Oia, ada sebuah website menarik yang patut kita coba untuk memnentukan apakah password yang kita miliki itu apakah kuat dan aman ataukah tidak. Silahkan menujut tkp dimari untuk mencobanya: howsecureismypassword.net

Baca juga panduan infographic dari McAfee mengenai Password yang mudah dibajak dan sulit untuk dipecahkan (hackable/uncrackable)

One thought on “Cara Mudah Membuat Password yang Kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *