Pramuka Berkemah │Kriteria Tempat yang cocok untuk Perkemahan Pramuka

Posted on

wilSalam Pramuka !!

Wahai anak pramuka yang budiman, apa kabar semuanya??? Semoga semuanya dalam keadaan baik baik saja ya Aamiin… maaf nih penulis udah lama tidak membagikan artikelnya di WEB kesayangan anda semua. Oh ya biasanya setiap tahun anak anak pramuka baik SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA,  baik tingkat Mandiri, Ranting, Cabang, Daerah sampai Nasional suka mengadakan kegiatan Perkemahan, Baik Perkemahan Bhakti, Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan, Jambore dan lain sebagainya, naah kali ini penulis mau membagikan beberapa kriteria tempat yang cocok untuk perkemahan anak Pramuka.. semoga bermanfaaat…!!

 

Yang Pertama Cari Tempat/Lapangan yang Luas

Biasanya untuk anak pramuka itu membutuhkan tempat atau lapangan yang luas untuk dipakai perkemahan, karena tenda yang di gunakan cukup banyak yaitu 10 – 50 tenda. Untuk itu carilah  lapangan yang luas didaerah anda. Contohnya : Lapangan Sepak Bola, Areal Rekreasi, Bukit,  atau tempat yang sudah khusus digunakan untuk berkemah. Anda tinggal memprediksi seberapa banyak lahan yang  akan digunakan dengan jumlah peserta yang akan ikut.

 

Yang Ke-2 adanya sarana MCK dan Sumber Air yang memadai

whatsapp-image-2016-10-03-at-10-47-54

Adik – adik dan Kakak Kakak semuanya, inilah yang perlu diperhatikan, MCK dan sumber air ditempat perkemahan haruslah tersedia dengan cukup, apalagi peserta perkemahan yang banyak pasti memerlukan Air yang banyak pula,baik untuk mandi, cuci, Buang air sampai untuk  masak. Itu semua harus terpenuhi. Anda bisa mencarinya didaerah anda misalnya dekat dengan sungai yang tidak terlalu deras, pegunungan, sumber mata air, atau tempat yang sudah tersedia MCK nya..

 

Selanjutnya yang ke-3, harus terjangkau oleh Transportasi/kendaraan

jalan-kalsel-aman

Naah… selanjutnya ini kawan-kawan, tempat yang akan kita pakai untuk berkemah harus mudah dijangkau oleh Kendaraan/Transportasi, apalagi kalo kemah Mandiri dari sekolah pasti membutuhkan kendaraan banyak dan besar, contoh Truk.. naah ini membutuhkan jalan untuk menuju lokasi, jadi diharapkan tempat kemagnya haruslah yang mudah dijangkau. Apalagi apabila ktia kekurangan sesuatu, misalkan mau beli air mineral, kekurangan bahan bakar, butuh kesehatan, belanaja untuk masak dan lain sebagainya pasti membutuhkan kendaraan. Kecuali adik adik semua mau jalan kaki..hehehe…

BACA JUGA:  BBM Broadcast dan Dosa Virtual

 

Yang ke – 4, adanya Sarana Kesehatan/Puskemas/Rumah Sakit

41_20150429055840

Setiap perkemahan suka terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti ada  yang terluka, tergigit binatang buas, jatuh, terpleset dan lain sebagainya. Naah hal yang seperti itu tidak cukup oleh Pertolongan Pertama saja, biasanya kalau dalam kondisi darurat kita membutuhkan dokter atau rumah sakit. Yaa walau kita sudah dibekali tentang Pertolongan Pertama, namun hal hal yang sifatnya kesehatan, mending kita serahkan kepada yang ahlinya, supaya kita tenang dan aman. Untuk itu jangan jauh jauh dari sarana kesehatan dech…. Itu si Cuma saran..:)

 

Yang Ke – 5, Tingkat Keamanan haruslah diperhatikan…

Awas nih, bagi anda sebagai panitia perkemahan, harus lah cari tempat yang seaman mungkin, aman dari orang jahat, aman dari bencana, longsor, banjir, gangguan binatang… juga 1 lagi, gangguan jin.. hehe..:).  Ditambah selama kegiatan perkemahan kita juga harus menjaga ketertiban antar sesame peserta serta menugaskan petugas keamanan.. hehe untuk jaga jaga…

 

Yang ke -6, jangan terlalu jauh dari fasilitas umum

Penulis pernah berkemah, nah selama berkemah itu cuacanya kurang mendukung, Hujaaan aja… emang si hujan adalah rizki dan keberkahan, kita gak boleh nyerah. Tapi emang kalo hujan terus gak seru juga. Nah untuk itu jangan jauh jauh dari fasilitas umum,  seperti : Balai desa, Gedung Kesenian, Gedung serba guna. Ya minimal kalau hujan bisa untuk dipakai berteduh. Aman kan,,,??

 

Yang ke-7, Harus dekat dengan masyarakat

Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia, coba Dasa Dharma Point berapa???  Silahkan adik-adik tebak sendiri. Maksud penulis adalah kalau kita dekat dengan masyarakat kita bisa berbagi dengan masyarakat, seperti program bhakti kebersihan jalan, tempat ibadah atau juga program bagi bagi sembako bagi warga sekitar yang kurang mampu. Nah itu kan bisa menjadi nilai plus bagi anda sebagai Anggota Pramuka…( jangan lupa harus Ikhlas) J

 

Yang terakhir….  Dadaaaahhhh…

Sudah ya.. mungkin itu saja yang bisa penulis bagikan buat para pembaca yang budiman, semoga bermanfaat…

BACA JUGA:  Cara Mempercepat Koneksi Internet di Komputer/Handphone yang Terbukti Ampuh!

 

Salam Pramuka…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *