Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016, Pemuda Indonesia harus bangkit Menatap Dunia

Posted on

sumpah-pemuda-copy

Disanguan.com I Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah hari yang harus dimaknai dengan baik, khususnya para pemuda Indonesia. pada tahun ini kita peringati sumpah pemuda ke 88 tahun 2016. pada tanggal 28 Oktober 1928 adalah hari yang bersejarah untuk kita semua, disanalah peran pemuda Indonesia ditunjukan sebagai wujud bakti dan cinta kepada bangsa, Bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda adalah momen penting bagi perubahan bangsa Indonesia. Generasi muda saat itu menjadi pelopor persatuan nasional dalam simbol tanah air, kebangsaan, dan bahasa persatuan melalui Sumpah Pemuda.

Sejarah bangsa ini selalu diwarnai oleh pemuda sebagai komponen utama. Pemuda memiliki semangat tinggi untuk melakukan perubahan. Energi positif itu terpancar ketika mereka melihat suatu kejanggalan pada bumi pertiwi. Pola pikir dan daya analisis yang tinggi terhadap masalah bangsa membuat mereka merasa terpanggil untuk melakukan percepatan perbaikan tanah air menuju ke arah yang lebih baik. Lalu, melihat realita sosial saat ini, apa yang bisa mereka lakukan?. Persaingan global yang semakin panas ditambah pesatnya perkembangan dunia teknologi membuat ekonomi kita semakin jauh tertinggal. Tayangan televisi yang tidak mendidik justru semakin marak disiarkan. Banyak generasi muda kita yang terjerumus ke dalam lembah kebodohan hanya karena tidak mampu memilah tayangan yang pantas ditonton.

Dengan demikian kita sebagai pemuda, marilah kita senantiasa selalu berfikir maju kedepan menatap dunia dengan kualitas diri dalam rangka memenangi “ pertarungan” masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. hal yang mungkin kita harapakan dan wujudkan adalah diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional. hal itulah yang harus kita lakukan untuk mengimplementasikannya. komitmen ini harus berpedoman pada nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan serta Keimanan melalui sebuah manifestasi sikap pemuda Indonesia untuk mengisi serta menjawab berbagai peluang dan tantangan bangsa Indonesia saat ini dan yang akan datang. Pada perspektif yang sama, Undang-Undang juga menggaris bawahi peran pemerintah/masyarakat dalam pelayanan kepemudaan untukmenciptakan Pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

BACA JUGA:  Arti Kedutan Pada Bagian Tubuh Kita ...

sumpoah-pemuda

Berikut Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928 :

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

ada beberapa harapan masyarakat Indonesia terhadap Pemuda Indonesia untuk senantiasa diwujudkan dalam kehidupan berbangsanya yaitu Melalui semangat Pemuda adalah implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda dan Undang-Undang Kepemudaan, Pemuda juga menginspirasi semangat sumpah pemuda, memperkuat karakter pemuda Indonesia yang mampu menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Membangkitkan Indonesia dalam memantapkan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Dengan menatap menumbuhkembangkan Pribadi berkarakter, berkapasitas, keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Membangun Dunia karakter kepemimpinan pemuda yang peduli dan profesional, Mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinnekaan, Memacu pemuda sebagai pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sukseskan HSP ke-88 tahun 2016 sebagai tahun kebangkitan ekonomi pemuda, Melalui semangat sumpah pemuda kita perkokoh persatuan bangsa untuk mensukseskan pembangunan pemuda yang berkelanjutan, Melalui sumpah pemuda kita wujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional, Tingkatkan solidaritas, integritas dan profesionalitas pemuda menuju bangsa yang sejahtera dan negara yang bermartabat.

Itulah harapan kita semua, harapan bangsa Indonesia, karena Bangsa yang kuat tergantug dari pemuda-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *