35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

Posted on

35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

Kabupaten Kuningan memang tak henti-henti mempromisikan diri sebagai kabupaten Wisata, karena dilihat dari letak geografis nya kuningan menjadi salahsatu tempat yang asri, dan strategis menjadi kabupaten wisata karena kuningan di kelilingi oleh daeerah yang menjadi daerah industri seperti cirebon dan majalengka serta indramayu. selain itu juga kuningan menjadi salah satu jendela dunia yang akhir akhir ini telah melaksanakan even Internasional yang membanggakan warganya. sehingga kamipun ingin berkontribusi untuk tujuan tersebut salahsatunya memperkenalkan Tempat-Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia berikut ini.

35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

1. Obyek Wisata Palutungan Kuningan

Ini dia Obyek Wisata Palutungan Palutungan ini Terletak di kaki Gunung Ciremai dimana gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Obyek wisata Palutungan mampu memberi sensasi tersendiri. Ditempat ini kita bisa menikmati suasana alam yang sangat khas dengan adanya pegunungan, antara kesejukan udara, jejeran pohon pinus merkusi, dan kicau burung yang hinggap di dahan pepohonan itu merupakan perpaduan yang sangat indah. Semuanya bisa membuat pikiran segar kembali. Berlokasi di Kampung Malaraman, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Palutungan relatif mudah untuk dijangkau.

2. Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan merupakan tempat yang sangat favorit bagi warga kuningan, selain karena taman tersebut karena berada di jantung kota kuningan juga karena di taman tersebut sangat unik dengan adanya monumen kuda jengke yang  menambah keindahan taman ini.

3.Ketiga Taman Cirendang

Lahan yang sebelumnya terminal, kini disulap menjadi taman dengan keindahan lingkungan alam tersendiri. Pasalnya, taman yang belum genap dua bulan selesai, kini menjadi lokasi persinggahan bagi masyarakat daerah maupun luar daerah.

4. Talaga Remis

Telaga Remis adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, Kuningan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan. Nama danau ini diambil dari binatang remis, sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut.
Terdapat 8 telaga yaitu : Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda. Objek Wisata Telaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan diantaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang.menjadi obyek wisata budaya yang cukup terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

BACA JUGA:  Panembongan Di Tembong, Alam Endahna Katembong.

Talaga Remis merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air talaga yang jernih, bening laksana kaca didukung udara pergunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan. Fasilitas yang tersedia adalah perahu motor, sepeda air, saung dan jalan setapak. Ditempat ini dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia.

5. Talaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem berada di Pesawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Telaga Nilem atau telaga nilam masih sejalan dengan telaga remis, namun tidak jauh dari pintu masuk retribusi (karcis) kawasan wisata ini bisa diartikan lokasinya sebelum telaga remis. Telaga Nilem adalah salah satu mata air atau kolam alami yang berada di wilayah kabupaten Kuningan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Air yang jernih dan sekitarnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Dingin sekali karena masih wilayah pegunungan tepatnya masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Dasar telaga (danau) ini adalah bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut. Telaga Nilem masih boleh untuk dibuat renang, sedangkan beberapa telaga lain kebanyakan tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat. Telaga nilem terdapat 2 kolam yaitu dangkal dan dalam. Dangkal sekitar 0-1,2 m, sedangkan yang dalam 0-4 m. Di dalam kawasan ini hanya ada 1 warung yang jualan makanan dan minuman namun tidak disediakan WC/kamar mandi. WC/kamar madi masih bisa menumpang di warung/ rumah penduduk di luar atau dekat parkiran kawasan wisata ini. Air yang segar dan udara sejuk dari rimbunan pepohonan di sekeliling telaga ini bisa membuat pikiran tenang dan damai

6. Curug Sidomba

Curug Sidomba termasuk salah satu air terjun unik, simple, dan cocok dinikmati untuk liburan bersama keluarga atau teman. Awal mula curug ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan yang sedang mendaki gunung menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai dan mereka menemukan curug tersebut.

Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 meter. Curug ini merupakan salah satu curug buatan di sungai yang jalurnya tepat mengalir di daerah ini, airnya cukup jernih, dingin dan segar bersumber dari mata air gunung Ciremai, sungai Curug Sidomba dibendung dan terdapat berbagai macam ikan, seperti ikan mas, dan ikan ‘Kancra Bodas.

7. Curug Bangkong

Curug Bangkong memiliki ketinggian 23 meter dengan lebar sekitar 3 meter.  Daya tarik utama Curug ini terletak bila musim hujan tiba, dimana debit airnya akan membesar, menciptakan air terjun yang terbelah menjadi dua.

BACA JUGA:  Cadas Gantung dan Curug Walet "Anu Endah Kacida"

Di depan curug ini terdapat kolam yang cukup luas tempat menampung sementara debit air yang jatuh.  Kolam ini cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang dan berendam.

Selain di balik keindahan fenomena di atas, ternyata ada hal yang lain berupa cerita-cerita dari ‘dunia lain’ yang selalu mewarnai keberadaannya.  Kabarnya, banyak pengunjung datang ke curug ini tak sekedar melancong, tapi untuk tujuan lain, seperti mencari berkah dan berburu kesaktian.

Lokasinyaa adalah Terletak di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat.

8. Curug Ngelay

Curug Ngelay yang berlokasi di Desa Bagawat, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan masih alami dan belum dikelola dengan baik oleh desa atau Pemerintah Kabupaten Kuningan, padahal potensi yang dimilikinya sangat besar meskipun letaknya cukup tersembunyi dan sulit dijangkau.

9. Linggar Jati Mantap

Taman Wisata Alam Linggarjati terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Di samping panorama alam yang indah Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki hawa yang sejuk dan segar. Tidak jauh dari lokasi TWA ini juga terdapat bangunan yang bernilai sejarah, yaitu gedung tempat berlangsungnya perjanjian Linggarjati antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Kegiatan wisata yang telah ada terdapat di luar kawasan perlindungan hutan dan pelestarian alam adalah Cibulan. Kegiatan Wisata alam yang dapat dilakukan antara lain menikmati keindahan alam, memancing, berenang dan lain-lain. Sarana pengunjung dan prasarana pengelolaan yang telah ada pada saat ini di antaranya adalah tempat penginapan (pesanggrahan), tempat parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, loket karcis, shelter, pos jaga, jalan setapak dan MCK.

Selanjutnya: 10. Waduk Darma

One thought on “35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *