35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

Kabupaten Kuningan memang tak henti-henti mempromisikan diri sebagai kabupaten Wisata, karena dilihat dari letak geografis nya kuningan menjadi salahsatu tempat yang asri, dan strategis menjadi kabupaten wisata karena kuningan di kelilingi oleh daeerah yang menjadi daerah industri seperti cirebon dan majalengka serta indramayu. selain itu juga kuningan menjadi salah satu jendela dunia yang akhir akhir ini telah melaksanakan even Internasional yang membanggakan warganya. sehingga kamipun ingin berkontribusi untuk tujuan tersebut salahsatunya memperkenalkan Tempat-Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia berikut ini.

35 Tempat Wisata Keren dan Indah Di Kuningan Jawa Barat yang bikin Bahagia

1. Obyek Wisata Palutungan Kuningan

Ini dia Obyek Wisata Palutungan Palutungan ini Terletak di kaki Gunung Ciremai dimana gunung ini adalah gunung tertinggi di Jawa Barat. Obyek wisata Palutungan mampu memberi sensasi tersendiri. Ditempat ini kita bisa menikmati suasana alam yang sangat khas dengan adanya pegunungan, antara kesejukan udara, jejeran pohon pinus merkusi, dan kicau burung yang hinggap di dahan pepohonan itu merupakan perpaduan yang sangat indah. Semuanya bisa membuat pikiran segar kembali. Berlokasi di Kampung Malaraman, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Palutungan relatif mudah untuk dijangkau.

2. Taman Kota Kuningan

Taman Kota Kuningan merupakan tempat yang sangat favorit bagi warga kuningan, selain karena taman tersebut karena berada di jantung kota kuningan juga karena di taman tersebut sangat unik dengan adanya monumen kuda jengke yang  menambah keindahan taman ini.

3.Ketiga Taman Cirendang

Lahan yang sebelumnya terminal, kini disulap menjadi taman dengan keindahan lingkungan alam tersendiri. Pasalnya, taman yang belum genap dua bulan selesai, kini menjadi lokasi persinggahan bagi masyarakat daerah maupun luar daerah.

4. Talaga Remis

Telaga Remis adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, Kuningan, berjarak ±37 km dari pusat kota Kuningan. Nama danau ini diambil dari binatang remis, sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga tersebut.

Terdapat 8 telaga yaitu : Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda. Objek Wisata Telaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan diantaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang.menjadi obyek wisata budaya yang cukup terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Talaga Remis merupakan perpaduan antara pesona alam pergunungan hutan serta air talaga yang jernih, bening laksana kaca didukung udara pergunungan yang sejuk menantang untuk berwana wisata menguak misteri hutan. Fasilitas yang tersedia adalah perahu motor, sepeda air, saung dan jalan setapak. Ditempat ini dapat pula bersantai dan menikmati jajanan yang tersedia.

5. Talaga Nilem Kuningan

Telaga Nilem berada di Pesawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Telaga Nilem atau telaga nilam masih sejalan dengan telaga remis, namun tidak jauh dari pintu masuk retribusi (karcis) kawasan wisata ini bisa diartikan lokasinya sebelum telaga remis. Telaga Nilem adalah salah satu mata air atau kolam alami yang berada di wilayah kabupaten Kuningan di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Air yang jernih dan sekitarnya hutan yang rimbun membuat lokasi wisata ini sangat asri. Kondisinya sepi dan tidak terlalu ramai. Dingin sekali karena masih wilayah pegunungan tepatnya masuk di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Dasar telaga (danau) ini adalah bebatuan dan kerikil yang banyak ditumbuhi ganggang dan lumut. Telaga Nilem masih boleh untuk dibuat renang, sedangkan beberapa telaga lain kebanyakan tidak diijinkan oleh pengelola dan pemuka adat setempat. Telaga nilem terdapat 2 kolam yaitu dangkal dan dalam. Dangkal sekitar 0-1,2 m, sedangkan yang dalam 0-4 m. Di dalam kawasan ini hanya ada 1 warung yang jualan makanan dan minuman namun tidak disediakan WC/kamar mandi. WC/kamar madi masih bisa menumpang di warung/ rumah penduduk di luar atau dekat parkiran kawasan wisata ini. Air yang segar dan udara sejuk dari rimbunan pepohonan di sekeliling telaga ini bisa membuat pikiran tenang dan damai

6. Curug Sidomba

Curug Sidomba termasuk salah satu air terjun unik, simple, dan cocok dinikmati untuk liburan bersama keluarga atau teman. Awal mula curug ini ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2002 oleh beberapa siswa SMP Islam Terpadu Umar Sjarifudin (ITUS) Kuningan yang sedang mendaki gunung menyusuri sungai di lereng Gunung Ciremai dan mereka menemukan curug tersebut.

Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 meter. Curug ini merupakan salah satu curug buatan di sungai yang jalurnya tepat mengalir di daerah ini, airnya cukup jernih, dingin dan segar bersumber dari mata air gunung Ciremai, sungai Curug Sidomba dibendung dan terdapat berbagai macam ikan, seperti ikan mas, dan ikan ‘Kancra Bodas.

7. Curug Bangkong

Curug Bangkong memiliki ketinggian 23 meter dengan lebar sekitar 3 meter.  Daya tarik utama Curug ini terletak bila musim hujan tiba, dimana debit airnya akan membesar, menciptakan air terjun yang terbelah menjadi dua.

Di depan curug ini terdapat kolam yang cukup luas tempat menampung sementara debit air yang jatuh.  Kolam ini cukup dalam dan dapat digunakan untuk berenang dan berendam.

Selain di balik keindahan fenomena di atas, ternyata ada hal yang lain berupa cerita-cerita dari ‘dunia lain’ yang selalu mewarnai keberadaannya.  Kabarnya, banyak pengunjung datang ke curug ini tak sekedar melancong, tapi untuk tujuan lain, seperti mencari berkah dan berburu kesaktian.

Lokasinyaa adalah Terletak di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat.

8. Curug Ngelay

Curug Ngelay yang berlokasi di Desa Bagawat, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan masih alami dan belum dikelola dengan baik oleh desa atau Pemerintah Kabupaten Kuningan, padahal potensi yang dimilikinya sangat besar meskipun letaknya cukup tersembunyi dan sulit dijangkau.

9. Linggar Jati Mantap

Taman Wisata Alam Linggarjati terletak di Desa Linggarjati Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Di samping panorama alam yang indah Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki hawa yang sejuk dan segar. Tidak jauh dari lokasi TWA ini juga terdapat bangunan yang bernilai sejarah, yaitu gedung tempat berlangsungnya perjanjian Linggarjati antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Belanda yang mempunyai daya tarik tersendiri.

Kegiatan wisata yang telah ada terdapat di luar kawasan perlindungan hutan dan pelestarian alam adalah Cibulan. Kegiatan Wisata alam yang dapat dilakukan antara lain menikmati keindahan alam, memancing, berenang dan lain-lain. Sarana pengunjung dan prasarana pengelolaan yang telah ada pada saat ini di antaranya adalah tempat penginapan (pesanggrahan), tempat parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, loket karcis, shelter, pos jaga, jalan setapak dan MCK.

10. Waduk Darma

Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon

BACA JUGA:  TEBING BULIGIR KUTAKEMBARAN, POTENSI WISATA BARU KUNINGAN JAWA BARAT

11. Cibulan

Objek wisata Cibulan merupakan salah satu objek wisata tertua di Kuningan. Begitu tiba di pemandian Cibulan, mata kita langsung disejukkan dengan jajaran pohon besar yang meneduhi lahan parkir. Untuk masuk ke dalam tempat wisata seluas lima hektar ini, pengunjung hanya membayar tiket Rp 15.000 saja. Di dalam, terdapat dua buah kolam berbentuk persegi panjang berisi air pegunungan yang bening dan sejuk. Dalam kolam kita bisa melihat puluhan ikan kancra bodas (Labeobarbus dournesis) berenang-renang kian kemari.

12. Open Space Galey Kuningan

Open Space Gallery (OSG) Linggarjati, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, kini punya penghuni baru .yaitu lima ekor rusa tutul kiriman dari Istana Bogor.

Kelima rusa tersebut menempati kandang besi berukuran cukup besar di sebelah utara OSG tak jauh dari kafetaria. Menurut Plt UPTD Pengelola Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kuningan Didin Awaludin, kehadiran rusa tutul tersebut merupakan hasil hibah dari Kebun Raya Bogor sekitar dua minggu yang lalu.

13. Sangkan Hurip

Sangkanhurip adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Sangkanhurip merupakan sebuah kawasan pemandian air panas yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cilimus, berjarak ±14 km dari pusat kota Kuningan. Sangkanhurip menawarkan sensasi air panas alami yang kaya akan sulfur berasal dari gunung Ceremai. Air panas Sangkanhurip bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan menyembuhkan berbagi macam penyakit kulit. Fasilitas yang tersedia adalah kolam renang dan bilik-bilik pemandian pribadi. Wahana wisata ini dapat

14. Lembah Cilengkrang

Cilengkrang merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Kuningan. Di kenal sebagai lembah dengan keindahan alamnya, menjadikan lokasi lembah ini banyak di gunakan untuk berwisata. Di mana ada 3 lokasi air terjun yang di utamakan sebagai tempat istimewa untuk di singgihangi, di antaranya Curug Sabuk,Kopi Gede dan Curug Sawer.

Masing-masing lokasi memiliki tingkat kesulitan untuk di lalui. Contohnya dari area lokasi menuju Curug Sawer dengan ketinggian 75 meter yang berada di kawasan hutan lindung , di mana anda harus tampil fres dan kuat mental, karna beberapa lokasi ekstrim seperti sungai yang harus di lalui karna sepanjang jalur sungi tersebut amat licin. Dari masing-masing lokasi, terdapat tempat pemandian air panas alami yang cocok bagi anda yang ingin berendam. Selain itu lokasi Curug kopi menjadikan lokasi yang tenang untuk bersantai dan beristirahat.

15. Kebon Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan resmi diluncurkan, Rabu (25/11). Peluncuran tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen bersama Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon serta peninjauan seluruh area Kebun Raya Kuningan.

Ini merupakan kebun raya ketiga yang sudah diluncurkan di Indonesia. Menariknya, Kebun Raya Kuningan juga dinilai sebagai kebun raya terunik di Indonesia karena memiliki tematik bebatuan. Sementara dalam prasasti Ketua LIPI tertulis “Kebun Raya Kuningan Bagian dari Benteng Penyelamatan Keanekaragaman Hayati”, sedangkan dalam prasasti Bupati Kuningan tertulis “Kebun Raya Kuningan sebagai Perwujudan Kabupaten Konservasi”.

16. Balong Kramat Ciugugur

Balong kramat cigugur adalah objek wisata di Kabupaten Kuningan merupakan habitat ikan langka yang disebut Kancra Bodas (Labaebarbus Dournensis) yang mana ikan ini jarang dijumpai di daerah lain yang oleh masyarakat sekitar keramatkan dan disebut Masyarakat Kabupaten Kuningan memiliki mitos ikan dewa yang terdapat di Masyarakat Kabupaten Kuningan memiliki mitos ikan dewa yang terdapat di Balong Keramat di Kec Cigugur, Darmaloka, Desa Ragawacana Kec. Kramatmulya. Desa Sidamulya dan Manis Kidul Kec Jalaksana serta di Kec Pasawahan. dan Ikan dewa oleh masyarakat sekitar tidak pernah diganggu. Apalagi dipancing untuk dikonsumsi.

17. Darma Loka

Balong Keramat Darmaloka Kuningan kami kunjungi beberapa waktu lalu, hanya beberapa saat setelah meninggalkan lokasi Waduk Darma. Balong Keramat Darmaloka tampak sudah agak sepi ketika kami tiba tiba di sana, mungkin karena saat itu hari sudah mulai beranjak agak sore.

Balong Keramat Darmaloka Kuningan ada di Desa dan Kecamatan Darma, beberapa meter dari tepian jalan yang kabupaten Cirebon – Kuningan – Ciamis, masuk melalui belokan tajam dan jalan curam. Jarak dari Waduk ke Balon Keramat Darmaloka sangat dekat, hanya 1 km.

Di tempat wisata ini terdapat tiga buah mata air. Ketiga mata air itu masing-masing memiliki nama sendiri, yaitu Balong Beunteur, Balong Cibinuang dan Balong Cilengkeng, yang kesemuanya berasal dari Situ Sanghiang Telaga. Mungkin karena tempat ini diapit oleh perbukitan dengan pepohonan yang rimbun.

18. Taman Salsabila

Selain menyajikan tempat outbond menyenangkan, Salsabila yang merupakan objek wisata di Jalan Panawuan nomor 2 Desa Panawuan, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, semakin memanjakan para pengunjung dengan fasilitas barunya, yakni waterboom.

Dilengkapi dengan seluncuran dan dua buah kolam yang aman bagi anak-anak, diyakini akan mampu membuat betah pengunjung. “Kolam ini masing-masing dalamnya 90 cm dan 60 cm,” ucap Rian sang pengelola Salsabila.

19. Desa Sitonjul

Wisata ini merupakan Community Base Tourism, yaitu pariwisata yang didasari pada kehidupan sosial budaya masyarakat sebagai basis daya tariknya disertai dengan keaslian dan kelokalan alam pedesaannya. Sitonjul merupakan akronim dari nama dusun yang dilalui oleh rute Village Walk yaitu Dusun Simenyan Kidul dan Munjul Kaler.

Wisata daerah Sitonjul Sangkanurip, dengan berjalan kaki sepanjang ± 4 km menyusuri alam perdesaan dimulai dari Dusun Simenyan Kidul, Hutan Rakyat, Makam Umum, Tegalan dan Pesawahan, Bulak Jati, Dusun Tonjong, Pesawahan, Tanggul Irigasi, Bendung Katiga diakhiri di Dusun Munjul Kaler.

Selama perjalanan tersebut kita akan disuguhi pesona:

  • Suasana kehidupan perdesaan bebas kesibukan
  • Keanekaragaman hayati
  • Rona bentang alam yang indah
  • Suara air yang mendesir
  • Putihnya air terjun Bendung Katiga
  • Udara sejuk segar bebas polusi
  • Kegiatan petani
  • Menyeberang sungai dan atau mandi
  • Sight seeing

20. Sanggariang

Tempat rekreasi olah raga yang berada di tengah Kota Kuningan tepatnya di jalur jalan Siliwangi No.75 Kelurahan Kuningan, Kecamatan Kuningan. Sanggariang mempunyai fasilitas kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak dan balita juga dapat digunkan sebagai media latihan para atlit renang daerah, Selain fasilitas olahraga, Sanggariang mempunyai gedung untuk kegiatan olahraga bulu tangkis, kegiatan seminar, festival kesenian, resepsi pernikahan/sunatan atau kegiatan nice lainnya. Fasilitas yang ada seperti parkir yang cukup, toilet, mushola, ruang ganti pakaian yang memadai, gazebo, kios jajanan dan oleh-oleh khas Kuningan, juga peralatan lain untuk keperluan resepsi.

21. Air Panas Subang

Objek Wisata Cipanas Desa Subang Kabupaten Kuningan dari tahun ke tahun semakin diminati oleh pengunjung, baik dari sekitar Desa Subang, Kabupaten kuningan, bahkan kini semakin banyak pula pengunjung dari luar Kabupaten Kuningan yang datang.

Hal ini bisa kita lihat dari jumlah pengunjung yang datang pada Libur Idul Fitri 2016 kemarin, yang menunjukan grafik peningkatan pengunjung.

22. Bukit Lambosir

Pertama kali mendengar kata Lambosir, bayangan saya langsung tertuju pada kawasan timur Indonesia yaitu NTT, NTB, Maluku dan sekitarya. Namun dugaan saya ternyata keliru. Lambosir merupakan sebuah kawasan bukit di lereng Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan, Jawa barat. Nama Lambosir berasal dari nama daging bagian dalam yang memiliki rasa paling enak. Menurut pengelola dari objek wisata tersebut, Masyarakat menamai dengan kata Lambosir karena harapan akan lingkungan yang enak dan tenteram untuk ditinggali.

BACA JUGA:  Rute Bersepeda, Menyusuri Garis Imajiner Yogyakarta!

Objek wisata alam tersebut masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang terletak di Blok Lambosir, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Setelah dibuka untuk Umum 8 Bulan yang lalu, objek wisata yang terbilang masih baru ini menjadi destinasi wisata bagi warga sekitar Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Menurut pengelola, sejak 2 bulan terakhir banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah di wilayah 3 Cirebon yang penasaran dengan pemandangan alam dari atas bukit Lambosir.

23. Cadas Gantung

Salah satunya adalah lokasi bernama Cadas Gantung yang berada di desa Citundun, Kecamatan Ciwaru, Kuningan, Jawa Barat. Perjalanan panjang menyusuri bagian timur Kabupaten Kuningan memberi pengalaman yang sangat luar biasa.

kawasan ini merupakan terbilang jarang dikunjungi wisatawan. Belakangan, tempat ini mulai ramai dikunjungi lantaran kekuatan sosial media mengeksplorasi tempat yang indah dan sejuk ini.

24. The Mountain Kuningan

Kawasan obyek wisata ini terlatak di di Jalan Raya Cirendang, Gunungkeling, Cigugur, Kabupaten Kuningan. Di tempat wisata ini terdapat lebih dari sepuluh wahana permainan dan beberapa fasilitas wisata unggulan lainnya.

Kehadiran The Mountain Recration Park sebagai kawasan wisata yang terintregrasi dan dipadukan dengan alam. Obyek wisata di Kabupaten Kuningan ini lebih ke konsep one stop shopping. Di tempat wisata air ini, setiap pengunjung yang masuk ke obyek wisata ini, akan mendapatkan semua fasilitas wisata.

25. Goa Maria

Wisata Gua Maria di Desa Cisantana Kabupaten Kuningan, Jawa Barat adalah salah aset wisata religi bagi umat Katolik setempat. Terletak disebuah bukit alam pegunungan menjadikan lokasi ini ramai di kunjungi para peziarah dan pelancong. Wisata Gua Maria Cisantana atau juga dikenal Gua Maria Sawer Rahmat terdapat di sebuah desa di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat bernama Desa Cisantana.

Cisantana terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Ciremai pada ketinggian lebih kurang 700 meter dari permukaan laut.

Daerah tersebut merupakan wilayah pertanian dengan suhu udara yang cukup dingin. Menurut catatan di Gereja Cisantana, umat Katolik di daerah ini berjumlah lebih kurang 1.200 orang yang sebagian besar hidup dari pertanian dan beternak sapi perah.

26. Situs Sanghiang Sagara Hiang

Sagarahiang adalah desa di kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan sagarahiang masuk dalam kategori wilayah agrowisata. Hal ini dikarenakan sagarahiang berada persis di kaki bukit penyangga Gunung Ciremai.

Nama sagarahiang itu terdiri dari dua kata yaitu sagara dan hiang. sagara artinya Laut dan Hiang di ambil dari kata hyang yang berasal dari bahasa hindu yang berarti dewa. Jadi arti dari sagarahiang itu sendiri adalah lautan dewa. Hal ini di perkuat dengan adanya bebeapa situs peninggalan penganut hindu yang berada di dalam wilayah desa sagarahiang. di antaranya adalah situs sanghyang dan situs lingga.

27. Situs Naga Desa Jabranti

Situs Batu Naga yang terdapat di ketinggian sekitar 1.340 meter di atas permukaan laut puncak Pegunungan Pojoktiga, persisnya berada di Desa Jabranti, Kecamatan Karangkancana, Kabupaten Kuningan atau seputar garis perbatasan wilayah Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Cilacap dan Brebes, Jawa Tengah, masih menyimpan misteri.

28. Situs Purbakala Cipati

Situs Cipari terdapat di kaki Gunung Ciremai di Kampung Cipari, Desa Cigugur Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Jaraknya sekitar empat kilometer dari Kota Kuningan.

Situs Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan megalitik di Kabupaten Kuningan. Situs ini diduga sebagai sebuah situs desa permukiman purbakala dengan karakateristik peninggalan bangunan megalitik, seperti kubur batu dan menhir.

29. Wisata Upacara Adat Serentaun

Seren Taun adalah upacara adat panen padi masyarakat Sunda yang dilakukan tiap tahun. Upacara ini berlangsung khidmat dan semarak di berbagai desa adat Sunda. Upacara adat sebagai syukuran masyarakat agraris ini diramaikan ribuan masyarakat sekitarnya, bahkan dari beberapa daerah di Jawa Barat dan mancanegara. Beberapa desa adat Sunda yang menggelar Seren Taun tiap tahun.

30. Taman Winduhaji

Taman wisata Winduhaji ini belum banyak orang mengetahuinya, sehingga belum sekenal taman kota atau taman kota kota yang lainya, tapi tamna winduhaji ini berada di desa winduhaji sebelah timur. tamn ini juga cukup keren dan sangat cocok bagi anda yang sedang galau untuk mengunjunginya.

31. Panembongan

lokasi tempat wisata bukit Panembongan yang semula bernama gunung bongkok ini diprakarsai oleh seorang anak muda yang bernama Bayu, melihat potensi alam daerahnya yang luar biasa itulah ia bersama karang taruna dan perhutani akhirnya menggarap Bukit Panembongan sebagai objek wisata baru di Kuningan, dan mulai di buka dan diperkenalkan sejak akhir Desember 2015 silam.

32. Paralayang

Bukit Cileuweung mulai dibuka dan dijadikan tempat start paralayang dan gantole di Kuningan sejak tahun 2013 dimana keberadaan wahana olahraga paralayang ini memang sudah diakui dan telah mendapat pengakuan standar olahraga nasional, hanya saja latihan terbang paralayang dan gantole di tempat tersebut sejauh ini memang masih cukup jarang dan belum banyak diketahui masyarakat sedangkan akses jalan menuju ke lokasi cukup jauh dengan kondisi jalan beraspal yang mengelupas dan berbatu. Khusus kendaraan roda dua, disediakan dar inisiatif warga setempat dengan melewati kebun hutan untuk memotong jalur ke kawasan Paralayang

33. Buper Pakembangan Dangder

Bumi Perkemahan Pakembangan (BUPER PAKEMBANGAN) adalah salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi bagi anda yang suka wisata, jalan-jalan, atau hanya sekedar bersantai mencari tempat yang sejuk, indah, nyaman dan dengan pemandangan yang Indah.

Sesuai dengan namanya, BUPER ini berada di Desa Pakembangan Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan Jawa Barat, sekitar 40 menit jika berjalan dari Pusat Kota kuningan dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil dengan kondisi jalan baik (beraspal).

34. Islamic Centre Kuningan

Masjid At-Taufik dan Islamic Center ini diresmikan tahun 2012 oleh Bupati Kuningan Utje Ch Suganda, dan menjadi langganan tempat diselenggaralannya bazar ataupun pameran tingkat kabupaten Kuningan. Komplek Islamic Center ini juga di jadikan pusat manasik Haji bagi para calon haji dari Kabupatem Kuningan serta menjadi tempat pemberangkatan dan kedatangan Jemaah Haji dari kabupaten tersebut. Untuk pelaksanaan ibadah haji, jemaah haji dari Kabupaten Kuningan akan menginap di asrama haji Bekasi sebelum keberangkatan ke tanah suci.

35. Tebing Buligir Kutakembaran

Tebing Buligir berada di Desa Kutakembaran Kecamatan garawangi Kabuapten Kuningan Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di kampung Kopocondong sebelah selatan dari kecamatan garawangi.

Pemandangan yang indah dan menawan tentunya akan disajikan oleh Tebing Buligir. Jika diatas tebing, kita akan disuguhkan pemandangan yang tidak biasa, kita bisa melihat sejauh mata memandang, kita bisa melihat beberapa desa, seperti Buah Jenuk, Parakan, Cikahuripan ataupun Desa Kutakembaran itu sendiri, bahkan sebagian desa yang berada di kecamatan Maleber.

Berikut di atas adalah beberapa tempat wisata yang keren di Kuningan Jawa Barat yang harus anda jadikan rencana kunjungan anda.