Makna “Jomblo Sampai Halal” dan Tips untuk meraih Predikat “Jomblo Sampai Halal”

Jomblo Mulia dan Bermartabat

Zaman ini lagi zamannya orang bilang “Jomblo sampai Halal”  Right ? banyak orang berkata hal itu, khususnya para kaum muda yang telah merajalela. Kami berpikir kata tersebut sungguh luar biasa amat bagus, namun tidaklah elok apabila kita tidak memahami hal itu dan malah berbuat hal yang jauh diluar kalimat tersebut. Lalu, apa anda udah paham arti dari istilah tersebut? Kalau udah, syukurlah, saya gak usah repot-repot ngejelasinnya. Tapi kalau belum, dengan senang hati kami akan mencoba sedikit menjelaskan pada anda supaya agak paham. Paling enggak dari sudut pandang kami ini.

Adannya hukum halal-haram pasti sangat akrab dalam agama Islam. Halal bisa diartikan baik atau boleh dilakukan. Sedangkan haram berarti sebaliknya. Tentu penilaian tersebut enggak sembarangan, ada hal-hal yang telah diperhitungkan dengan matang di balik itu semua.

Di dalam Islam, hubungan Pria dan wanita yang belum mempunyai hubungan yang resmi dalam ikatan pernikahan (pacaran) dapat dikatakan haram. karena hubungan tersebut terkandung  nilai-nilai yang menodai nilai Agama Islam itu sendiri. Contohnya, berpegangan tangan. Itu adalah hal yang biasa dan lumrah dalam berpacaran. namun dalam Islam itu adalah sesuatu yang dilarang.

Muncul lah pertanyaan dalam benak kita …. Mengapa? Ayo apa??

Hal itu mengakibatkan sesuatu yang kecil dan bisa merambat ke hal-hal yang lain. Syetan itu sangat lihai dalam dalam menyesatkan manusia siapapun orangnya bahkan orang beriman sekalipun. Yang mulanya berpegangan tangan, rayuan syetan membuat tangan itu pindah ke bagian lain. Biasanya ke bagian intim perempuan dll. Ajaib memang.

Yang lebih ajaib, pergerakannya gak cukup sampai di situ. Nantinya bakal ada kelakuan-kelakuan lain yang lebih parah. Dari sini kita bisa liat dengan jelas alasan mengapa Islam melarang hubungan yang belum halal. Gak perlu bawa-bawa dosa dulu, udah jelas hubungan ini merupakan tindakan yang sangat merugikan di dunia. Terlebih buat perempuan.

So… apa tuh maksudnya jomblo sampai halal? Mau tau? Mau tahu aja apa tahu banget ?

Nih begini pembaca yang budiman, istilah jomblo sampai halal itu bisa diartikan enggak berpasangan (Berpacaran) dulu sebelum menikah, tujuannya apa sih ??? tujuannya adalah demi menghindari hal-hal mengerikan. Lebih lebih kalu kalo sampe terjerumus kedalam kesesatan atau sampai masuk kedalam Zina. Hal itu sudah jauh jauh Allah ingatkan kepada umat manusia dalam (Al-Israa’: 32)

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.”

Itu adalah  ayat yang sering kita dengan tetapi terkadang kita meremehkannya bahkan tak peduli akan ayat-ayat NYa.

Terus, apa yang saya lakukan untuk memotivasi diri tidak berpacaran? Ini dia beberapa jurusnya, barangkali bisa bermanfaat untuk Sobat Nida semua:

  1. Berperang Dengan Nafsu Diri

Apabila Point ini berhasil, maka anda jadi pemenang. Tetapi apabbila kita ikut-ikutan pacaran, maka anda adalah pecundang. So, yang kita lawan sebenarnya bukan ejekan orang lain, tapi ejekan diri sendiri. Musuh yang paling berat adalah berperang melawan nafsu diri sendiri. Yang harus kita lakukan adalah menjadi pribadi yang unggul. Kuncinya ketika anda ingin meninggalkan pacaran, makan tinggalkanlah. Ibarat apabila anda ingin berhenti merokok, maka kuncinya berhentilah merokok. Right !!

  1. Fokuskan Pikiran anda pada mimpi anda untuk mendapatkan kesuksesan

kalau anda sedang galau, baper, tak punya  percaya diri  maka kami pernah melakukan kegiatan MELAMUN .  Ko Melamun ?? ya kami melamun apa yang telah kami raih dulu waktu SD, SMP atau SMA, melamun apa  yang telah menjadi cita cita dan impian. Ya maka pada saat ini kita harus pokus pada cita cita dan mimpimu dulu. Bermimpilah, Fokus, dan Raih.

  1. Bertobatlah dan mendekati diri kepada Allah SWT.


kami tahu pasti apa keburukan pacaran. Yang paling pasti adalah orang yang berpacaran itu bakalan diakui jadi bekas.

Selain itu, pacaran biasanya membuat kita jauh dari Allah, fokusnya ke pacar, ngabisin waktu, ngabisin duit, ngabisin tenaga dan pikiran, cuma sibuk ngeladenin pacar apalagi kalo lagi ngambek, aish…

Kerugian pacaran yang lainnya adalah kata-kata ataupun dakwah yang kita lakukan jadi tidak berefek, istilahnya kehilangan kharisma, seperti macan ompong. Ini nggak banget dah.

Maka dari itu kalo anda ingin baik, masih ada kesempatan untuk anda bertobat dan mendekati diri kepada Allah SWT.

  1. Buatlah Brainstorming hidup

Buatlah cita cita dan keinginan kita, kemana kita akan hidup, keman kita akan kembali, apa yang akan kita lakukan, dan apa yang kita raih. Buatlah sespesifik mungkin, karena itu akan membuat diri anda sibuk dengan kebaikan, maka ketika anda sibuk dengan kebaikan Ingsya Allah anda akan lupa pada pacaran yang merugikan.

Semoga manfaat !! Mungkin itu saja yang dapat kami berikan namun pada intinya yang menulis ini tak lebih baik dari yang membaca.. terima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *