7 Serangga yang Bisa Dimakan dan Rasanya Lezat

Posted on

Serangga adalah sumber makanan tradisional penting dan telah lama memiliki popularitas di beberapa bagian negara di dunia. Rasa dan komposisi nutrisinya tergantung pada apa yang mereka makan, spesies, tahap perkembangan, dan bagaimana pengolahan masakannya.

Mengapa serangga layak untuk dimakan? Karena serangga memiliki nilai gizi yang melimpah, kaya protein, lemak, vitamin dan mineral. Dalam situasi tertentu serangga bisa terasa seperti daging ayam, bisa juga seperti rasa goreng ikan emas dalam keadaan yang berbeda.

Jika kamu pernah memakan serangga sebelumnya dan tidak menyukainya, pertimbangkan untuk mencoba kembali. Dilansir dari nationalgeographic.co.id berikut adalah daftar serangga yang bisa dimakan dan rasanya lezat dan layak dicoba.

1. Belalang

7 Serangga yang Bisa Dimakan dan Rasanya Lezat, freaky food, makanan extrim, makanan unik, nafsu makan, survival food, makanan aneh, asing, Belalang, Belalang bakar, Belalang goreng, belalang hijau, ciri ciri belalang, jenis belalang, klasifikasi belalang hijau, klasifikasi belalang kayu, nama latin belalang hijau, habitat belalang, jenis belalang dan gambarnya, Grasshopper, grasshopper rhino, grasshopper drink, grasshopper vape, grasshopper insect, grasshopper shoes, grasshopper download, grasshopper meaning, grasshopper restaurant, info kuliner yang beda disanguan.com

Ada banyak spesies serangga yang dapat dimakan kurang lebih sekitar 2000 spesies, namun belalang termasuk yang paling sering dimakan. Cara memasaknya bisa digoreng, dipanggang, direbus ataupun ditumis, bila digoreng akan menghasilkan rasa mirip seperti udang. Di beberapa negara, mereka dijadikan tepung protein yang lezat. Belalang, lubber, Tettigoniidae, dan locust termasuk Orthoptera.

2. Jangkrik

7 Serangga yang Bisa Dimakan dan Rasanya Lezat, freaky food, makanan extrim, makanan unik, nafsu makan, survival food, makanan aneh, asing, Jangkrik, Jangkrik bakar, Jangkrik goreng, jangkrik eni, jangkrik indonesia, jangkrik adalah, jangkrik wikipedia, klasifikasi ilmiah jangkrik, jangkrik in english, jangkrik hijau, jangkrik meaning, info kuliner yang beda disanguan.com

Jangkrik yang biasa digunakan untuk makanan burung ternyata bisa juga dijadikan kudapan enak di goreng dengan tepung seperti halnya isian bakwan dan kripik.

3. Larva Kumbang Sagu

7 Serangga yang Bisa Dimakan dan Rasanya Lezat, freaky food, makanan extrim, makanan unik, nafsu makan, survival food, makanan aneh, asing, Larva Kumbang Sagu, Larva Kumbang Sagu bakar, Larva Kumbang Sagu goreng, budidaya ulat sagu, ulat sagu haram atau halal, harga ulat sagu, klasifikasi kumbang moncong, morfologi kumbang kubah, manfaat ulat sagu, ciri ciri ulat sagu, jual ulat sagu, info kuliner yang beda disanguan.com

Larva Kumbang Sagu (Palm Grubs) sangat populer digoreng tanpa menggunakan minyak, karena tubuh larva tersebut sudah mengandung minyak.

Larva ini cukup populer di daerah Amerika tengah, Malaysia dan Indonesia. Bila sudah dimasak rasanya seperti daging asap yang enak. Larva yang disebut belatung kumbang sagu pertama kali ditemukan liar di pohon palem. Makhluk tropis ini kini tengah di budidayakan di Thailand.

4. Ulat Hongkong

7 Serangga yang Bisa Dimakan dan Rasanya Lezat, freaky food, makanan extrim, makanan unik, nafsu makan, survival food, makanan aneh, asing, Ulat Hongkong, Ulat Hongkong bakar, Ulat Hongkong goreng, manfaat ulat hongkong, harga ulat hongkong, bibit ulat hongkong, makanan ulat hongkong, cara beternak ulat jerman, kelemahan tentang ulat hongkong, telur ulat hongkong, video budidaya ulat hongkong, info kuliner yang beda disanguan.com

Ulat Hongkong (Mealworms) juga termasuk salah satu pakan burung kicauan yang laris. Ketika dibudidayakan sebagai sumber makanan, larva diberi makan makanan dedak, gandum, wortel, kentang dan sayur-sayuran. Profit nutrisi mereka mirip dengan daging sapi. Untuk konsumsi manusia ulat hongkong bisa digiling menjadi tepung, dipanggang, digoreng atau ditumis.

Selanjutnya: 5. Ulat Mopane

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *