7 Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Jika Berjamur

Posted on

Makanan berjamur, apakah masih bisa dikonsumsi?

Karena penyimpanan dalam suhu yang tidak tepat, banyak makanan yang langsung di buang disebabkan tersimpan terlalu lama.

Makanan yang berjamur biasanya mempunyai bau yang kurang sedap dan bentuk yang berubah karena terkena jamur. Oleh karena itu orang-orang lebih memutuskan untuk membuangnya.

Orang mengasumsikan makanan rusak biasanya berjamur. Tetapi ada beberapa macam makanan yang biasanya berjamur tapi masih bisa dimakan. Dirangkum dari eatingwell.com berikut makanan yang masih dikonsumsi ketika terdapat jamur:

7 Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Jika Berjamur, keju, Keju Cheedar, Roti, Wortel, Tomat, Peach, Jeruk, Busuk, busuk, moldy, jamur, mold fungus, cheese, tomato, orange, carrot, accidentally ate mold, black mold on food, buah tomat untuk keperkasaan, budidaya tomat, cara membuat roti berjamur, cara mengatasi agar makanan tidak berjamur, cara mengobati keracunan roti berjamur, cara menyimpan buah agar tidak cepat busuk, cara menyimpan buah jeruk agar tetap segar, cara menyimpan buah tanpa kulkas, ciri ciri jamur pada roti, ciri ciri keju kadaluarsa, ciri ciri keju rusak, ciri keju basi, ciri-ciri roti yang sudah berjamur, contoh efek makan roti berjamur, contoh makanan yang berjamur, dodol berjamur, Permentasi keju, food mold facts, how fast does mold grow on food, inhaling mold spores from food, jenis jamur pada roti kadaluarsa, kandungan tomat, keju bahasa inggris, keju cheddar berjamur, keju kraft, keju mozarella berjamur, keju parut, keracunan roti berjamur, khasiat tomat untuk pria, kurma berjamur, macam-macam keju, makanan berjamur, makanan berjamur belum tentu harus dibuang, manfaat buah tomat untuk kesehatan, manfaat keju, manfaat makan tomat sebelum tidur, merk keju, mold on food, mold on strawberries, nama jamur pada roti basi, pengertian keju, pengertian tomat, penyebab roti berjamur, roti berjamur boleh dimakan, tahu berjamur, terlanjur makan roti berjamur, tomat ceri, what causes mold on food

1. Roti

Roti yang berjamur masih bisa dimanfaatkan dan dimakan dengan cara membuang bagian yang terkena jamur-nya saja. Anda harus teliti dan memastikan jamur yang terdapat pada roti masih berbentuk bintik-bintik kecil.

Hindari menyantap roti ataupun kue yang ke semua bagiannya telah tertutupi oleh jamur. Dikarenakan jamur yang terdapat pada roti mempunyai akar benang yang bisa menyebar ke dalam roti lainnya.

Tips lainnya agar roti tidak berjamur, masukan roti ke dalam kulkas. Bila akan dikonsumsi panaskan di penggorengan sekitar 2 menit.

2. Keju

Ada banyak sekali makanan lezat dan menjadi favorit banyak orang yang menggunakan bahan baku utama keju. Meski begitu, semua makanan berbahan keju tersebut tidak lantas menggunakan satu jenis keju yang sama lho!

Baik keju yang diolah dari susu sapi maupun susu kambing ternyata masih aman untuk dikonsumsi bila berjamur. Anda hanya diharuskan memotong dan membuang bagian keju yang terkena jamur.

3. Keju Cheddar

Kalau keju yang satu ini kamu pasti sudah sangat familiar bukan? Keju cheddar memang salah satu jenis keju yang paling populer, bahkan di negeri kita sendiri. Keju cheddar merupakan keju yang berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju ini juga terbuat dari susu sapi dan termasuk ke dalam jenis keju keras.

Jika keju cheddar masih muda, warnanya terlihat kuning pucat dan tidak terlalu keras. Namun, jika usianya semakin tua maka warnanya pun akan semakin kuning dan teksturnya semakin keras. Keju cheddar sendiri mengandung lemak sebanyak 48%.

BACA JUGA:  Kenapa Kita Harus Menghiasi Rumah Dengan Tanaman

Keju Cheedar atau Parmesan lapisannya tidak berpori-pori seperti halnya roti, karenanya akar benang jamur tidak bisa menyebar dan masuk ke dalam keju lainnya.

Sedangkan untuk Keju susu kambing yang mempunyai kadar air yang tinggi diharuskan secepat mungkin memasukkan keju pada freezer lemari es agar membeku dan mencegah datangnya jamur.

4. Wortel

Jika terkena jamur, Wortel dan paprika masih bisa dimanfaatkan. Caranya, potonglah bagian yang terdapat jamur lalu cuci hingga bersih agar bisa dimasak.

Simpanlah wortel dan paprika pada kantong plastik kering lalu masukan ke dalam lemari pendingin untuk menghindari datangnya jamur.

5-7. Tomat, Peach dan Jeruk

Menurut pakar makanan, Tomat, Peach dan Jeruk, harus segera dibuang bila berjamur. Tapi tidak harus seluruhnya. Anda perlu memotong bagian yang lembek dan berjamur, bagian yang terlihat bagus dan masih segar masih bisa dimanfaatkan.

Pergunakanlah pisau yang belum menyentuh jamur. Memotong atau memisahkan bagian yang terkena jamur sebaiknya 1 cm ke dalam dari bagian yang terkontaminasi jamur.

Itulah 7 makanan yang Masih bisa dikonsumsi jika berjamur, jadi anda tak perlu langsung membuang makanan-makanan tersebut, apalagi jika jamurnya hanya sedikit, mubazir lho ;D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *