17 Cara Mengatasi PMS

Posted on

Apakah PMS merupakan keluhan Anda setiap bulan? Salah satu cara berikut ini mungkin cocok untuk membantu mengatasinya.

Sindrom menjelang menstruasi atau yang lebih populer dengan PMS (premenstrual syndrome, sindrom pramenstruasi) banyak menyerang wanita usia 30-40 tahun, meski sering tak disadari. Gejala-gejalanya pada setiap orang bisa saja berbeda-beda, begitu pula tingkat keparahannya.
17 Cara Mengatasi PMS, pms symptoms, what does pms mean, pms meaning, pmdd, pms color, pms treatment, pms urban dictionary, pmsing, natural pms treatment, herbal treatment pms, cara mengurangi sakit karena pms

Ada wanita yang hanya terganggu mood-nya sehingga menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, cemas, dan sulit berkonsentrasi. Ada juga yang menjadi depresi, sulit tidur, kebingungan, dan gugup. Tapi sebagian wanita ada yang menjadi keranjingan pada makanan yang manis dan gurih disertai sakit kepala, sakit punggung, nyeri, kram, pegal-pegal, mengalami water retention (tertahannya air didalam badan sehingga terjadi pembengkakan), bahkan pingsan.

Nah, kalau Anda termasuk diantara mereka yang mengalami gejala-gejala tersebut menjelang haid, perhatikan tip-tip berikut ini. Siapa tahu ada yang cocok untuk mengatasi keluhan Anda:

1. Kurangi Konsumsi Garam

Garam harus dikurangi karena menyebabkan water retention (tertahannya air didalam badan sehingga terjadi pembengkakan). Singkirkan juga makanan-makanan yang mengandung banyak natrium (sodium). Sebagai patokan, setiap makanan yang kandungan sodiumnya di atas 350mg untuk setiap porsi sudah terhitung tinggi. Juga kurangi garam yang Anda gunakan untuk memasak. Gunakan saja lebih banyak rempah-rempah untuk melezatkan makanan.

2. Minum Yogurt

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Obsterti dan Ginekologi Amerika menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 1.200 mg suplemen kalsium karbonat setiap hari, rasa nyeri haidnya bisa berkurang 54%. Yogurt adalah salah satu sumber kalsium yang bisa Anda gunakan.

3. Minum Evening Primrose Oil

Penelitian menunjukan bahwa evening primrose oil yang dijadikan satu paket dengan pengatur hormon prostaglandin, yaitu asam gamma linoleat bisa mengurangi mood yang berubah-ubah, water retension, kram, dan pembengkakan payudara. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi 500-1.500 mg dua kali sehari selama sebulan, tergantung dari gejalanya.

4. Gunakan Krim Progesteron Alami

Krim ini biasanya dijual di toko makanan kesehatan. Jika payudara Anda membengkak dan sakit karena PMS, oleskan ¼ sampai ½ sendok teh pada payudara dua kali sehari. Mulailah melakukannya begitu payudara mulai membengkak.

5. Refleksiologi

Para ahli Refleksiologi percaya bahwa telapak kaki merupakan peta dari seluruh tubuh kita dan setiap bagian tubuh berhubungan dengan saraf yang berasal dari suatu titik di kaki. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 18 wanita dan dipublikasikan di Jurnal Obstetri dan Ginekologi Amerika tahun 1993 menemukan bahwa 83% dari mereka yang diterapi dengan refleksiologi mengalami penurunan gejala PMS sampai 30%.

6. Lakukan Olahraga

Beberapa penelitian menunjukan bahwa wanita yang melakukan olahraga aerobik secara tertur lebih jarang mengalami gejala-gejala PMS.

7. Tidur Nyenyak

Tidur yang enak sangat penting bila kita mengalami rasa sakit akibat PMS, karena dengan begitu ambang rasa sakit akan menurun. Usahakan untuk tidur minimal 8 jam per hari.

Selanjutnya: 8. Gunakan Magnesium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *