5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak

Posted on

Hal-Hal Yang Membuat Skripsi Ditolak
judul skripsi jurusan pendidikan bahasa inggris, skripsi sastra, makalah skripsi, skripsi english, skripsi bahasa arab, thesis bahasa inggris, judul skripsi bahasa inggris, Tugas Akhir Tahun Akademik 2017-2018
Masih musim skripsi kah? hehe klo masih musim kami akan share catatan Bpk. Arif Subiyanto seorang Dosen Sastra Inggris di UM (Universitas Malang).

Tentu saja catatan ini untuk kalian yang merasa sedang menyusun skripsi. Tentang Hal-Hal yang membuat Skripsi Ditolak (hal-hal yang menyebabkan skripsi di tolak), ditulis dengan gaya bahasanya yang gokil.

Kita mulai dari hal-hal yang bikin skripsimu jadi bacin (bau) dan menjijikkan:
 

1. Kalian Memilih Topik Tidak Sepenuh Hati Alias Asal Jadi

Pokoknya kalau disetujui langsung dikerjakan saja. Persetan kurang teori, persetan minim background knowledge, pokoknya kalau terdengar masuk akal usulkan saja dan dikerjakan secara abracadabra. Skripsi asal jadi merugikan dirimu sendiri. Kalau kalian mengerjakannyan dengan pertimbangan yang penting segera lulus dan payu rabi, jangan menyesal kalau suatu hari nanti anda menyesali diri jadi sarjana. Why so? Sebab kamu lulus tanpa jejak cemerlang. Skripsimu bermutu kacangan. Tidak layak dipamerkan. Adik kelas atau mahasiswamu (kalau nasib membawamu jadi dosen atau spesies sejenisnya) tidak terkesan atau terilhami oleh skripsi omong kosongmu.
 

2. Bahasamu Terlalu Kering

Sok ilmiah dan tidak ada citarasanya. Pernah lihat orang awam baca skripsi? Jidat mereka berkerut mirip lulusan SD membaca instruksi pemasangan instalasi nuklir. Kalian bangga, hidung kalian mekar selebar lapangan bola, padahal itu indikasi kegagalan. Nulis skripsi mbok yang enak saja. Memang ada rambu-rambu terminologi dan nomenklatur akademis yang harus ditaati, tapi jangan hilangkan warna atau gaya pribadimu. Menulis latarbelakang penelitian di Bab 1 jangan malu menyisipkan kisah pengalaman aktual yang mendorongmu memilih topik skripsi itu, misalnya:

A memorable lecture on literary translation by a wayward teacher one Thursday afternoon has inspired me to delve deeper into the concept of blah blah blah. Mr. Subiyanto, the said teacher, feverishly explained that literary translation is far beyond blah blah blah.”

Umumnya mahasiswa sastra Inggris mengawali thesisnya dengan mantra suci berikut ini: “Literature is eplekenyes with a lot of bullshit….” Halaman persembahan selalu berisi (kalau diterjemahkan) “Segala puja dan puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Maha Esa atas terselesaikannya skripsi ini…” (kamu itu mau nulis skripsi apa kondangan?).

Tragisnya lagi ada yang bilang (kalau diterjemahkan): “Penulis mengundang kritik dan saran dari pembaca sekalian demi sempurnanya karya ini sebab kami yakin karya ini jauh dari kesempurnaan” (kalau karyamu memble kenapa dosen pembimbingnya rela melepaskan untuk diuji para guru besar nan bestari? He?)
 

3. Kalian Malas atau Malu Membuka Buku Grammar

Mahasiswa yang lulus Grammar 3 atau Complicated Grammar sambil bersujud syukur suka membuang atau mewariskan buku grammarnya kepada adik kelas. Sorry to be blunt, that is really-really, wonderfully, incredibly, fantastically stupid. Tanpa buku grammar, insyaAlloh tata bahasa kalian pasti kacau in the balau.
 

4. Kalian Terlalu Linear Dalam Berpikir

Sebagai pembimbing skripsi saya bebaskan mahasiswa memulai proyeknya dari bagian yang termudah. Kalau mereka sudah punya bayangan seperti apa analisis penelitiannya, saya bolehkan mereka menulisnya dulu, ketimbang pusing2 memikirkan sistematika penelitian –tapi saya tetap pegang rencana kerja mereka.
 

5. Tidak Adanya Visi Masa Depan

Lebih dari semua itu, hal yang membuat skripsimu baunya gak karu-karuan adalah tidak adanya visi masa depan. Mau saya apakan skripsi ini? Tidak ada cita2 mengembangkan topik untuk dijadikan bahan thesis master atau doktor. Itu terjadi karena kalian sebenarnya tidak begitu yakin bahwa tulisanmu punya bobot atau magnitude.

Itulah catatan 5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak. Semoga bermanfaat.


One thought on “5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *