Cara Menangkarkan dan Memelihara Kura-Kura

Posted on

Cara Menangkarkan dan Memelihara Kura-Kura

Siapa bilang menangkarkan kura-kura sulit. Caranya gampang, kok. Selain biaya murah, tingkat keberhasilan juga tinggi. Mencapai 70%. Hobiis kura-kura umumnya bingung kalau mendapati piarannya bertelur, ingin menetaskan tapi tak tahu bagaimana Cara-nya. Itulah yang dialami salah satu penggemar kura-kura India di Perumahan Taman Surya, Cengkareng, Jawa Barat.

kura kura peliharaan, jual kura kura, makanan kura kura, kura kura hijau, kura kura brazil, kura kura bali, penyu, jenis kura kura, penangkaran kura kura brazil, cara menetaskan telur kura kura, harga ternak kura kura brazil, budidaya kura kura darat, cara beternak kura kura air tawar, cara membedakan kura kura brazil jantan dan betina, cara mengawinkan kura kura brazil, kura kura bertelur tanpa pejantan
Padahal untuk menetaskannya sebenarnya mudah. Buatlah kolam berukuran 3 m x 2 m. Untuk luasan ini, biasanya dihuni 6 kura-kura terdiri atas 2 jantan dan 4 betina. Air yang menggenangi kolam itu sedalam 60 cm. Di pinggir kolam, buatlah bak semen berukuran 60 cm x 60 cm. Tinggi bak tersebut dari permukaan kolam sekitar 20 cm.

Lantas hubungkan bak dan kolam dengan tangga pasir. Upayakan agar penghubung itu tak terlalu curam. Sehingga memungkinkan kura-kura mudah mencapai bak yang terisi pasir itu. Bak itulah yang berfungsi sebagai tempat meletakan telur.

Kura-kura yang akan bertelur dengan sendirinya akan menaiki tangga penghubung menuju bak pasir. Sekali bertelur mencapai 8 – 10 butir. Bagian atas bak tersebut sebagian tertutup asbes.

Setiap hari siramlah pasir pakai handspray agar dicapai kelembapan tertentu. “Kalau pasir terlampau panas, telur biasanya akan mengempis“. Anda tidak perlu membolak-balikan telur yang terpendam dalam pasir itu. Dua bulan kemudian tukik, anakan kura-kura akan keluar dari pasir itu.

Dengan teknologi sederhana ini, tingkat keberhasilan penetasan mencapai 70%. Pakan untuk kura-kura berupa pelet atau daging ikan yang dicacah.

Begitulah Cara Menangk,arkan dan Memelihara Kura-Kura.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *