Burung Kutilang Emas dan Kutilang Kapas si Ceriwis yang Manja

Posted on

Burung ini tak pernah tenang dalam sangkarnya, ia selalu saja terbang ke sana kemari dengan lincahnya sambil bersiul tak putus-putusnya. itu memang pembawaan Kutilang.

Masih Kerabat Cucakrawa

burung kutilang jantan, burung kutilang mp3, burung kutilang emas jantan dan betina, burung kutilang youtube, burung kutilang berbunyi, burung kutilang kapas, harga burung kutilang, lagu burung kutilang

Kutilang masih termasuk dalam family Pycnonotidae, kerabat dekat Cucakrawa, di kalangan orang Sunda ia lebih dikenal dengan sebutan Cangkurileng. Meskipun ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil. Burung asli Indonesia dengan nama latin Pycnonotus Aurigaster ini tersebar di hutan-hutan Sumatera dan Jawa.

Ada dua jenis Kutilang Emas dan Kutilang Kapas. Kedua jenis kutilang ini mempunyai perbedaan, yaitu ukuran tubuh dan warna bulunya. Kutilang kapas, kepalanya berbulu hitam.

Pangkal paruh dekat lubang hidung ditumbuhi bulu kaku yang mirip kumis. Bulu sayapnya juga berwarna hitam tapi sedikit agak kelabu. Bulu ekornya hitam kecokelat-cokelatan. Bulu sayapnya juga berwarna hitam tetapi sedikit agak kelabu. Bulu perut antara kedua paha hingga bawah ekornya berwarna kuning tua. Yang menjadi ciri khas Kutilang Kapas ialah warna bulu dari leher hingga dada dan perutnya yang putih, halus, dan lembut seperti kapas. Ukuran tubuhnya pun lebih besar dari Kutilang emas.

Kutilang Emas, sesuai dengan namanya, hampir seluruh bulu yang membalut tubuhnya berwarna kuning keemas-emasan, sedikit bercampur dengan warna hitam kusam atau abu-abu. Padu dagunya atau pada pangkal paruh dekat leher, terdapat sedikit bulu yang berwarna merah. Ini yang menjadi kekhasan Kutilang Emas. Dan untuk membedakan kutilang emas jantan dan betina-nya pun dapat dibedakan dengan melihat warna pada dagunya.

 

Cepat Jinak dan Akrab

membedakan kutilang jantan dan betina, burung manyar jantan dan betina, burung blackthroat jantan dan betina, burung kutilang Kapas Putih jantan dan betina

Burung ini mudah sekali jinak. Apalagi kalau di dekatnya ada burung yang sudah pandai ngoceh. Sebentar saja, dia akan dapat menirukannya, terutama burung Prenjak dan Kacer, yang suaranya paling mudah ditirukan.

 

Membedakan Kutilang Jantan dan Betina

Baik jantan maupun betinanya, semua pandai bersiul, meskipun volume suara kutilang jantan sedikit lebih besar. Di antara keduanya, ternyata Kutilang Kapas-lah yang paling banyak memiliki penggemar. Selain fisiknya lebih baik dan ukuran tubuhnya lebih besar ia pun lebih ceriwis dan cepat akrab dengan pemiliknya.

BACA JUGA:  Pilih 6 Souvenir di Hari Pernikahanmu ini biar unik dan berkesan

 

Tips Memelihara

Pemeliharaan kutilang tergolong mudah, asalkan sangkarnya selalu bersih dan makanan terutama buah-buahan selalu rutin diberikan. Kalau selalu terawat, ia cepat sekali jinak, siulannya pun cepat merdu, yang menurut pendapat orang yang memeliharanya dapat menghilangkan stres bagi yang mendengarkannya.

Terinspirasi oleh kakak saya yang sudah beberapa hari memelihara burung 😀 Burung Kutilang Emas dan Kutilang Kapas si Ceriwis yang Manja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *