6 Jenis Kucing Eksotik di Dunia

Posted on

Ternyata, ada 100 jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing memiliki keindahan dan keunikan penampilan yang khas. Warna, ukuran bulu, dan bentuk badan menjadi daya tariknya yang utama. Tak heran bila ia digemari oleh berbagai kalangan masyarakat di dunia. Sampai sekarang, belum pernah ada kesepakatan yang jelas mengenai penggolongan kucing secara universal.

Ada perbedaan pendapat antara 2 “kubu”, yaitu Amerika Serikat dan Inggris. Menurut orang Inggris sebagai negara yang memelopori penggolongan dan silsilah keturunan kucing, faktor yang penting ialah warna dan ukuran panjang bulu. Keduanya membedakan masing-masing keturunan, seperti pembagian longhair, shorthair, siamese, dan soreign shorthair. Masing-masing golongan dibagi lagi atas jenis aslinya. Sebagai contoh, kucing persia putih terbagi lagi atas varietas white longhair dengan white shorthair. Yang memiliki penampilan gemuk dan pendek digolongkan sebagai tipe british; bentuk lain digolongkan dalam foreign dan exotic.

Di Amerika serikat penggolongan kucing justru sebaliknya. Di negara Paman Sam itu balnese, birman, himalaya, maine coon, dan turkish digolongkan dalam satu keluarga, yaitu keluarga kucing persia. Berbeda dengan di Inggris, di Amerika penggolongan kucing british dikenal dengan nama domestic. Walaupun belum ada kesepakatan, masing-masing negara tersebut telah memiliki organisasi khusus kucing. Di Inggris terdapat GCCF (The Governing Council of Cat Fancy); di amerika Serikat ada 9 organisasi, dengan satu organisasi pelindung, CFA (Cat Fanciers Assosiation Organization).

Organisasi-organisasi inilah yang kemudian mengatur penggolongan kucing tersebut. Kesenangan masyarakat dunia akan kucing memang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Konon, kucing berasal dari Mesir. Saking mengagumi, bangsa Mesir sampai mengkultuskan kucing sebagai dewa kucing, seperti Ubastet, Pasht, dan Bubastis. Menurut mereka, kucing merupakan simbol keberanian dan percaya diri. Di bawah ini adalah jenis-jenis kucing eksotik mulai dari yang anggun, mungil, lucu sampai yang unik.

1. White Persian yang Anggun

jenis kucing garfield, jenis kucing anggora, jenis kucing persia, jenis kucing persia medium, jenis kucing persia termahal, jenis kucing siam, jenis kucing bengal, jenis kucing kampung

Kucing yang sangat anggun ini termasuk dalam keluarga kucing persia dan terhitung jenis tertua. Konon, beberapa abad yang lalu satwa ini merupakan simbol status di London, Inggris. Bahkan ada sebagian orang yang menggunakan french cat ini sebagai inspirasi bagi industri periklanan, perfilman, dan sebagainya. Karena pamornya itulah, selama 300 tahun, kucing ini hanya “mendekam” di Eropa, namun beberapa tahun sesudahnya, banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara satwa ini, tepatnya tahun 1800-an. Kucing persia ini pertama kali diamerkan di London tahun 1903, dan terus populer sampai ke Amerika Serikat.

Di samping penampilan bulunya yang panjang terjurai, persia putih baru bernilai (mempunyai harga) tinggi bila memiliki mata berwarna biru. Padahal untuk mendapatkan yang berciri ini amatlah sulit. Dari jenis yang ada, baik blue eye white, orange white maupun odd-eyed white, haruslah di-out crossing dengan kucing persia lain yang bermata biru. Anehnya saat lahir, anak kucing putih yang berbulu kemerah-merahan, umumnya bermata biru. Namun setelah menginjak umur 5 minggu tidak semua jenis dapat mempertahankan sifat tersebut. Walaupun berwarna putih, kucing persia tidak membutuhkan perawatan ekstra ketat agar bulunya tetap putih.

BACA JUGA:  5 Hal Yang Membuat Skripsi Bahasa Inggris Ditolak
2. Birman, Kucing ‘Keramat’ asal Birma

birman cat prices, birman cat for sale, birman cat vs ragdoll, birman cat breeders, birman cat rescue, birman cat personality, birman cat pictures, birman cat breeds

Kucing yang termasuk klasifikasi longhair ini tidak diketahui asal-usulnya secara jelas, meskipun namanya terkesan berasal dari kawasan timur. Menurut legenda, Kuil Lao-Tsun-milik orang-orang Khmer, Birma (Myanmar), dijaga oleh kucing-kucing berbulu keemasan dan memiliki mata biru. Satu di antaranya bernama Sinh. Ia adalah jelmaan kepala pendeta Mun-Ha yang dibunuh oleh seorang penyerang misterius. Karena itu warna bulunya yang semula putih menjadi kekuningan, begitu pula dengan matanya yang berubah menjadi biru. Selain itu wajah, kaki dan ekor berubah menjadi cokelat.

Bila ia berhubungan dengan pendeta lain, maka bulunya berubah menjadi putih, suatu simbol kebaikan. Birman bukan kucing yang memiliki temperamen keras, dan lebih populer dipelihara sebagai satwa kesayangan. Beberapa jenis yang diproduksi Amerika Serikat ialah yang berwarna cokelat, lilac, dan biru. Banyak pemulia kucing yang percaya bahwa ia merupakan persilangan antara kucing siam dengan longhair.

3. British Shorthair

british shorthair for sale, british shorthair breeders, british shorthair price, british shorthair colors, british shorthair personality, british shorthair rescue, british shorthair temperament, british shorthair shedding

Berasal dari Inggris, sifatnya merupakan gabungan sifat tenang, lemah lembut, manja dan pandai. Tak ayal lagi kucing ini begitu disukai banyak orang. Penampilannya dengan tubuh padat, tegap, bentuk kaki yang membulat dan kuat, serta ekor yang tebal merupakan daya tarik utamanya. British shorthair memiliki corak warna dan pola bulu yang beragam. Di antaranya yang berwarna tunggal, seperti putih, biru, krem, merah dan hitam, serta kombinasi dari warna-warna lainnya, seperti bi-colour, smoke, tabby dan tortoiseshell.

4. Manx, Kucing tanpa Ekor

manx cat pictures, manx cat for sale, manx cat price, manx cat personality, manx cat rescue, manx cat breeders, manx cat names, european shorthair

Manx, atau si “tanpa ekor” begitu orang menyebutnya, memiliki penampilan yang unik. Selain itdak memiliki ekor, kaki belakangnya lebih panjang daripada kaki depan. Selintas sosoknya mirip kelinci. Tubuh tanpa ekor merupakan faktor letal yang terjadi. Selain itu, keturunan Manx juga menghasilkan kucing yang berekor normal, dan berekor pendek (2,5-12 cm). Warnanya pun cukup bervariasi, mulai dari cokelat, lembayung muda, sampai kombinasi beberapa warna.

Kucing yang berasal dari Isle of Man, West Coast Inggris ini terkenal pandai, lucu, setia dan sayang terhadap pemiliknya. Uniknya lagi satwa ini dapat diajak “berdamai” dengan anjing, musuh bebuyutannya. Selain itu kucing manx adalah pelari cepat, pemburu tikus yang cekatan, dan relatif lebih kuat dibandingkan kucing lainnya.

BACA JUGA:  Mari Mengenal Anemon Laut Binatang Seperti Bunga
5. Sphynx, Kucing Tanpa Bulu

sphynx cat for sale, sphynx cat price, sphynx cat personality, sphynx cat rescue, sphynx cat breeders, sphynx cat care, donskoy cat, sphynx cat allergies

Penampilan kucing ini tergolong aneh. Seluruh permukaan tubuhnya sama sekali tidak ditumbuhi bulu. Karena itu ia tampak berkerut, suhu badannya relatif tinggi, permukaan tubuh lembut, dan ia tidak tahan terhadap iklim dingin. Sphynx pertama kali ditemukan pada tahun 1966, di Ontario, Kanada. Saat itu seekor anak kucing betina tanpa bulu dan berwarna hitam campur putih ditemukan.

Dari hasil mutasi itulah berkembang suatu keturunan “tanpa bulu”. Dengan tubuh tanpa bulu itu kucing sphynx harus tetap ditempatkan dalam kondisi hangat dan dijaga agar kulitnya tetap kering.

6. Balinese, si Penari Bali

cat, kucing, lucu, eksotis, Balinese, Penari Bali

Walaupun berawal dari kata “bali”, bukan berarti kucing ini berasal dari Bali. Sebutan “bali” diberikan karena gerak dari kucing ini lemah-gemulai, mirip penari bali. Hampir mirip kucing siam, jenis ini merupakan penyimpangan dari kucing siam.

Ditemukan pada tahun 1950-an, kucing yang tergolong longhair ini timbul karena adanya mutasi alam yang diturunkan dari induk siam dengan mutasi gen dan sifat longhair. Kemudian ia diperkenalkan oleh para pemulia sebagai kucing yang berpotensi sebagai kucing bersosok indah. Sampai akhirnya ia dibawa ke Eropa dan berlanjut ke negara-negara lain.

Penampilannya yang lemah gemulai bak penari bali dan jawa, ditambah dengan sifatnya yang manja, tenang, serta jinak, menyebabkan ia banyak dipelihara orang. Ragam warna yang dimiliki ialah seal, cokelat, lilac, dan biru. Itulah 6 Jenis Kucing Eksotik di Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *