Jenis-Jenis Tanaman Asparagus Hias

Posted on

Nama dan Jenis-Jenis Tanaman Asparagus Hias yang Sering Dikira Pakis

organic asparagus plants, asparagus plants for sale, asparagus fern, asparagus crowns, asparagus plant care, how to grow asparagus, growing asparagus plants, asparagus fern care

Bentuk daunnya unik, sepintas mirip daun pakis. Tak aneh kalau begitu banyak orang yang salah mengiranya sebagai anggota pakis atau paku-pakuan. Padahal, asparagus anggota suku Liliaceae, yang tidak ada hubungan golongan paku-pakuan.

Ada beberapa jenis asparagus yang kesemuanya merupakan tanaman hias berdaun indah. Ciri khasnya daunnya berbentuk jarum, tumbuhnya rimbun menjuntai atau menegak, dan warna daunnya hijau sampai hijau kekuningan. Dengan sosok demikian tidak mengherankan kalau tanaman asal Afrika Selatan ini cocok ditanam dalam pot sebagai tanaman penghias ruangan.

Asparagus sudah banyak dijual oleh penjual tanaman hias pinggir jalan maupun di nursery. Berikut beberapa jenis asparagus yang banyak dijumpai di penjual tanaman hias.

1. Asparagus Densiflorus “Myers”

Bentuk daunnya unik sekali, mirip ekor bajing. Itulah sebabnya ia populer dengan sebutan asparagus ekor bajing. Sosoknya memang agak menyimpang dibandingkan dengan saudaranya. Ia tidak tumbuh menjuntai, tapi menegak. Meski begitu, ciri khasnya masih tampak jelas. Daunnya kecil-kecil berbentuk jarum memenuhi seluruh permukaan batangnya. Bentuk susunan daunnya yang menyerupai sikat botol itu membuatnya dijuluki juga tanaman sikat botol. Warna daunnya ada yang hijau segar, ada pula yang hijau kekuningan.

2. Asparagus Densfilorus “Sprengeri”

Jenis ini populer dengan sebutan pakis doren, walaupun sebenarnya bukan pakis. Tangkai daunnya bercabang-cabang, dipenuhi daun-daun jarum berwarna hijau. Tumbuhnya menjuntai. Jenis ini kadang-kadang berbunga kecil berwarna putih, yang kemudian berubah jadi buah.

Selain itu, ada juga A. densiflorus “Sprengeri variegata” yang daunnya belang-belang hijau-putih. Sosoknya hampir sama dengan A. Densiflorus “Sprengeri” biasa, hanya saja batangnya lebih kaku dan tajuknya lebih kompak. Daun-daun yang berwarna putih itu umumnya adalah daun-daun mudanya.

3. Asparagus myriocladus

asparagus plants harvesting, organic asparagus plants, growing asparagus plants, asparagus fern plants, asparagus plant care, asparagus plant stages, asparagus planting instructions, asparagus plants for sale

Ia populer dengan sebutan asparagus bintang. Batangnya berkayu dan bercabang banyak. Tumbuhnya tegak. Daun-daun jarumnya yang kecil-kecil dan terangkai menyerupai bintang itulah yang membuatnya dijuluki asparagus bintang. Waktu masih muda daunnya berwarna kekuningan dan kemudian berangsur-angsur berubah menjadi hijau.

BACA JUGA:  20 Pria Paling Tampan di Dunia
4. Asparagus Air

Jenis ini sosoknya tidak bisa tinggi, paling banter hanya 25 cm saja. Daunnya juga lebih kecil dari daun saudaranya, sehingga teksturnya juga lebih halus. Warna daunnya hijau segar. Di pagi hari biasanya daun-daunnya diliputi titik-titik embun, sehingga ia dikenal sebagai asparagus air.

5. Asparagus untuk Rangkaian Bunga

Selain jenis-jenis asparagus seperti tersebut di atas, yang umumnya ditanam dalam pot sebagai tanaman hias ruangan, masih ada 1 jenis lagi, yaitu Asparagus plumosus. Jenis yang satu ini umumnya ditanam di halaman dan daunnya bisa dipotong sebagai pelengkap rangkaian bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *