Apakah Kalian Tahu Apa Itu Pisau Okulasi?

Posted on

Pisau Okulasi adalah Pisau khusus yang dirancang untuk kemudahan kita mengokulasi memang pilihan yang tepat buat kita miliki. Harganya bervariasi, semuanya memerlukan perawatan yang sama supaya tahan lama.

pisau okulasi terbaik, pisau okulasi victorinox, jual pisau okulasi, pisau okulasi budding knife

Pecinta tanaman yang senang mencoba-coba tentu tidak puas dengan hanya membeli hasil okulasi orang lain saja. Ia tentu ingin jug mencoba mengokulasi sendiri, dan dapat dengan bangga melihat hasil karyanya. Semakin hari, hasil okulasinya semakin sempurna, dan semakin hari pengetahuannya akan bagaimana cara mengokulasi tentu semakin lengkap.

Untuk menyalurkan hobinya ini, sekarang banyak dijual pisau untuk mengokulasi di toko-toko pertanian. Banyak jenis pisau yang ditawarkan, dari pisau okulasi sederhana, sampai pada pisau yang dirancang khusus hanya untuk mengokulasi saja. Pada prinsipnya pisau okulasi mempunyai bentuk yang hampir sama dengan pisau lipat biasa. Pegangan pisaunya terbuat dari kayu atau plastik.

Mata pisau yang digunakan untuk membuka atau mengiris batang pokok atau untuk mengambil mata tunas amat tajam, berujung melengkung dengan bentuk segitiga berfungsi untuk menahan jari telunjuk atau ibu jari pada saat kita membuka sayatan. Pada ujung yang licin (letaknya berlawanan dengan mata pisau) terdapat lempengan kecil berbentuk pipih yan bisanya terbuat dari kuningan atau tembaga. Gunanya untuk membuka melebarkan hasil irisan pada batang pokok tadi atau bisa juga untuk membersihkan getah pada waktu mencangkok.

Harus Kering

Pisau okulasi ini dirancang untuk memudahkan kerja seorang pecinta tanaman mengokulasi. Perawatannya pun sederhana. Setelah pisau okulasi ini digunakan, ia harus dibersihkan dari kotoran atau getah yang melekat. Pembersihannya dilakukan dengan sabun, supay semua yang kotor bisa larut.

Begitu sudah bersih dan dilap kering, pisau harus digosok dan diolesi minyak atau oli untuk mencegah terjadinya karat. Pelumasan minyak atau oli ini sekaligus bisa menjaga ketajaman pisau. Masukkan kembali ke dalam dusnya dn simpan di tempat yang kering begitu pisau sudah bersih dan terolesi minyak.

Pisau okulasi ini berfungsi pula untuk melakukan stek pada batang tanaman yang halus dan kecil, atau bisa juga digunakan untuk membuat sayatan pada waktu kita melakukan pencangkokan. Harga yang ditawarkan di toko pertanian amat bervariasi. Tergantung pada buatannya dan bahan pisaunya. Kesemuanya ini sama-sama memiliki fungsi yang sama. Tinggal bagaimana keterampilan kita menggunakannya.

BACA JUGA:  5 Tanaman yang bermanfaat untuk membantu anda tidur lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *