9 Jenis Apel Unggulan Dari Amerika

9 Jenis Apel Unggulan Dari Amerika
Amerika termasuk salah satu negara penghasil apel terbesar di dunia, di samping Perancis, Inggris, Swiss, Italia, Australia, Austria, dan Kanada. Kebun-kebun apelnya pun tersebar di hampir 35 negara bagian. Jenis yang ditanam beragam, mulai dari varietas lokal sampai yang didatangkan dari luar negeri.

C. P. Harley, petugas perkebunan tanaman industri di Amerika mengungkapkan, bahwa sedikitnya ada 22 varietas apel yang tersebar di berbagai negara bagian. Sedangkan daerah penghasilnya antara lain, California, Colorado, Conecticut, Idaho, Illinois, Indiana, Maryland, Massachusetts, Michigan, Missouri, New Jersey, Nort Carolina, Ohio, Oregon, Pennsylvania, dan Virginia.

Tanaman apel itu tidak seluruhnya berasal dari Amerika. Ada yang bibit unggulnya didatangkan dari Belanda dan Selandia Baru. Yang asli Amerika, antara lain P. angustifolia dan P. rivularis yang banyak tumbuh di belahan utara. Dan yang tersebar di bagian tengah Amerika, antara lain P. ioensis dan P. coronaria.

Dari berbagai apel yang ada itu dilakukan silangan-silangan yang melahirkan berbagai apel top. Bahkan menurut Jim Ballard, penulis di majalah American Fruit Grower, penelitian tentang varietas apel itu berlangsung terus. Apalagi buah apel di sana bukan hanya dikonsumsi segar, tapi juga dijadikan makanan/minuman olahan. Berikut ini beberapa varietas apel top yang ada di Amerika.

1. GALA

jenis apel yang baik untuk diet, jenis apel dan manfaatnya, jenis tanaman apel, jenis apel untuk bayi, jenis apel untuk diet, jenis apel yang paling baik, jenis apel yang cocok untuk diet, jenis apel untuk kenari

Berasal dari New Zealand. Diseleksi dari silangan varietas Kidds Orange dengan Golden Delicious. Menurut Jim Ballard, seleksi itu sudah dilakukan sejak 1939, tapi baru bisa diperkenalkan pada khalayak tahun 1960 oleh J. H. Kidd dari Greytown. Akhirnya induk silangan itu dibeli Strak Brother Nursery, dan diperkenalkan di Amerika tahun 1972. Sekarang keturunannya lebih dari satu jenis, yaitu Imperial Gala, Regal Prince Gala, Regal Queen Gala, Galaxy Gala, Scarlet Gala, dan Gala Go Red. Di pasar, jenis ini dikenal sebagai apel merah yang rasanya lain dengan Red Delicious.

2. ELSTAR

Jenis ini sudah terseleksi sejak 30 tahun yang lalu di Belanda. Merupakan silangan Golden Delicious dengan Inggrid Marie. Apel ini pernah sukses merajai pasaran Eropa. Warna dasarnya kuning cerah, tapi tidak jarang punya alur-alur merah yang menawan. Aromanya kuat, hingga tepat untuk bahan tart apel.

BACA JUGA:  Mari Mengenal Anemon Laut Binatang Seperti Bunga

3. JONAGOLD

Hasil silangan kebun percobaan dan penelitian pertania Geneva. Mulai diseleksi sejak tahun 1943 dari induk Golden Delicious dengan Jonathan. Baru 20 tahun kemudian menampakkan hasilnya. Kelemahan jenis ini, hanya mampu berkembang pada udara yang dingin dan sangat sensitif pada iklim panas. Dalam perkembangan selanjutnya, di Belgia sempat dilahirkan Jonagold yang berwarna merah, sehingga namanya menjadi Jona Go Red. Sedangkan aslinya, tetap berwarna kuning.

4. FUJI

Hasil seleksi dari silangan di Jepang. Induk yang disilangkannya Red Delicious dengan Ralls Janet, dan baru diperkenalkan pada masyarakat tahun 1962. Apel ini populer di Jepang, China, dan Korea. Di Amerika, hak patennya dipegang Pro Tree Nurseries di California. Sekarang jenis ini termasuk yang terbaik, bahkan bisa menggeser popularitas induknya Red Delicious.

5. BRAEBURN

apple types stock photos, apple guide, type of apples list, pink lady apples, common apple types, know your apple types, apple types with pictures, apple types are good for baking

Apel merah ini berasal dari New Zealand. Berada di Amerika sekitar tahun 1952. Apel ini tidak kalah enaknya dibandingkan Fuji. Meskipun warna kulitnya tidak selalu tetap. Menurut Jim Ballard, sedikitnya ada lima jenis warna merah apel Braeburn, hasil ujicoba Pacific Northwest. Hingga tidak jarang namanya pun mengalami perubahan. Misalnya, di Eropa dikenal sebagai Hillwell dan Redburn.

6. WILLIAMS PRIDE

Menurut Stephen Page, di majalah Organic Gardening, apel ini banyak dipilih petani karena buahnya lebat, genjah dan enak rasanya. Banyak ditanam di Amerika bagian tengah, secara khusus sebagai tanaman pekarangan. Warnya merah darah. Apel ini belum diketahui berasal dari silangan atau merupakan varietas lokal yang diunggulkan.

7. LIBERTY

Bibitnya mudah diperoleh. Banyak nursery yang menyediakannya. Jenis ini menarik, karena banyak penggemarnya. Aroman kuat, rasanya manis, dengan warna merah keunguan. Lebih banyak dikonsumsi sebagai buah segar. Tidak jelas asal-usulnya.

8. PRIMA

jenis apel prima dan manfaatnya, manfaat apel, manfaat apel merah, manfaat apel untuk ibu hamil, manfaat apel malang, manfaat apel fuji, manfaat apel dan kayu manis, manfaat apel rebus, manfaat apel untuk diet, manfaat apel india

Agak berbeda dengan apel lain, jenis ini lebih banyak diolah. Karenanya sering disebut apel jatuhan, karena panennya dilakukan setelah apelnya jatuh. Hanya tahan disimpan maksimal 6 minggu di cold storage. Warnanya merah, dan ditanam dalam skala kebun.

9. SUPER CHIEF RED DELICIOUS

Turunan dari Red Delicious. Keunggulannya, warnya muncul lebih cepat 18 hari. Tanamannya sedikit lebih pendek dan berbuah lebih cepat. Rasanya tidak berbeda. Karena keunggulan buahnya jenis ini sering dijadikan induk silangan oleh para peneliti.

BACA JUGA:  7 Pelajaran Penting Soal Diet dari Drama Korea Oh my Venus

Itulah sebagian kecil dari 22 varietas unggul yang tersebar di berbagai negara bagian Amerika Serikat. Masih banyak jenis lain yang top, seperti Ginger Gold, Rubinstar, McIntosh, York Imperial, Yellow Newtown dan Gravenstain. Masing-masing punya kelebihan. Sebagai buah yang paling digemari masyarakat Amerika, apel terus dikembangkan jenis-jenisnya. Ada yang khusus dimakan sebagai buah segar, dan ada yang diolah menjadi minuman atau makanan. Itulah 9 Jenis Apel Terbaik dari Amerika.