8 Buah Asam Buat Campuran Sambal Asli Kalimantan

disanguan.com. Ragam kuliner di seantero nusantara, menunjukkan kekayaan budaya, kearifan lokal yang mengakar, dan aneka hasil bumi yang dianugerahkan Tuhan kepada zamrud khatulistiwa. Setiap daerah, memiliki rasa yang autentik karena perbedaan rempah, bahan, racikan, bahkan filosofi yang terkandung dalam makanan.

Karena itu, jangan sampai pengetahuan kita stagnan dengan nasi Padang dan sate Madura saja. Masih banyak sajian, kudapan, dan hidangan spesial, yang tidak kalah enak dan menarik, dari seluruh Indonesia.

Yuk, sesekali berkunjung ke Kalimantan dan cicipi kulinernya. Di sana, kamu akan menemukan sambal dengan cita rasa yang sungguh berbeda. Kesegaran yang cenderung asam di dalam sambal, membuat rasa pedasnya jadi unik dan bikin penasaran.

Buah untuk buat sambal

Ternyata, untuk meracik formula sambal yang paripurna, penduduk lokal biasa menambahkan buah-buahan asam sebagai campuran. Jadi, kalau kamu mau bikin sambal ala Kalimantan, wajib tahu nih. Berikut ini 8 buah asam yang cocok jadi komposisi sambal asli Kalimantan:

1. Limau kuit

buah asam untuk sambal, buah jeruk asam untuk sambal

Masih termasuk jenis jeruk, namun limau kuit berkulit hijau sedikit keriput, berukuran relatif kecil, dan sangat asam, tanpa rasa manis. Limau kuit biasa menjadi pelengkap soto Banjar, dan beberapa jenis soto lain di Indonesia.

Baca Juga :  7 Tanaman untuk Pewarna Makanan Alami dalam Masakan

2. Hampalam

mangga muda buat sambal, mangga muda buat sambel, buah asam untuk sambal buah untuk buat sambal buah asam sambal

Wujudnya seperti mangga, karena masih satu kerabat dengan berbagai jenis mangga. Namun, hampalam tidak akan terasa manis ketika matang. Meski telah ranum, buah hijau ini tetap asam agak kekuningan. Biasanya, irisan hampalam dicampur bersama sambal, sehingga menghasilkan cita rasa yang segar dan bikin ketagihan.

3. Belimbing tunjuk

belimbing wuluh buat sambal, buah yang asam buat sambal

Penyebutan belimbing tunjuk didasari oleh bentuk buah yang menyerupai jari telunjuk. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai belimbing wuluh/ buluh. Sebagai campuran sambal, belimbing tunjuk diiris tipis, dan buah asam untuk sambal ini memberi efek segar.

4. Ramania

buah buat sambal, buah untuk buat sambal

Buah ramania – via : ecointa.com

Ketika matang, buah ramania berwarna kuning cerah dengan semburat kehijauan. Dalam sambal, campuran buah ramania akan menghasilkan cita rasa yang kaya, mulai dari asam, segar, dan sedikit manis, sehingga cocok disajikan dengan beragam menu.

5. Terong bulu

buah yang cocok untuk sambal, buah asam untuk sambal, buah untuk buat sambal

Berbeda dari terong lain yang populer dengan warna ungu, terong bulu berwarna kekuningan, cenderung bulat, dan relatif kecil. Sesuai namanya, terong ini memiliki bulu lembut pada kulitnya. Dan, seperti tampilannya yang unik, terong bulu memberikan rasa yang sangat asam dan khas sebagai campuran sambal.

6. Terong asam

terong buat sambal, sayuran buat sambal, buah untuk sambal

Meski tidak seasam terong bulu, terong asam memiliki rasa asam segar yang menambah selera makan. Terong asam berbentuk seperti tomat dengan warna kuning kehijauan, dan termasuk sayuran khas Kalimantan..

Baca Juga :  Tau Makanan Awetan? Ketahui 9 Metode Pengawetan Makanan dan Tujuannya

7. Asam kandis

buah buat sambal, buah buat sambal belacan

Kamu akan mendapatkan rasa pedas, segar, asam, dan manis, apabila menambahkan asam kandis ke dalam sambal. Buat racikan sambal sesuai selera, lalu iris tipis daging buah asam kandis, maka jadilah sambal yang super lezat.

8. Asam putar

buah asam untuk sambal, buah untuk buat sambal, buah asam sambal, buah yang cocok untuk sambal

buah asam putar buat sambal – via : goodnewsfromindonesia.id

Seiring dengan namanya, asam putar memiliki rasa asam, dan umumnya dibuka dengan putaran. Buah ini mempunyai biji tunggal yang besar, dengan tekstur daging buah yang berserabut. Sambal yang dicampur asam putar akan menguarkan aroma asam yang segar dan rasa asam yang bikin ketagihan.

Tertarik mencoba racikan sambal ala Kalimantan?