Ikuti 10 Cara Ini untuk Memilih Durian yang Tebal dan Manis

disanguan.com. Buah durian terkenal sebagai buah yang memiliki karakter. Rasa dan baunya yang khas, menciptakan dua kubu ekstrem. Ada yang menjadi penggemar durian hingga ke segala olahan, berupa pancake, es krim, moci, dan sebagainya. Ada pula yang menghindari durian, bahkan mencium baunya saja sudah merasa sakit kepala.

Nah, bagi para pecinta durian, ketika musim buah ini tiba, dunia terasa menjadi surga. Tapi, kalau masih awam, bisa jadi cukup kebingungan menentukan pilihan. Dari luar, tampilannya tidak berbeda. Sama-sama berduri, sama-sama hijau kekuningan, sama-sama berbau menyengat. Kira-kira, mana yang ranum, berdaging tebal, dan manis, ya?

cara pilih durian enak, cara memilih durian isi kuning, cara memilih durian yang isinya tebal

Tenang, tidak perlu gundah dan galau sampai berganti musim rambutan. Ternyata, ada banyak sekali tips ampuh untuk mendapatkan durian yang sempurna. Mau tahu? Simak, yuk!

Berikut ini 10 cara memilih durian berdaging tebal, empuk, dan manis :

1. Coba perhatikan bentuk masing-masing durian, dan andalkan ketajaman mata, serta kepekaan kamu terhadap geometri. Pilih durian yang bentuknya paling bulat, dan hindari yang cenderung lonjong. Karena, durian yang bulat biasanya memiliki daging buah yang lebih tebal.

2. Jika kamu telah menemukan sekumpulan durian berbentuk bulat, amati duri-duri pada kulitnya. Pilihlah durian dengan duri yang pendek dan renggang.

3. Setelah mengamati bentuk dan duri pada kulit durian, lihatlah bagian tangkainya. Durian yang memiliki tangkai pendek dan gemuk, menunjukkan bahwa durian tersebut berdaging tebal.

4. Sebelum beralih ke bagian lain, kamu masih harus memerhatikan tangkai durian. Pilih durian yang memenuhi tiga kriteria di atas, plus tangkai dengan getah yang masih segar. Getah tersebut menjadi tanda bahwa durian tersebut baru saja dipetik dari pohon.

cara memilih durian enak, cara pilih durian elok, cara membedakan durian enak, cara mengetahui durian enak

5. Selanjutnya, kamu perlu menimang-nimang durian untuk memperkirakan beratnya. Tapi, kamu jangan memilih yang paling berat, karena berarti durian tersebut memiliki biji yang besar. Jadi, kamu justru harus memilih yang ringan, karena dengan biji yang lebih kecil, dagingnya menjadi lebih tebal.

6. Warna kulit durian biasanya menjadi perhatian utama para pecinta durian yang masih awam. Ya, memang benar bahwa kulit durian yang masih hijau menandakan bahwa durian masih muda dan belum siap makan. Tapi, kulit yang kekuningan juga tidak menjamin kematangan durian. Harus lebih teliti, ya.

7. Cara lain untuk menguji kematangan durian, yaitu dengan mengetuknya. Durian yang matang akan menghasilkan suara “blugh” yang lebih berat, bukan keras atau nyaring.

8. Penggemar durian pastilah memiliki penciuman yang cukup tajam untuk membedakan kualitas durian. Coba kamu hirup aroma di area tengah durian. Semakin harum dan segar, maka menunjukkan kualitas daging durian yang empuk dan manis.

9. Poin terpenting, sebaiknya kamu tidak memilih durian dengan kulit yang terbelah, karena paparan udara akan membuat daging durian menjadi hambar.

10. Terakhir, demi mendapat banyak pilihan, pastikan kamu mencari durian di saat musim durian, ya. Kalau musim mangga atau musim durian sih sulit ketemunya.

Bagaimana? Mudah sekali, bukan? Tidak perlu risau, tidak perlu galau. Ikuti saja tutorial memilih durian di atas, agar kamu bisa menemukan durian idaman. Semoga berjodoh!