6 Daun untuk Lalapan Antimainstream, Segar dan Menyehatkan!

disanguan.com. Bagi pecinta sambal, serta penduduk asli di tanah Parahyangan dan Sumatera, pastilah begitu akrab dengan lalapan. Sayuran dan dedaunan yang tersaji mentah atau rebusan, begitu mantap disantap bersama sambal dengan level kepedasan di atas normal. Terlebih, selain segar dan memberi cita rasa yang unik, mengonsumsi lalapan juga baik bagi kesehatan. Lalapan dapat menetralisir kolestrol yang meningkat setelah kita memakan gorengan, bakar-bakaran, atau makanan bersantan.

daun lalapan, daun lalapan mentah, daun lalapan yang wangi, daun buat lalap, daun buat lalapan, lalapan daun daunan, gambar daun lalap

Nah, coba kamu ingat, apa saja sih tanaman yang biasa menjadi lalapan? Timun, leunca, selada, kacang panjang, sawi, toge, atau kemangi? Ah, mainstream! Masih ada lho, daun-daunan yang dapat dijadikan lalapan, tapi jarang dikonsumsi orang. Penasaran?

Berikut ini 6 daun untuk lalapan antimainstream yang perlu kamu coba:

1. Daun kedondong

Buah kedondong, dengan rasa asam yang segar, paling tepat disantap sebagai rujak. Meski kerap diabaikan, ternyata, daun kedondong juga dapat kamu nikmati sebagai lalapan, lho. Biasanya, dipilih daun kedondong muda, yang masih lunak dan renyah untuk dikunyah.

2. Daun jambu mete

Pucuk daun jambu mete yang kemerahan, rupanya begitu  nikmat dikonsumsi bersama sambal terasi dan nasi hangat. Rasanya yang kesat, dengan tekstur yang renyah, membuat daun jambu mete telah paripurna sebagai lalapan, tanpa perlu sentuhan tambahan.

Baca Juga :  7 Tanaman untuk Pewarna Makanan Alami dalam Masakan

3. Daun mangga

Barangkali, kamu hanya menantikan saat-saat berbuah dari pohon mangga di belakang rumah. Padahal, daun-daun hijau muda di pucuk pohon mangga juga dapat kamu santap sebagai lalapan, lho. Walau rasanya cenderung tawar dengan sensasi kesat yang berasal dari getah daun, daun mangga cocok disajikan dengan beragam jenis sambal.

4. Daun mengkudu

Buah mengkudu begitu populer dimanfaatkan sebagai obat beragam penyakit, meski memiliki rasa dan aroma yang tidak sedap. Menariknya, daun mengkudu juga mengandung nutrisi yang tidak kalah berkhasiat, lho. Melalui proses perebusan, kamu bisa mengurangi rasa pahit pada daun mengkudu, dan menikmatinya sebagai lalapan yang nikmat dan menyehatkan.

5. Daun pepaya

Tidak begitu antimainstrem, tapi kenikmatan daun pepaya hanya dapat dinikmati sebagian orang karena memiliki rasa yang sangat pahit. Kendati demikian, daun pepaya memiliki khasiat yang telah terbukti secara medis dalam mengobati beragam penyakit. Jadi, jangan sia-siakan herbal yang satu ini, ya. Jika tidak tahan dengan rasa pahitnya, kamu juga bisa menikmatinya dalam olahan tumis atau urap, kok.

6. Daun leunca

Leunca merupakan jenis lalapan yang sangat populer di tanah Sunda. Dan, ternyata tidak hanya buahnya, pucuk daun leunca yang muda dan renyah juga dapat menjadi lalapan yang menyehatkan. Pastinya lezat sekali jika dinikmati bersama sambal dan ikan bakar!

Baca Juga :  8 Buah Asam Buat Campuran Sambal Asli Kalimantan

Wah, kalau begini, kamu tidak akan pernah kehabisan lalapan, kan? Banyak sekali jenis dedaunan yang bisa kamu tanam sendiri, untuk dipetik saat dibutuhkan. Jangan lupa, sediakan pula aneka sambal dengan level pedas yang menantang, ya!