Kopi Campur Kuning Telur sebagai Obat Kuat?

disanguan.com. Pernah terbayang mencampurkan kopi dengan kuning telur?

Kedengarannya memang parah dan menjijikan. Namun komentar buruk itu biasanya terlontar sebelum dibuktikan. Sebab banyak orang yang mencoba resep ini, kemudian jadi berubah pikiran.

Dulu ada resep kopi yang kerap jadi rekomendasi Youtubers, Vloggers atau Bloggers fitnes. Resep itu disebut ‘bulletproof coffee‘. Bahannya terdiri atas kopi premium, dua sendok mentega tawar (berasal dari susu sapi yang makan rumput), dan satu-dua sendok minyak kelapa MCT (medium chain triglycerides). Ketiga bahan diaduk dan kopi pun siap dinikmati.

kopi campur telur ayam, kopi dan telur ayam, kopi dan telur asin, manfaat kopi dan telur ayam, manfaat kopi dicampur telur ayam, manfaat kopi dan telur asin, kopi dan telur bebek, kopi plus telur bebek, khasiat kopi campur telur

Namun situs besar seperti Metro.co.uk justeru tidak merekomendasikannya, lebih lagi jika kopi itu diklaim bisa mengganti peran makanan.

Kini ada racikan kopi lain yang bahannya sangat sederhana. Cukup kopi dan kuning telur mentah saja, bisa telur ayam kampung, atau telur bebek. Mungkin kolaborasi ini bukan sesuatu yang lazim dan familier. Namun siapa sangka, racikan kopi ini sudah populer di Vietnam, Hungaria dan Skandinavia.

Orang-orang tertarik mencobanya. Selain aneh dan “menantang”, pembuatannya juga praktis dan tidak memakan waktu lama. Banyak yang memanfaatkannya untuk mendongkrak stamina.

Lalu bagaimana jadinya jika kuning telur yang dicampurkan itu masih mentah?

Cara yang benar tidak akan terusik oleh bakteri salmonella. Jika kopinya masih sangat panas, setidaknya berukuran sekitar 93 derajat Celcius, maka kuning telurnya bisa jadi matang. Bahkan telur bisa masak dalam air panas berukuran minimal 70 derajat Celcius. Oleh karena itu, kuning telur tidak cocok dicampurkan dengan latte atau varian kopi lain yang dingin.

Baca Juga :  10 Makanan Terbesar yang Pecahkan Rekor Dunia  

Intinya, keadaan kopi atau seduhan yang tepat sangat berpengaruh dalam meracik kopi kuning telur. Demikian juga dengan porsinya, yang cukup dan tidak berlebihan. Selain itu, pemilihan telur yang sudah di-pasteurisasi juga lebih dianjurkan. Dengan kata lain, telur tersebut sudah menjalani proses pemanasan untuk memperlambat tumbuhnya mikroba dan menumpas organisme berbahaya.

Pro-kontra

Tak dipungkiri, memang ada pertentangan ketika racikan kopi ini menjadi minuman pendamping saat olahraga. Sebagaimana kita tahu, para ahli menyarankan kopi sebelum berolahraga. Saran ini tidak berlaku bagi mereka yang sensitif terhadap kafein.

Namun kopi bukan minuman terbaik setelah berolahraga, sebab badan akan cenderung terforsir dan tidak bisa istirahat. Lain lagi dengan protein, yang terdapat pada telur kuning, yang sebaiknya dikonsumsi pasca olahraga. Sebab protein bisa menjadi zat yang menyempurnakan proses pemulihan. Kopi campur kuning telur. #RD