7 Makanan China yang Aneh, Mau Coba?

disanguan.com. Makanan aneh China. Eksotisme negeri tirai bambu sudah tidak perlu diragukan lagi. China selalu berhasil menghadiahi para wisatawan dengan cerita yang penuh warna. Karena, selain terkenal dengan kekentalan budaya dan kekayaan sejarah, China juga kerap memanjakan pelancong dengan street food yang ekstrem dan kuliner yang tidak wajar.

Ya, tidak seperti jajanan di Indonesia yang sebagian besar berbahan dasar tepung, sayur, dan buah-buahan, kudapan asal China justru menyajikan hewan-hewan. Dan, menariknya, mereka punya cara yang nyeleneh dalam mengolah makanan, serta menggunakan hewan-hewan yang tidak umum dikonsumsi manusia. Hmm, seperti apa, ya? Simak, yuk!

Inikah 7 makanan China yang unik, aneh, dan nyeleneh:

1. Sate serangga

makanan china yang terkenal, makanan china yang terkenal unik, makanan china aneh

Aneka serangga dapat kamu temukan ketika berburu street food di China. Kudapan ngeri ini, sering kali menjadi uji mental bagi para wisatawan. Bayangkan saja, meski sudah matang digoreng dan menjadi sate, kalau melihat bentuk kaki-kaki kalajengking, kelabang, dan tarantula, tetap saja bikin merinding, kan.

2. Kepala bebek

makanan china yang terkenal, makanan china yang mudah dibuat, makanan china yang mendunia, makanan china yang disukai indonesia, makanan china yang terkenal di indonesia, makanan china yang halal, makanan china yang aneh

Berbagai kuliner yang berbahan dasar bebek, umumnya hanya mengolah bagian badan saja. Namun, makanan ala Shanghai ini lain cerita. Kepala bebek justru menjadi sajian utama dengan ungkepan aneka rempah dan alkohol sebagai pelengkap. Wah, kalau untuk muslim, alkohol bisa diganti cola kali, ya.

Baca Juga :  12 Street Food Korea Selatan Ini Bakalan Rugi Kalau Kamu Lewatkan!

3. Telur bitan

makanan china yang aneh

Sekilas, telur bitan tampak seperti batu polesan yang artistik. Padahal, kuliner unik ini terbuat dari telur ayam biasa yang menjalani proses pengawetan dalam adonan tanah liat, kapur, sekam padi, abu, dan garam. Lalu, setelah beberapa minggu atau bulan, voila! Kuning telur telah berubah menjadi krim hijau gelap berbau belerang dan putih telurnya menjadi kecokelatan.

4. Anak ayam

makanan asal china, masakan china ayam cili kering, makanan berat china, makanan khas budaya china, makanan di china, di china makan bayi ayam

Makan daging ayam itu biasa saja. Tapi, kalau di China, bukan hanya ayam dewasa yang disantap, melainkan juga anak ayam! Duh, membayangkan anak-anak ayam kuning yang imut itu, masih tega?

5. Tahu busuk

makanan tradisional negara china

Konsep wangi makanan yang menggugah selera, tidak berlaku pada tahu asal Beijing ini. Meski memiliki bentuk yang umum, namun sesuai namanya, tahu busuk menguarkan bau yang menyengat dan berwarna kusam kehitaman. Tahu busuk dibuat selama beberapa hari atau bulan dalam rendaman fermentasi keledai atau sayuran. Biasanya, tahu busuk disantap dalam wujud sup atau digoreng.

6. Katak panggang

makan katak, makan kodok, kodok goreng di china, kodok panggang di china

Street food yang satu ini menjadi salah satu kuliner yang diburu wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Katak panggang juga kerap kita jumpai pada restoran-restoran China yang ada di Indonesia. Tapi, hati-hati bagi para muslim. Katak yang notabene hewan amfibi ini tidak halal untuk dikonsumsi, ya.

Baca Juga :  10 Makanan Khas Arab yang Enak, Terkenal di Indonesia

7. Sate kuda laut

makanan aneh china, makanan aneh di china, makanan china yang aneh

Bicara soal seafood, paling-paling kita akan membayangkan ikan, kerang, udang, gurita, atau kepiting. Sementara di China, kuda laut pun menjadi sate goreng, lho. Tapi, bagi kita yang jarang lihat kuda laut hidup, rasanya janggal sekali untuk menikmatinya dalam wujud makanan. Hmm … aneh-aneh saja, ya. Unik, sih. Kalau kamu, berani coba yang mana?