Asli, Wajib Coba! 15 Makanan Enak Khas Betawi

disanguan.com. Menjadi ibu kota negara sekaligus pusat perekonomian, Jakarta menampung tumpah ruah penduduk dari beragam suku di Indonesia. Kendati demikian, Jakarta memiliki suku asli Betawi yang masih lestari hingga saat ini. Dan, meski modernitas tak henti menggerus warisan tersebut, kita masih dapat menyaksikan pernak-pernik khas Betawi seperti ondel-ondel, rumah tradisional, dan kesenian yang bertahan dengan penuh perjuangan.

Belum lagi, makanan autentik yang kian tergantikan dengan sajian kafe kekinian. Sedih, ya. Padahal, banyak sekali makanan khas Betawi yang super lezat dan memanjakan lidah. Atau, jangan-jangan kamu juga tidak tahu makanan khas Betawi selain soto Betawi, roti buaya, dan kerak telor?

Wah, agar tetap mencintai, menghargai, dan turut melestarikan kuliner lokal, kamu wajib coba dulu 15 makanan asli Betawi berikut ini :

1. Selendang mayang

makanan betawi jaman dulu, makanan betawi asli, masakan betawi asli

Jajanan cantik yang disajikan bersama santan dan es serut ini terbuat dari tepung beras dan tepung hunkwe. Tapi, sayang sekali, telah sulit menemukan kesegaran selendang mayang di tengah teriknya kota Jakarta.

Baca Juga :  6 Makanan dari Payakumbuh yang Menggugah Selera

2. Laksa Betawi

makanan laksa betawi, makanan adat betawi, makanan adat betawi dan keterangannya, makanan tradisional betawi adalah, makanan khas betawi apa aja

Hidangan yang terdiri dari mi gandum atau bihun ini amat lezat dengan kuah kaldu yang lengkap dengan sayuran, kemangi, tauge, dan telur. Karena tidak begitu berat, Laksa Betawi cocok menjadi sarapan atau makan malam.

3. Nasi ulam

makanan berat betawi, makanan bahasa betawi, makan bahasa betawi, makanan khas betawi brainly

Dikukus bersama rempah, yang terdiri dari serai, daun salam, dan lengkuas, menjadikan nasi ulam terasa begitu nikmat. Ditambah taburan serundeng dan topping lainnya, jadi makin sempurna!

4. Sayur besan

foto makanan betawi, makanan khas betawi

Makanan legendaris ini terbuat dari bahan yang langka, yaitu pucuk atau bunga tebu telur. Ditambah kentang, ebi, dan petai, sayur besan menjadi sajian spesial dalam acara pernikahan, sebagai lambang penghormatan dan kekeluargaan untuk keluarga mempelai.

5. Ketoprak Betawi

makan khas betawi, makanan khas betawi jakarta, makanan khas betawi yang hampir punah, makanan khas betawi dan keunikannya

Termasuk yang populer, ketoprak terdiri dari tahu, kecambah, timun, dan bihun. Umumnya, ketoprak juga dilengkapi ketupat dan telur, lalu diberi siraman saus kacang plus kecap manis, dan paripurna bersama emping atau kerupuk.

6. Kue rangi

makanan manis khas betawi

Kamu masih dapat menemukan kue rangi di pelosok Jakarta. Kue Rangi atau sagu rangi berbahan dasar tepung kanji atau tepung sagu panggang dengan kelapa parut yang dicetak secara khusus dan dimasak dengan tungku kecil. Selain olesan gula merah, ada pula yang menambahkan potongan nangka, nanas, atau durian.

Baca Juga :  19 Makanan Khas Jawa Tengah yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

7. Ayam sampyok

masakan ayam khas betawi, makanan khas betawi bahan dari ayam

Dua kali proses pembumbuan hingga meresap sempurna, membuat kegurihan ayam sampyok amat memanjakan lidah. Sering menjadi hidangan hajatan atau acara spesial, ayam sampyok merupakan salah satu wujud akulturasi budaya Betawi dan Tionghoa.

8. Mi kangkung

apa saja makanan khas betawi, jenis makanan betawi, apa makanan dari betawi, apa makanan orang betawi, apa makanan khas dari betawi

Mi telur kuning, berkuah kaldu daging sapi atau ayam yang kental oleh maizena dan tapioka, dipadukan dengan kangkung, menjadi santapan lezat yang hanya dapat kamu temukan di tanah Betawi. Apalagi, jika ditambah jamur dan bakso. Perfecto!

9. Ongol-ongol

apa makanan khas orang betawi, apa nama makanan khas betawi, apa itu makanan khas betawi, nama makanan betawi, nama makanan khas betawi

Rasa legit ongol-ongol berasal dari gula aren dan tepung sagu. Dengan taburan kelapa parut, ongol-ongol begitu nikmat dikonsumsi bersama teh di pagi hari. Selain itu, makanan favorit orang Betawi ini juga dinantikan dalam acara khitanan dan perkawinan.

10. Bubur ase

nama makanan adat betawi, nama makanan tradisional betawi, nama makanan khas suku betawi, nama makanan orang betawi

Dari sekian banyak bubur di Jakarta, bubur ase kini sulit dijumpai. Dengan campuran semur daging khas Betawi, bumbu rempah, dan kentang, bubur ase terasa unik karena disajikan dalam kondisi dingin.

11. Asinan Betawi

apa saja makanan khas betawi, jenis makanan betawi, apa makanan dari betawi, nama makanan adat betawi

Perpaduan kubis, sawi, kecambah, selada, dan tahu, dengan siraman bumbu kacang plus cuka dan cabai, ditambah topping berupa taburan kacang goreng dan remukan kerupuk kuning. Dengan rasa yang segar dari sayuran yang diawetkan, asinan Betawi cocok disantap saat jam makan siang.

Baca Juga :  10 Makanan Indonesia yang Mendunia, Populer di Mancanegara

12. Soto tangkar

makanan enak khas betawi, makanan nikmat khas betawi, makanan lezat khas betawi

Pecinta soto merapat! Wajib coba nih, soto tangkar berbahan iga sapi yang gurih dengan bumbu kaya rempah. Hanya saja, kuliner ini sudah hampir punah dan sulit ditemukan.

13. Sayur gabus pucung

makanan betawi jaman dulu

Sesuai namanya, menggunakan ikan gabus berbumbu ketumbar, lalu tersaji dalam kuah sayur, yang terdiri dari sereh, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam, tomat, bawang, jeruk limau, dan cabai rawit. Asam, pedas, gurih, dan pastinya, lezat!

14. Pecak lele

masakan ikan khas betawi, makanan bahan dasar ikan dari betawi, makanan khas betawi ikan

Jangan salah baca. Pecak lele, bukan pecel lele. Sama-sama berbahan dasar lele goreng, tapi makanan khas betawi ini bercita rasa unik dengan siraman bumbu dari santan, saus kacang, dan air asam jawa.

15. Sayur babanci

masakan sayur khas betawi, makanan asli betawi, makanan pedas dari betawi, makanan khas betawi jakarta

Hidangan berkuah pedas yang biasa hadir pada hajatan atau acara khusus ini, terdiri dari sayuran, daging sapi, kelapa muda, dan petai. Sedihnya, perpaduan lezat itu kini sudah sulit ditemukan.

Karena itu, yuk, lestarikan kuliner lokal. Jangan ke kafe terus, ya. Sekali-kali, main ke warung legendaris di sudut-sudut Jakarta, dan cobain 15 makanan khas Betawi di atas. Dijamin puas!