9 Makanan Khas Indonesia yang Unik, Gak Semua Orang Ngerasain

disanguan.com. Sebelum jauh-jauh mengeksekusi rencana wisata kuliner di negeri orang, kenapa tidak menjajal makanan unik khas Indonesia dulu?

Makanan bisa menjadi salah-satu bentuk kreativitas yang kompleks. Pasalnya makanan mesti memiliki paduan cita rasa, aroma, penampilan, bahan dan cara pengolahan yang menarik. Hal ini terlihat dari menu kreatif yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara.

Seluruh provinsi di Indonesia pasti memiliki makanan khas masing-masing. Beberapa diantaranya dinilai begitu kreatif, sebab bahan makanan yang dicampurkan memang unik. Sehingga cita rasanya hampir tidak bisa dibandingkan dengan yang lain.

Nah, apa saja 9 Makanan Kreatif Indonesia Cita Rasa Unik Khas Nusantara?

1. Kerak Telor

nama makanan indonesia unik, makanan indonesia yg unik, menu makanan unik indonesia, produk makanan unik indonesia, makanan khas indonesia yang unik
Makanan legit dan gurih ini berasal dari Jakarta. Bahan-bahan utamanya berupa telur, beras ketan putih, sangrai ebi dan bawang goreng. Bumbunya berupa kelapa sangrai, kencur, cabai merah, merica butiran, jahe, garam dan sedikit dicampur gula pasir. Semua diolah dalam penggorengan khas. Eksistensi kerak telor masih terjaga, sebab orang-orang tetap kepincut sama keunikannya.

Baca Juga :  45 Makanan Enak di Dunia yang Jadi Incaran Traveler

2. Rengginang

makanan unik ala indonesia, makanan unik di indonesia, makanan unik dari indonesia

Salah besar kalau beras ketan hanya pantas menjadi makanan berat. Sebab orang Indonesia mampu mengkreasikan berat ketan menjadi camilan lezat berupa rengginang. Kerupuk ini biasanya berbentuk bulat dan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, barulah rengginang digoreng dalam ‘kolam minyak’. Selain renyah, rasanya juga bikin nagih. Cocok dijadikan teman ngopi atau minum teh.

3. Oncom

produk makanan unik di indonesia, fakta unik makanan indonesia, makanan unik khas indonesia

Ada yang mengonsumsi oncom secara langsung? Makanan populer dan khas Jawa Barat ini biasanya harus diolah dulu atau dicampur dengan bahan makanan lain. Umumnya oncom merah terbuat dari bungkil tahu, sedangkan oncom hitam dari bungkil kacang tanah. Oncom ini menjadi satu-satunya bahan makanan manusia yang menggunakan genus fungi dalam filum Ascomycota (Neurospora). Anda bisa mengolah oncom dengan menggorengnya, mencampurnya dengan sambal, jadi isi comro (oncom dijero/di dalam), dll.

4. Rujak Cingur

makanan indonesia yang unik, nama makanan indonesia yang unik, resep makanan indonesia yang unik, makanan ringan khas indonesia yang unik

Kata ‘rujak’ tentu sudah akrab di telinga anda. Sehingga kebayang bagaimana rasa dari rujak. Ada pun cingur yaitu mulut atau moncong sapi. Jadi menu ini berisi irisan moncong sapi rebus yang dicampurkan dalam sebuah hidangan. Bisa dicampur bumbu petis atau kacang. Rujak khas ini biasanya mudah ditemukan di daerah Surabaya atau Jawa Timur.

Baca Juga :  12 Makanan Olahan dari Singkong yang Enak dan Mudah Dibuat

5. Naniura/Dengke Mas na Niura/ Ikan Mas Na Niura

makanan dengan nama unik di indonesia yang enak

Jika sudah akrab dengan Sashimi khas Jepang, anda bisa membandingkannya dengan Naniura. Makanan khas Batak (Tapanuli) ini juga menggunakan ikan mentah sebagai bahan utamanya. Namun bumbu-bumbunya lebih ribet. Tetapi cita rasanya tetap enak. Ada sensasi manis, asam dan pedas sekaligus. Dahulu menu ini dikhususkan untuk raja atau bangsawan. Namun kini semua orang punya kesempatan untuk membuat dan mencicipinya.

6. Dadih

makanan makanan unik indonesia

Bisa dibilang, dadih adalah yogurt tradisional asli Indonesia. Pembuatannya mirip seperti yogurt baisanya. Dadih berasal dari Minangkabau. Bahan utamanya adalah susu kerbau. Katanya dadih juga bisa menjadi lauk yang mendampingi nasi.

7. Kerupuk Kulit

makanan unik khas indonesia, makanan ringan unik khas indonesia, resep makanan unik khas indonesia, makanan paling unik di indonesia, makanan unik tradisional indonesia, makanan indonesia yang unik

Beberapa daerah menamainya sebagai jangek atau rambak, namun intinya sama-sama kerupuk kulit. Biasanya kerupuk ini terbuat dari kulit babi atau sapi. Cita rasanya sangat berkarakter. Produsen juga mencampurnya dengan bumbu rempah atau penambah rasa, sehingga sensasi gurihnya jadi bikin nagih.

8. Saren/ dideh/ marus

makanan haram indonesia, produk makanan haram indonesia, makanan haram di indonesia, daftar makanan haram indonesia, produk makanan haram di indonesia

Makanan khas Jawa ini terbuat dari darah sapi atau ayam. Darahnya dipadatkan dengan cara dibekukan/dikukus, lalu diolah lagi menjadi opor atau sate. Karena berasal dari darah, hukum Islam pun mengharamkan konsumsi saren/marus. Pemerintah juga sebenarnya melarang penjualan makanan ini, sebab syarat kesehatan di dalamnya tidak terpenuhi.

Baca Juga :  6 Makanan dari Payakumbuh yang Menggugah Selera

9. Kol Goreng

makanan ringan unik di indonesia, nama makanan unik di indonesia, produk makanan unik di indonesia, makanan unik khas indonesia, resep makanan unik khas indonesia

Istilah ‘sayur kol’ sempat menggema beberapa waktu lalu. Selain menjadi inspirasi lagu, kol kerap dikonsumsi dalam bentuk masakan sayuran atau salad. Namun ada daerah, terutama Yogyakarta, yang menggorengnya. Cara penyajian ini tentu aneh, tapi memang eksis. Hanya saja, sebaiknya anda tidak mengonsumsi kol goreng berlebihan.

Kreativitas tanpa batas memang menghasilkan sesuatu yang unik dan aneh, ya. Anda pernah mencicipi apa saja dari daftar di atas? Atau, adakah makanan kreatif khas Indonesia lain yang patut dicoba? Demikian, Menu Makanan Unik Khas Indonesia . #RD