14 Makanan yang Mengandung Banyak Asam Folat Bagus untuk Bumil

Disanguan.com. Makanan Sumber Asam Folat. Asam folat atau vitamin B9, termasuk nutrisi penting dalam tubuh manusia, terutama pada masa kehamilan. Asam folat berfungsi untuk mendukung pembentukan sel-sel tubuh dan otak janin, serta mengurangi risiko terjadinya masalah kelahiran.

Namun, tidak hanya untuk ibu hamil saja, lho. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, dianjurkan untuk setiap orang, setidaknya 400 mcg per hari, dan meningkat menjadi 600 mcg per hari untuk ibu hamil di trimester kedua dan ketiga.

Tenang saja, tidak sulit untuk memenuhi kebutuhan asam folat, karena nutrisi ini terkandung secara alami dalam berbagai makanan. Yuk, cari tahu sumber-sumber terbaiknya!

Berikut, 14 jenis makanan yang tinggi asam folat dan wajib dikonsumsi ibu hamil dan menyusui:

1. Asparagus

makanan asam folat bagi ibu hamil, makanan asam folat agar cepat hamil, makanan kaya asam folat untuk ibu hamil, makanan asam folat untuk ibu hamil, makanan asam folat untuk promil, makanan mengandung asam folat, makanan asam folat apa aja, asparagus

Terkandung beragam nutrisi penting dalam asparagus, yang berperan sebagai antioksidan, anti inflamasi, serta anti bakteri. Dan, jenis sayuran hijau yang satu ini rupanya juga mengandung asam folat yang cukup tinggi, hingga 134 mcg per 90 gram. Jumlah tersebut telah memenuhi 34% kebutuhan folat yang disarankan.

2. Brokoli

makanan asam folat dan zat besi, makanan asam folat zat besi, makanan asam folat vitamin b, makanan yg mengandung asam folat adalah, makanan kaya akan asam folat, makanan mengandung asam folat bagi ibu hamil, makanan buat asam folat, makanan yang banyak asam folat, makanan yang mengandung asam folat dan b12, makanan yang mengandung asam folat zat besi dan kalsium, brokoli

Kamu bisa mendapatkan manfaat besar dari vitamin dan mineral yang terkandung dalam brokoli, termasuk folat. Ada baiknya, kamu memasak brokoli lebih dulu untuk mendapatkan kandungan folat yang lebih tinggi, yaitu sekitar 84 mcg dalam setiap 78 gram brokoli.

Baca Juga :  Makanan Untuk Anak Tipes, Orang Tua Wajib Baca Informasi Ini!   

3. Alpukat

kolesterol buah alpukat, buah alpukat kolesterol, alpukat buah kolesterol, buah penurun kolesterol dan asam urat paling cepat, buah herbal kolesterol, buah untuk kolesterol normal, buah penurun kolesterol paling ampuh

Kaya akan potasium, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B6, menjadikan alpukat sebagai pilihan yang tepat bagi pegiat hidup sehat. Dari satu setengah alpukat, kamu akan mendapatkan 82 mcg folat atau sekitar 21% kebutuhan harian. Kandungan lemak tak jenuh dalam buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Aneka sitrun

apa itu makanan asam folat, apa saja makanan mengandung asam folat, makanan apa saja yg mengandung asam folat tinggi, makanan apa saja yang mengandung asam folat untuk ibu hamil, makanan apa saja yang tinggi asam folat, jenis makanan asam folat, jenis makanan asam folat untuk ibu hamil, jenis makanan tinggi asam folat, jenis makanan sumber asam folat

Berbagai jenis jeruk, lemon, dan sitrun lainnya, telah terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko beragam penyakit. Tidak hanya itu, aneka sitrun juga mengandung asam folat tinggi. Dalam satu jeruk ukuran besar, terkandung 55 mcg folat yang setara dengan 14% kebutuhan harian.

5. Pisang

makanan untuk kesuburan agar cepat hamil, makanan utk kesuburan agar cepat hamil, makanan untuk kesuburan adalah, makanan untuk menambah kesuburan agar cepat hamil

Sepaket nutrisi penting di dalam pisang dapat menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat dan kuat. Dan, rupanya satu pisang ukuran sedang pun dapat memberi asupan folat hingga 23,6 mcg atau 6% dari dosis harian yang direkomendasikan.

6. Hati sapi

hati sapi, makanan yang mengandung asam folat tinggi, makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil, makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil, makanan yang mengandung asam folat dan dha, makanan yang mengandung asam folat tinggi untuk ibu hamil, makanan yang mengandung asam folat untuk bumil, makanan yang mengandung asam folat dan b12, makanan yang mengandung asam folat bagi ibu hamil, makanan yang mengandung asam folat paling tinggi

Jika kamu menginginkan sumber folat yang lebih tasty dan berasal dari hewan, cobalah hati sapi. Dalam 85 gram hati sapi matang terkandung 212 mcg folat atau sekitar 54% dari dosis harian. Hati sapi juga tinggi protein, vitamin A, vitamin B12, dan tembaga.

7. Biji-bijian terfortifikasi

Beberapa produk olahan biji-bijian, seperti roti atau pasta, ada yang mengalami proses fortifikasi untuk meningkatkan kandungan asam folat di dalamnya. Namun, takarannya tentu bervariasi pada setiap produk. Menariknya, folat yang berasal dari proses fortifikasi lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan asam folat dari makanan. Sebagai perbandingan, pada biji-bijian biasa, umumnya terdapat 24 mcg folat dalam satu takaran saji atau sekitar 6% dari kebutuhan harian. Sementara produk fortifikasi bisa memenuhi 26% kebutuhan folat harian dalam satu takaran saji atau sekitar 140 gram.

Baca Juga :  Makanan Supaya Cerdas, Disarankan untuk Janin Ibu Hamil

8. Biang gandum

Wheat germ atau biang gandum tidak hanya dapat memenuhi asupan serat harian, melainkan juga sumber folat yang dapat diandalkan. Makanan yang juga kaya akan antioksidan ini mengandung 78,7 mcg folat dalam takaran 28 gram, atau setara 20% kebutuhan folat harian.

9. Aneka kacang dan polong

Kacang-kacangan (kenari, almond, dsb) dan polong-polongan (kacang merah, edamame, dsb) tergolong sumber folat yang baik. Dalam secangkir (177 gram) kacang merah matang saja terkandung 131 mcg folat, atau sekitar 33% dari kebutuhan harian. Sementara itu, dalam 28 gram kacang kenari mengandung 28 mcg folat, untuk memenuhi 7% kebutuhan harian. Terlebih, aneka kacang dan polong juga mengandung aneka vitamin, mineral, protein, dan serat pangan.

10. Sayuran hijau

sayuran hijau untuk kesuburan mempercepat kehamilan, sayur hijau

Bayam, kale, sawi, kangkung, dan berbagai jenis sayuran berdaun hijau lainnya begitu kaya akan vitamin dan mineral,  termasuk pula asam folat. Dalam 30 gram bayam saja, terkandung 58,2 mcg folat atau setara 15% dari porsi yang direkomendasikan.

11. Telur

makanan bikin cerdas anak, makanan bayi agar cerdas, makanan agar anak cerdas dalam kandungan, makanan biar anak cerdas saat hamil, makanan agar anak cerdas saat hamil, makanan untuk otak cerdas anak, makanan agar anak cerdas dan tinggi

Dalam satu butir telur ukuran besar, terkandung 23,5 mcg folat, atau sekitar 6% dari jumlah yang disarankan. Mengonsumsi telur secara rutin akan berdampak baik bagi kesehatan karena kandungan protein yang tinggi, selenium, riboflavin, vitamin B12, dan beragam antioksidan.

Baca Juga :  4 Cara Paling Jitu Meningkatkan Sel Darah Merah

12. Buah bit

Komponen mineral dan vitamin yang terkandung dalam buah bit sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Buah bit termasuk sumber terbaik asam folat, karena pada setiap 136 gram buah bit, terdapat 148 mcg folat yang dapat memenuhi 37% dosis folat harian.

13. Pepaya

pepaya, makanan menaikkan trombosit pada anak, makanan buat trombosit naik, makanan biar trombosit naik, makanan buat trombosit, makanan yang banyak trombosit

Untuk menjalani hidup sehat, tidak perlu ragu memasukkan pepaya dalam menu harian kamu. Makanan yang tinggi vitamin C, potasium, dan karotenoid ini mengandung 53 mcg folat setiap 140 gram, dan dapat memenuhi 13% asupan harian yang disarankan.

14. Kubis mini

kubis mini, brussel sprouts, jenis makanan dengan asam folat tinggi, makanan apa mengandung asam folat, jenis makan mengandung asam folat, cara makan asam folat, apa saja makanan asam folat

Kubis mini, salah satu makanan yang kaya asam folat – via : kmisto.info

Sayuran hijau yang mirip dengan kale, brokoli, dan kol ini punya dampak positif bagi kesehatan karena mengandung senyawa anti inflamasi, dan menjadi salah satu sumber folat. Dalam 78 gram kubis mini atau dalam Bahasa Inggris disebut brussel sprouts yang telah matang, kamu akan mendapatkan 47 mcg folat dan memenuhi 12% kebutuhan harian.

Ya, meski dalam kondisi biasa kamu tidak begitu sadar untuk memenuhi kebutuhan asam folat, tapi dalam masa kehamilan wajib konsumsi 14 makanan di atas, ya!