20 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Sehat plus Lezat!

Disanguan.com. Makanan yang mengandung protein. Bagi tubuh manusia, protein berperan dalam pembentukan fisik, meliputi organ dalam, otot, kulit, hormon, dan berbagai komponen penting lainnya. Maka, mengonsumsi makanan yang mengandung protein amat penting dan krusial bagi kesehatan. Diet tinggi protein juga dapat menjaga berat tubuh tetap ideal dengan mengurangi lemak perut, serta meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi protein secara rutin juga dapat menstabilkan tekanan darah, mencegah diabetes, dan mengurangi risiko beragam penyakit. Terutama, dalam porsi yang dianjurkan atau recommended daily intake (RDI) yaitu sekitar 46 gram untuk perempuan dan 56 gram untuk laki-laki.

Makanan yang mengandung protein apa aja?

Kabar baiknya, senyawa protein umumnya terkandung dalam lauk-pauk, sehingga mayoritas makanan yang sarat protein memiliki rasa yang lezat. Apa saja? Berikut ini 20 makanan tinggi protein yang sehat dan enak dikonsumsi:

1. Dada ayam

masak dada ayam, dada ayam, makanan yang mengandung protein hewani, makanan yang mengandung protein adalah, makanan yang mengandung protein tinggi, makanan yang mengandung protein apa aja, makanan yang mengandung protein hewani adalah, makanan yang mengandung protein banyak, makanan yang mengandung vitamin b protein

Satu buah dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram protein, dengan 284 kalori. Makanlah dengan beras merah atau kentang rebus, jika ingin lebih sehat, ya!

Baca Juga :  4 Cara Paling Jitu Meningkatkan Sel Darah Merah

2. Telur

Makanan yang sering kali menjadi menu sarapan ini dapat dikatakan “superfood” dengan 6 gram protein dalam satu telur ukuran besar, dan mengandung 78 kalori.

3. Keju cottage

Dalam satu cangkir keju cottage yang lembut, atau sekitar 226 gram, terkandung 27 gram protein, dengan 194 kalori.

4. Susu

Bagi kamu yang tidak alergi terhadap susu, bersyukurlah. Karena dalam satu cangkir susu, kamu akan memperoleh manfaat dari 8 gram protein, dengan 149 kalori.

5. Biji labu

Apabila kamu menyantap sekitar 28 gram biji labu, kamu akan mendapatkan 5 gram kandungan protein, dengan 125 kalori. Tidak hanya itu, ada pula berbagai vitamin dan mineral yang ikut serta.

6. Udang

Makanan laut yang satu ini dapat menjadi salah satu sumber protein terbaik. Terlebih, dengan kalori yang rendah, yaitu sekitar 84 kalori saja, 85 gram udang telah mengandung 18 gram protein.

7. Dada kalkun

Sajian kalkun tidak pernah gagal menggugah selera, bukan? Kabar baiknya, dalam 85 gram dada kalkun, terdapat 24 gram protein, dan hanya mengandung 146 kalori.

8. Ikan

makanan yang mengandung protein contohnya, contoh makanan yang mengandung protein hewani, contoh makanan yang mengandung protein beserta gambarnya, ikan goreng, ikan yang digoreng

Ikan goreng : superstarfloraluk.com

Untuk meningkatkan asupan protein penduduk Indonesia dan pemanfaatan hasil laut secara optimal, pemerintah gencar mengkampanyekan “gemar makan ikan”. Wajar saja, meski dalam jumlah yang bervariasi, berbagai jenis ikan mengandung protein yang tinggi. Misalnya, ikan salmon yang mengandung 19 gram protein dalam setiap 85 gram, dengan 175 kalori.

Baca Juga :  Ampuh Turunkan Berat Badan, 17 Makanan Terbaik untuk Diet Anti-Gagal!

9. Kacang tanah

Sekali makan, kacang tanah sering kali bikin ketagihan. Maka, kamu harus hati-hati agar tidak mengonsumsi terlalu banyak. Karena dengan 28 gram saja, kamu akan mendapatkan 7 gram protein, plus 159 kalori.

10. Roti ezekiel

Di antara segala jenis roti, roti ezekiel tergolong yang paling bergizi. Selain serat pangan yang tinggi, satu lapis roti ezekiel mengandung 4 gram protein, dengan 80 kalori.

11. Lentil

Termasuk jenis polong-polongan, lentil mengandung beragam nutrisi penting bagi kesehatan. Dan dalam satu cangkir atau sekitar 198 gram lentil rebus terkandung 18 gram protein, dengan 230 kalori.

12. Whey protein

Suplemen whey protein sering kali dikonsumsi untuk mendukung pembentukan otot dan menjaga kestabilan berat badan. Namun, setiap produk memiliki kandungan yang bervariasi. Umumnya, dalam satu takaran saji terkandung protein yang tinggi hingga 20—50 gram.

13. Kinoa

Di Indonesia, nama kinoa atau quinoa belum begitu populer. Padahal, makanan tinggi serat dan antioksidan ini juga sumber protein yang baik dengan 8 gram protein per 185 gram, dengan 222 kalori.

14. Ikan Tuna

Rasanya yang khas jelas begitu lezat untuk disantap. Dan, lebih dari sekadar enak, 154 gram tuna mengandung 39 gram protein, dan hanya memberi 179 kalori, lho.

Baca Juga :  Makanan Supaya Cerdas, Disarankan untuk Janin Ibu Hamil

15. Kubis mini

Seperti kerabatnya, kale dan brokoli, kubis mini yang disebut juga Brussels sprouts mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, 78 gram kubis mini juga mengandung 2 gram protein, hanya dengan 28 kalori.

apa saja makanan yang mengandung protein nabati, apa saja makanan yang mengandung protein hewani, apa saja jenis makanan yang mengandung protein, apakah makanan yang mengandung protein tinggi, makanan apa yang mengandung protein hewani, jenis makanan yang mengandung protein paling tinggi, steak daging sapi dan sayur kubis kecil, kubis mini Brussels sprouts dan steak daging sapi

16. Daging sapi

Pilihlah daging sapi rendah lemak, apabila kamu telah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Karena, dalam 85 gram daging sapi yang tersaji, ada 22 gram protein, dengan 184 kalori.

17. Brokoli

Apabila membuat sup, pastikan kamu memilih brokoli sebagai komposisi. Karena, dengan satu cangkir saja, atau setara 96 gram brokoli potong, terkandung 3 gram protein, dan hanya berkontribusi sebesar 31 kalori.

18. Yoghurt

Untuk mendapatkan manfaat Yoghurt secara optimal, kamu harus menyantapnya tanpa gula dan memilih yang tanpa lemak. Dengan begitu, dalam 170 gram saja, kamu akan memperoleh 17 gram protein, dengan hanya 100 kalori.

19. Gandum

Menu diet andalan yang bergizi tinggi ini mengandung 13 gram protein, dengan 303 kalori, dalam satu takaran saji atau satu cangkirnya.

20. Kacang Almond

Lezat dan populer. Melengkapi beragam nutrisi penting di dalamya, ternyata almond mengandung 6 gram protein per 28 gram, dengan 161 kalori.

Dari 20 makanan tinggi protein di atas, pilihan menu harian sehat, kini ada di tangan kamu. Tenang saja, semuanya lezat, kok!