7 Tanaman untuk Pewarna Makanan Alami dalam Masakan

disanguan.com. Tanaman pewarna alami. Apa anda beralih ke bahan makanan yang lebih sehat dan alami?

Akhir-akhir ini, makanan tidak hanya dipilih karena rasanya saja. Anda juga mempertimbangkan aroma dan penampilannya. Betapa tidak, makanan yang menarik akan merangsang selera seseorang. Sayangnya, banyak oknum yang tega menggunakan pewarna buatan berbahaya. Jangankan anak-anak, orang dewasa yang mengonsumsinya pun bisa terkena gangguan kesehatan.

Namun kini orang-orang banyak yang sudah sadar dan beralih pada bahan-bahan ramah kesehatan. Anda bisa menemukan aneka pewarna makanan DIY dari tanaman, yang pastinya lebih natural dan mudah ditemukan. Pewarna tersebut juga tak kalah hebat dalam menyulap makanan menjadi sajian yang cerah dan menarik.

Lalu, apa saja tanaman yang digunakan untuk pewarna makanan alami dalam masakan?

1. Bit (merah / pink)

tanaman pewarna makanan tanaman pewarna alami makanan tanaman pewarna tts tanaman pewarna alam

Anda bisa mengupas dan mengiris bit dan meletakkannya pada baki dehidrator. Keringkan dengan suhu sekitar 57 derajat Celcius. Lakukan proses dehidrasi sampai bit kering dan rapuh. Setelah itu, anda bisa menggilingnya dengan blender, food processor, alu atau lesung.

Baca Juga :  Tau Makanan Awetan? Ketahui 9 Metode Pengawetan Makanan dan Tujuannya

Tumbuk sampai halus dan bisa bercampur dengan makanan yang hendak diwarnai. Warnanya sendiri tentu tidak mencolok sepeti pewarna buatan lain. Tetapi warna bit tetap indah, apalagi kalau anda menginginkan nuansa merah muda. Namun pewarna dari bit dan tanaman lain memang terpengaruh oleh proses pembakaran, sehingga warna terbaik tetap dihasilkan dari makanan yang tidak dipanggang.

2. Bayam (hijau)

tanaman yg daunnya buat pewarna, tanaman yang daunya buat pewarna, tanaman daun pewarna makanan, tumbuhan pewarna alami, tumbuhan pewarna alam, tanaman buat pewarna makanan

pasta yang terbuat dari bayam – via : sohu.com

Pertama-tama, bilas dulu bayamnya, lalu lakukan dehidrasi. Sebaiknya dehidrasi dilakukan setelah dipanen, agar warna yang dihasilkannya optimal. Setelah itu, letakkan pada lapisan baki. Proses pengeringannya tidak begitu lama. Kalau sudah selesai, anda bisa menumbuknya sampai bubuk. Sisanya bisa disimpan dan biasanya tanpa jamur.

3. Kunyit (kuning)

tumbuhan pewarna alami, tumbuhan pewarna alam, tanaman buat pewarna makanan, tumbuhan bahan pewarna alami

Turmeric alias kunyit atau koneng ini sudah lama menjadi sumber warna kuning yang cerah. Tanaman rhizomatosa dalam famili jahe ini sudah familier bagi banyak orang. Penggunaannya juga sudah populer, khususnya dalam masakan kuning seperti acar, tumpeng dan nasi kuning.

4. Wortel (ungu atau oranye)

tumbuhan pewarna alami, tumbuhan pewarna alam, tanaman buat pewarna makanan, tumbuhan bahan pewarna alami, tanaman yang dapat dijadikan pewarna, tanaman yang digunakan pewarna makanan

Wortel, salah satu tumbuhan pewarna makanan alami

Prosesnya mirip seperti bit. Tetapi wortel bisa menyajikan warna ungu atau oranye sesuai kebutuhan dan varietasnya. Wortel juga tidak perlu dikupas tuntas seperti bit. Hanya saja, anda tetap harus mencucinya sampai bersih sebelum proses dilakukan.

Baca Juga :  6 Daun untuk Lalapan Antimainstream, Segar dan Menyehatkan!

5. Ubi jalar (ungu / oranye)

tumbuhan bahan pewarna alami, tanaman yang dapat dijadikan pewarna, tanaman yang digunakan pewarna makanan, tumbuhan pewarna makanan, tumbuhan pewarna makanan alami

Sama seperti wortel, ubi juga bisa menjadi sumber warna oranye atau ungu, tergantung spesiesnya. Tetapi prosesnya berbeda dari bit dan wortel. Anda tidak akan menggunakan ubi jalar bubuk, melainkan yang sudah dimasak. Caranya cukup simpel. Anda cukup mengupas, memotong, merebus, lalu menghaluskannya.

6. Blue Butterfly Pea / kembang telang (biru / ungu)

nama tanaman pewarna makanan

Tumbuhan merambat sering ditemukan di tepi hutan atau pekarangan. Bunga-bunganya yang disebut bunga telang kerap digunakan untuk teh herbal berwarna biru. Begitu anda menambahkan sari lemon, teh tersebut bisa berubah menjadi ungu. Bunganya berwarna putih, ungu, dan biru. Bunga yang kering dan bubuk bisa menjadi pewarna makanan yang sehat.

7. Kol merah (biru)

tumbuhan pewarna alami, tumbuhan pewarna alam, tanaman buat pewarna makanan, tumbuhan bahan pewarna alami, tanaman yg daunnya buat pewarna, tanaman yang daunya buat pewarna, tanaman daun pewarna makanan, tanaman yang dapat dijadikan pewarna

Ya, warnanya memang merah, tetapi kol ini bisa menghasilkan pewarna biru. Anda dapat membuktikannya dengan cara memblender kol dan memeras sarinya sebanyak mungkin. Jika diperlukan, anda bisa menciptakan nuansa biru yang kuat dengan menambahkan baking soda.

Rupanya tanaman-tanaman pun bisa menjadi solusi pewarna makanan yang lebih aman. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan dampak zat kimia yang biasa terhadap dalam pewarna buatan. Apa anda tertarik untuk mencobanya? Tanaman yang Digunakan untuk Pewarna Makanan Alami dalam Masakan. #RD

Baca Juga :  8 Buah Asam Buat Campuran Sambal Asli Kalimantan